Elemen Komposisi dalam Fotografi

Elemen Komposisi dalam Fotografi – Di dalam aktivitas fotografi, ada beberapa elemen komposisi dalam fotografi yang penting untuk diketahui dan dikenali, khususnya bagi sobat yang masih pemula. Sebagaimana dengan pentingnya lensa pada sebuah kamera, tentu saja komposisi dalam pemotretan menjadi salah satu hal terpenting untuk mendapatkan hasil bidikan yang tampak seimbang. Nah, dari beberapa elemen komposisi dalam fotografi, setidaknya ada beberapa elemen penting, yang menjadi penyusun utama dari sebuah bidikan foto. Antara lain seperti garis (line), bentuk (shape), wujud (form), tekstur (texture), pola (pattern) dan warna (color). Lalu, bagaimana sih penjelasan mengenai komposisi dalam fotografi tersebut? Jangan khawatir, pada pertemuan kali ini DIYKamera akan membahas elemen komposisi dalam fotografi ini secara mendetail agar mudah sobat pahami.

Elemen Komposisi Dalam Fotografi

Nah, berkaitan dengan topik mengenai elemen komposisi dalam fotografi kali ini, elemen penting yang sudah DIYKamera sebutkan di atas tersebut memang sangat berkaitan erat dengan keseimbangan komposisi foto sehingga menghasilkan foto yang tampak begitu indah dan membentuk pola secara teratur. Selain itu, dari elemen komposisi dalam fotografi yang terdiri dari garis, bentuk, wujud, tekstur, pola, dan warna tersebut tentunya ada penjelasan masing-masing dan penerapan teknik komposisi yang berbeda. Oleh sebab itu, untuk lebih jelasnya, yuk kita simak saja ulasan yang akan DIYKamera uraikan kali ini terkait dengan beberapa elemen komposisi dalam fotografi.

Elemen Bentuk Dalam Fotografi

Elemen Komposisi dalam Fotografi

  1. Elemen Garis (Line)

Elemen komposisi dalam fotografi yang berbentuk garis (line) di sini umumnya dihasilkan dari garis alami pada obyek di sekitar kita. Biasanya elemen garis (line) dalam hal ini seperti horison (garis cakrawala), garis pantai, sawah, jalan aspal, rel kereta, ubin keramik dan masih banyak lagi. Nah, pada elemen komposisi dalam fotografi ini, terbagi menjadi 4 tipe, yakni garis horisontal, vertikal, diagonal, dan lengkung.

  1. Rule Of Thirds

Salah satu elemen komposisi dalam fotografi yang perlu kawan pahami yakni Rule of Thirds. Di mana, elemen yang satu lebih umumnya disebut sebagai aturan 1/3 bagian. Maksudnya, lebih kepada sebuah petunjuk terkait dengan cara memposisikan obyek di 1/3 bagian dalam foto untuk mendapatkan hasil yang seimbang. Selain itu, pemahaman mengenai posisi 1/3 bagian ini terfokus pada titik-titik persimpangan atau pertemuan antara garis horisontal dan vertikal dan juga pada sepanjang garis vertikal atau horisontal. Tentu, Rule of Thirds ini menjadi elemen komposisi dalam fotografi yang patut untuk dipelajari lebih dalam.

  1. Latar atau Background

Selain itu, faktor penting dalam memahami elemen komposisi dalam fotografi yaitu latar atau background. Latar belakang di sini sangat perlu diperhatikan, apalagi jika kita akan membidik foto dengan background yang sangat ramai sehingga justru mengganggu fokus pada obyek utama yang akan dibidik. Sementara itu, keselarasan atau kesederhanaan background akan semakin mengarahkan fokus dan menguatkan objek utama. Maka dari itu, elemen komposisi dalam fotografi berupa latar ini sangat perlu diperhatikan.

  1. Pola dan Framing

Maksudnya lebih kepada bagaimana kita mengambil pola yang merupakan elemen komposisi dalam fotografi yang sangat berpengaruh pada bentuk atau shape dari gambar obyek yang kita ambil. Misalnya seperti pada jendela-jendela gedung, tangga, atau pola pada sebuah daun. Sementara itu, elemen komposisi dalam fotografi yang penting diketahui yaitu framing atau pembingkaian di mana kita akan menggunakan obyek alami lain dalam foto untuk membingkai obyek foto utama yang akan dibidik.

Contoh Gambar Komposisi Garis Lengkung

Nah, setelah memahami beberapa elemen komposisi dalam fotografi di atas, pastinya kawan-kawan sudah memiliki sedikit mengenal mengenai elemen yang berkaitan dengan komposisi fotografi. Tak hanya itu saja, dari beberapa elemen komposisi tersebut, pastinya aktivitas fotografi pun menjadi lebih mudah. Semoga ulasan mengenai elemen komposisi dalam fotografi di atas bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat buat sobat semua. Sekian dari DIYKamera dan sampai jumpa.