Menggunakan Tombol Depth Of Field Preview Kamera DSLR dengan Benar

Menggunakan Tombol Depth Of Field Preview Kamera DSLR – Salah satu tahapan dalam belajar fotografi, teman-teman harus tahu bagaimana cara untuk menggunakan tombol Depth Of Field Preview kamera DSLR. Perlu diketahui bahwa tombol Depth of Field Preview pada kamera DSLR ini merupakan salah satu fitur pada kamera DSLR yang terletak pada bagian bodi kit. Namun, biasanya letak dari menu yang satu ini sangat tergantung dari model kamera yang kawan miliki di mana yang pasti tak akan jauh dengan lensa serta terjangkau dengan mudah oleh jempol maupun jari telunjuk. dengan fungsi yang sangat penting dalam menunjang aktivitas fotografi. Oleh sebab itu, sudah selayaknya bagi kawan-kawan yang menekuni dunia fotografi ini untuk tahu cara tepat dalam menggunakan tombol Depth Of Field Preview kamera DSLR. Meskipun fungsi tombol ini tidak selalu digunakan akan tetapi pada saat memotret suatu objek dengan aperture kamera yang besar tombol ini akan sangat membantu untuk melakukan preview foto sehingga teman-teman bisa meneliti apakah pengaturan kamera ini sudah sesuai atau belum. Lalu, apa pentingnya sih mengetahui cara menggunakan tombol Depth Of Field Preview kamera DSLR ini?

Menggunakan Tombol Depth Of Field Preview Kamera DSLR

Jika kita akan mengambil foto atau gambar dari kamera DSLR, tentu saja menggunakan tombol Depth of Field Preview kamera DSLR ini sangat dibutuhkan. Pasalnya, tombol menu ini memiliki fungsi untuk melakukan preview pada foto yang kita ambil untuk diteliti apakah foto yang sudah kita ambil sudah sesuai atau belum. Di sisi lain, mempelajari langkah tepat dalam menggunakan tombol Depth of Field Preview kamera merupakan hal yang mutlak dipahami oleh para fotografi, terutama bagi para pemula. Apalagi, jika kita menggunakan bukaan maksimal f/2.8 atau f1/8 yang dipastikan Depth of Fieldnya sempit, tentu saja viewfinder tak akan memberikan kita hasil yang memperlihatkan background yang menjadi blur atau bokeh akan terlihat di hasil akhir foto. Di sini lah menggunakan tombol Depth Of Field Preview kamera DSLR akan cukup berguna. Di mana, foto DOF yang dihasilkan akan memperlihatkan sebuah hasil akhir yang berupa foto dengan tingkat ketajaman begitu padu pada satu titik sedangkan bagian yang lainnya tampak kabur. Cukup menarik bukan? Tentu, kawan-kawan sudah mulai penasaran kan cara menggunakan tombol DOF Preview di kamera DSLR ini? Nah, tak perlu berucap lama, kali ini DIYKamera akan menjelaskan secara rinci mengenai bagaimana langkah tepat dalam menggunakan tombol Depth of Field Preview kamera DSLR di bawah ini!

Cara Mengatur Dept Of Field

Menggunakan Tombol Depth of Field Preview Kamera DSLR

Nah, menginjak pada sesi ini, berikut di bawah ini DIYKamera akan sebutkan beberapa langkah menggunakan tombol Depth Of Field Preview kamera DSLR. Berikut penjelasannya :

  1. Dalam menerapkan langkah tepat menggunakan tombol Depth of Field Preview kamera DSLR ini, langkah pertama yang perlu dilakukan yakni dengan masuk pada menu setting dan mengaturnya menjadi mode aperture priority atau AP.
  2. Jika sudah maka cobalah untuk membuka aperture kamera dengan ukuran aperture paling lebar, yaitu f/3.5.
  3. Sampai pada tahapan selanjutnya, teman-teman perlu untuk menekan dan menahan tombol Depth of Field tersebut. Menginjak tahapan menggunakan tombol Depth of Field Preview kamera DSLR ini, kawan-kawan juga bisa sembari mengintip pada bagian viewfinder.
  4. Selanjutnya, cobalah untuk menekan dan menahan tombol Depth of Preview tersebut secara perlahan.
  5. Kemudian, dalam menggunakan tombol Depth of Field Preview kamera DSLR selanjutnya yakni dengan menaikkan aperture ke f/5.6, f/8, atau bisa juga f/11. Namun, perlu diingat bahwa sampai pada tahapan ini, usahakan kawan tetap menekan tombol DOF Preview.
  6. Nah, setelah itu, maka kawan akan mengetahui bahwa lensa akan menampilkan sebuah gambar pada aperture yang sudah diatur sebelumnya. Bahkan, nantinya teman-teman akan melihat bagaimana tampilan hasil foto yang kawan bidik sudah sesuai dengan pengaturan atau belum. Cukup mudah bukan cara menggunakan tombol Depth Of Field Preview kamera DSLR ini?

Contoh Gambar DOF Luas

Tentunya, dengan menggunakan tombol Depth of Field Preview kamera DSLR di atas dipastikan akan memberikan hasil foto yang lebih maksimal. Terutama, ketika teman-teman memotret suatu obyek dengan angka aperture kamera yang besar. Nah, tampaknya ampai dulu perjumpaan kita. DIYKamera sangat berharap semoga ulasan terkait dengan menggunakan tombol Depth of Field Preview kamera DSLR yang telah diuraikan di atas bisa mempermudah kawan dalam menghasilkan foto berkualitas.