5 Manfaat Menggunakan Lens Cap yang Harus Diketahui Fotografer Pemula

Manfaat Menggunakan Lens Cap – Sebagai seorang fotografer di zaman now, tentu tak salah untuk sekedar mengetahui manfaat menggunakan Lens Cap. Sebelumnya, perlu untuk kawan ketahui dulu bahwa Lens Cap sendiri merupakan penutup lensa kamera. Di mana, keberadaan Lens Cap tersebut memang digunakan untuk melindungi lensa dari benturan atau goresan. Karena perannya yang cukup penting tersebut, tentu pengetahuan tentang bagaimana menggunakan dan apa saja manfaat menggunakan Lens Cap menjadi hal yang sangat perlu untuk kawan pahami dan kenali.

Manfaat Menggunakan Lens Cap

Secara lebih detail, sebenarnya manfaat menggunakan Lens Cap ini juga tak lepas dari komponen dari Lens Cap itu sendiri. Dimana, ada penutup lensa bagian depan dan penutup lensa bagian belakang. Untuk bagian depan, tentunya lens cap ini tidak menempel langsung pada kamera. Ada tiga jenis dasar dari lens cap depan ini yaitu snap-on lens cap, push-on lens cap, dan proprietary cap. Sedangkan untuk bagian belakang, llens cap ini tidak etrpasang di bodi kamera. Jadi merupakan cap yang dipasang untuk lensa SLR. Nah, berikut di bawah ini ada beberapa manfaat menggunakan Lens Cap yang perlu kawan ketahui. Yuk kita simak bersama.

Lens Cap Canon

Manfaat Menggunakan Lens Cap

  1. Melindungi dari Goresan

Tentu, salah satu manfaat menggunakan Lens Cap yang pertama yaitu untuk melindungi lensa dari goresan. Dengan mempertimbangkan harga lensa yang memang dibanderol dengan harga yang sangat mahal, maka diperlukan perlindungan yang tepat. Apalagi kacanya bisa mudah tergores benda apapun. Maka dari itu, menggunakan Lens Cap pun menjadi salah satu hal yang patut diprioritaskan.

  1. Melindungi dari Benturan

Manfaat menggunakan Lens Cap yang berikutnya yaitu sebagai alat untuk melindungi dari benturan. Pasalnya, pada umumnya Kamera biasanya dibawa kemana-mana sehingga selalu mudah terbentur dan tertarik. Oleh sebab itu maka harus diberikan perlindungan menggunakan lens cap tersebut.

  1. Mencegah dari Debu

Selain itu, manfaat menggunakan Lens Cap sendiri terletak pada pencegahan lensa dari debu. Tak bisa dipungkiri bahwa debu merupakan satu faktor yang tak bisa dihindari. Adanya perlindungan terhadap lensa merupakan tindakan pencegahan dari efek dari tumpukan debu dan kotoran juga tentunya dapat merusak fungsi lensa kamera sehingga lensa kamera sudah sepatutnya selalu dilindungi.

  1. Melindungi dari Cairan

Di samping itu, manfaat menggunakan Lens Cap sendiri tak lepas dari kondisi lingkungan yang mungkin tak sesuai. Pasalnya, tak jarang kita juga diharuskan untuk memotret di tempat yang tidak kering seperti ketika saat hujan dan sebagainya. Tak dapat dipungkiri, air dan cairan lain dapat memercik ke lensa dan menyebabkan goresan atau kerusakan, sehingga perlindungan terhadap lensa kamera sangat dibutuhkan.

  1. Mencegah Tapak Jari

Manfaat menggunakan Lens Cap sendiri juga bisa digunakan untuk mencegah lensa dari jari kita. Mengingat secara tak sadar, kita menyentuh bagian lensa sehingga akan meninggalkan jejak jari kita. Dengan begitu maka proteksi ekstra terhadap lensa kamera ini memang menjadi hal yang tak bisa dipandang remeh.

Manfaat Lens Cap

Nah, dari berbagai manfaat menggunakan Lens Cap di atas, tentunya tak lepas dari beberapa dampak yang sangat mungkin ditimbulkan. Salah satunya yaitu kelima efek yang bisa saja merusak kualitas lensa itu sendiri. Dengan demikian maka sangat dianjurkan sebagai seorang fotografer untuk merawat lensanya dengan melindungi lensa dari goresan atau faktor-faktor lain yang mungkin bisa merusak lensa. Itulah tadi beberapa manfaat menggunakan Lens Cap. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat buat kawan-kawan semua.