Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority

Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority – Jika sobat sudah tahu tentang pengaturan manual eksposur maka kini saatnya teman-teman perlu tahu bagaimana cara untuk membekukan gerakan dengan shutter priority. Nah, seperti yang sudah kita ketahui bahwa shutter speed merupakan ukuran waktu dari aktivitas sensor dalam melihat cahaya atau yang biasa kita sebut dengan eksposur. Di mana, dalam kaitannya dengan membekukan gerakan dengan shutter priority yang akan kita bahas pada topik ini, teknik ini digunakan sebagai cara untuk membidik foto yang sedang bergerak cepat dengan hanya mengatur shutter speed. Di samping itu, besarnya shutter speed yang digunakan untuk membekukan gerakan objek tidak bisa dipastikan mengingat hal tersebut dipengaruhi kuat pada momen dan juga kecepatan dari obyek yang akan dibidik. Lalu, bagaimana sih langkah yang benar untuk membekukan gerakan dengan shutter priority itu?

Membekukan Gerakan Dengan Shutter Priority

Memang, secara umum bahwa teknik membekukan gerakan dengan shutter priority ini biasa diterapkan oleh para fotografer yang gemar membidik obyek sport fotografi yang mana obyeknya memiliki gerakan cepat, seperti foto orang yang sedang berolah raga selancar di pantai. Di sini, shutter speed akan sangat berperan untuk menangkap gerakan obyek di mana semakin cepat gerakan objek yang akan dibidik atau dipotret pastinya akan semakin cepat pula shutter speed yang dibutuhkan. Cukup rumit ya kawan? Tenang, untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan mengenai cara atau teknik membekukan gerakan dengan shutter priority yang dibahas di bawah ini!

Membekukan Gerakan Objek Cepat Dengan Shutter Priority

Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority

Untuk mendapatkan hasil foto pada obyek yang bergerak cepat maka sudah pasti perlunya membekukan gerakan dengan shutter priority. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority pada Gerakan Obyek Super Cepat

Untuk menerapkan membekukan gerakan dengan shutter priority pada gerakan obyek super cepat maka dipastikan membutuhkan kecepatan shutter speed yang cepat juga. Dalam hal ini , dicontohkan pada orang berselancar atau sedang bersepeda sebagai obyeknya di mana setidaknya, kecepatan dari shutter speed yang dipilih sebesar 1/5000 detik. Kecepatan shutter secepat itu memang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan bidikan foto yang geraknya sangat cepat. Selain itu, untuk membekukan gerakan dengan shutter priority pada gerakan obyek super cepat ini, tentu pada kameranya perlu diatur ulang ke mode shutter priority dan dipilih auto ISO. Sementara itu, pada focus berada di posisi continous. Sedangkan untuk penentuan aperture, memilih aperture sebesar f/2.8.

  1. Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority untuk Gerakan Obyek Bergerak Sedang

Berbeda dengan obyek yang bergerak super cepat, maka untuk membekukan gerakan dengan shutter priority untuk obyek bergeerak sedang ini sobat hanya perlu membutuhkan shutter speed 1/400 detik. Contoh obyek dengan gerakan sedang yaitu seperti orang jogging, berlari atau gerakan ombak pantai.

  1. Membekukan Gerakan dengan Shutter Priority untuk Obyek yang Bergerak Fleksibel

Nah, terakhir yakni membekukan gerakan dengan shutter priority untuk obyek yang bergerak fleksibel. Dalam hal ini, sebagai contoh yakni burung yang sedang terbang namun jarak obyek dengan kamera cukup dekat. Nah, untuk mendapatkan gambar yang jelas maka sobat membutuhkan shutter speed dengan kisaran 1/800 detik. Dengan begitu maka obyek tersebut akan tampak lebih jelas dengan gerakan yang tanpa efek blur.

Membekukan Gerakan Objek Sedang Dengan Shutter Priority

Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa membekukan gerakan dengan shutter priority tersebut tak ada patokan yang pasti berapa shutter speed yang dibutuhkan. Pasalnya, pada beberapa kondisi lain, beberapa gerakan dari obyek foto tak selalu sama sehingga teman-teman harus pandai-pandai dalam menyesuaikan antara shutter speed dengan kecepatan gerak dari obyek. Dengan kata lain, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membekukan gerakan dengan shutter speed yakni kecepatan obyek itu sendiri, kecepatan si fotografer pada obyek, jarak antara fotografer dengan obyek, dan ukuran panjang focal lensa yang sobat miliki. Kiranya penjelasan mengenai langkah-langkah dalam membekukan gerakan dengan shutter priority di atas dirasa sudah cukup. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa. Selamat mencoba!!