Cara Memencet Tombol Shutter yang Benar

Cara Memencet Tombol Shutter – Meskipun terdengar sepele namun ternyata cara memencet tombol shutter itu tak bisa disepelekan begitu saja. Pasalnya, hal sederhana yang justru sering diremehkan begitu saja ini terbilang cukup penting dalam aktivitas fotografi. Sebab, tak jarang juga kita temukan beberapa para fotografer pemula yang sering melakukan kesalahan ketika memencet tombol shutter ini, akibatnya foto yang dihasilkan pun juga kurang maksimal. Maka dari itu, memencet tombol shutter yang benar itu wajib diketahui oleh seluruh fotografer agar bidikan foto yang dihasilkan menjadi lebih sempurna. Lantas, kira-kira bagaimana sih langkah yang tepat untuk menerapkan cara memencet tombol shutter itu? Semakin penasaran yang kawan?

Cara Memencet Tombol Shutter

Sebenarnya, cara memencet tombol shutter yang benar itu mudah dan tak terlalu rumit. Namun, sebelumnya ada baiknya kita pahami dulu bahwa pemencetan tombol shutter yang benar nantinya akan menentukan sekali bagaimana kamera melakukan metering dan autofocus sehingga sangat wajar jika bagus tidaknya hasil jepretan foto juga sangat ditentukan bagaimana kita memencet tombol shutter ini. Sangat penting bukan walaupun sepele? Maka dari itu, buat kawan yang masih awam atau ingin tahu cara memencet tombol shutter yang benar maka ada baiknya untuk menyimak ulasan yang akan DIYKamera jelaskan di bawah ini!

Cara MenekanTombol Shutter

Cara Memencet Tombol Shutter

Di bawah ini, akan dijelaskan beberapa langkah dalam menerapkan cara memencet tombol shutter dengan benar untuk menghasilkan hasil foto yang berkualitas. Berikut langkah-langkah yang perlu kawan lakukan :

  1. Cara Menekan Tombol Shutter dengan Auto Focus (AF)
  • Pertama, cara menekan tombol shutter untuk mode AF ini yakni pilihlah terlebih dahulu mode Auto Focus (AF) untuk diaktifkan.
  • Selanjutnya, arahkan posisi kamera pada obyek yang akan difoto.
  • Jika sudah, cara memencet tombol shutter dengan Auto Focus (AF) yang benar yaitu dengan menekan separuh tombol shutter secara perlahan dan tahanlah dalam posisi tersebut. Sampai pada tahapan ini, nantinya fokus lensa akan bekerja secara otomatis untuk mengunci obyek yang akan kawan bidik atau ambil gambarnya. Ingat, tahan posisi shutter separuh saja sampai obyek benar-benar terkunci.
  • Kemudian, lihat pada layar viewfinder, apabila obyek sudah terkunci, nantinya akan ditandai dengan kedipan warna merah tepat pada titik fokus obyek yang dituju. Nah, jika kawan-kawan sudah melihat bahwa titik fokusnya berwarna merah, itu merupakan sebuah isyarat bahwa obyek sudah terkunci dan siap untuk difoto.
  • Berikutnya, cara memencet tombol shutter dengan Auto Focus (AF) ini kawan hanya perlu menekan penuh tombol shutternya. Nantinya, kamera akan secara otomatis mengambil gambar dari obyek yang sudah terkunci tadi.
  1. Cara Menekan Tombol Shutter dengan Manual Focus (MF)
  • Sedikit berbeda dengan mode AF, cara memencet tombol shutter pada mode Manual (MF) ini kita akan menentukan titik fokus secara manual. Jika kamera masih dalam mode AF maka ubahlah ke mode MF dengan langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan tadi.
  • Kemudian, arahkan saja kamera tepat pada obyek yang akan difoto atau diambil gambarnya
  • Lalu, pencet separuh saja tombol shutter sama seperti saat mode AF tadi dan tahan posisi tersebut.
  • Nah, yang berbeda pada cara memencet tombol shutter dalam mode MF ini yakni pada penguncian titik fokusnya di mana kawan harus mengunci focus obyek foto secara manual. Caranya, putar ring ke kiri atau ke kanan fokusnya pada bodi lensa.
  • Putar terus secara perlahan sampai ketemu titik fokusnya. Jika sudah maka nantinya akan ada kedipan warna merah pada layar viewfinder sebagai isyarat bahwa obyek sudah terkunci secara manual.
  • Nah, apabila obyek terkunci maka cara memencet tombol shutter pada mode MF ini, yang perlu kawan lakukan yaitu dengan memencet tombol shutter secara penuh dan perlahan untuk memotret obyek yang sudah terkunci secara manual tadi.

Cara MenekanTombol Shutter DSLR

Tampaknya, kedua cara memencet tombol shutter di atas terlihat sedikit rumit. Namun, jika dilatih terus maka secara perlahan dan pasti, kawan akan bisa dengan sendirinya. Selain itu, kedua langkah tips menekan tombol shutter yang telah DIYKamera jelaskan di atas bisa kawan coba sendiri untuk memotret obyek di sekitar kawan sebagai latihan. Nah, sampai di sini dulu ulasan yang dapat DIYKamera berikan mengenai cara memencet tombol shutter dengan benar. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buat kawan-kawan semua. Salam DIYKamera!!