Tips Meningkatkan Kecepatan Autofokus di Kondisi Low-Light dengan Mudah

Tips Meningkatkan Kecepatan Autofokus di Kondisi Low-Light – Salah satu masalah yang kerap dialami oleh fotografer terutama yang masih pemula adalah mengunci fokus di tempat dengan kondisi minim cahaya alias low-light sehingga mengetahui tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light penting sekali. Aktivitas memotret memang sangat bergantung pada ketersediaan cahaya sehingga ketika sedang mengambil gambar di tempat terang fotografer tidak akan pernah kesusahan dalam menemukan titik fokus dan menghasilkan foto yang maksimal. Namun, berbeda halnya ketika memotret di tempat dengan cahaya yang sedikit, fotografer biasanya akan sedikit kesulitan untuk menentukan titik fokus ketika menggunakan mode autofokus. Tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light akan membantu kawan-kawan untuk mendapatkan titik fokus yang sempurna meski kondisi pencahayaan di sekitar lokasi pemotretan kurang mendukung.

Tips Meningkatkan Kecepatan Autofokus Di Kondisi Low Light

Memotret foto di kondisi low-light memang menjadi hal yang cukup rumit, namun bukan berarti jika kawan-kawan tidak bisa melakukannya. Selain memperhatikan tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light, frekuensi latihan memotret foto dalam kondisi ini juga bakal mempengaruhi keberhasilan kita dalam mengambil foto yang tetap terlihat menarik dalam kondisi minim cahaya. Dengan sering latihan memotret dalam keadaan low-light, maka kawan-kawan akan terbiasa untuk menentukan seperti apa ketersediaan cahaya di suatu tempat dan metode apa yang paling tepat untuk mengatasinya. Nah, bagi kamu yang masih kurang mahir untuk mengambil foto dalam keadaan minim cahaya, DIYKamera akan memberikan tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light yang bisa membantu untuk menghasilkan foto yang indah.

Tips Meningkatkan Kecepatan Autofokus Di Kamera DSLR

Tips Meningkatkan Kecepatan Autofokus di Kondisi Low-light

Berikut tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light yang bisa digunakan untuk mempermudah sistem autofokus kamera dalam mengunci titik fokus:

  1. Tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light yang pertama adalah dengan memakai titik fokus di tengah. Menggunakan titik fokus di tengah-tengah frame sangat dianjurkan ketika mengambil gambar low-light apapun merek kamera DSLR yang digunakan. Hal ini karena sensor tengah memakai jenis sensor cross type yang kinerjanya lebih cepat dan akurat daripada titik fokus yang lain.
  2. Proses penguncian fokus yang sulit ketika mengambil gambar di tempat dengan sedikit cahaya juga bisa diatasi dengan mengaktifkan fitur AF-Assist yang ada pada menu AF kamera. Tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light dengan mengaktifkan fitur AF-Assist akan menyalakan lampu kecil yang terletak di depan kamera sehingga mode autofokus akan lebih mudah untuk digunakan. Namun, jika ingin menggunakan fitur ini pastikan untuk terlebih dahulu memilih mode autofokus AF-Single.
  3. Memilih benda dengan kontras yang cukup juga menjadi tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light yang selanjutnya. Benda dengan satu warna atau tanpa tekstur sebaiknya tidak dipilih sebagai objek fotografi di tempat yang kurang cahaya. Lebih baik, kawan-kawan memilih benda lain yang terlihat cukup kontras dengan background atau latar belakangnya.
  4. Mengambil foto di tempat low-light juga bisa disiasati dengan memaksimalkan penggunaan lampu. Kamu bisa menyalakan semua lampu yang ada di ruangan atau memakai cahaya tambahan seperti lampu senter sebagai salah satu tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light. Nah, jika kamu menggunakan bantuan lampu senter pastikan sinarnya mengenai objek yang ditunjukkan oleh titik fokus.
  5. Tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light lain yang bisa dicoba adalah dengan memakai mode live-view. Saat mode ini dipilih, kamera DSLR biasanya akan memakai metode contrast detection untuk penguncian fokus yang lambat namun akurat. Mode live-view juga berfungsi untuk menampilkan layar LCD yang lebih besar dan lebar daripada viewfinder saat manual fokus digunakan.
  6. Tripod pun bisa digunakan untuk membuat fokus lebih akurat tak peduli seminim apa cahaya yang ada saat pengambilan gambar. Tripod ini sangat perlu khususnya saat mode live-view digunakan.
  7. Memanfaatkan flash bawaan kamera maupun flash eksternal juga menjadi tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light. Flash bawaan atau built-in hadir dengan mode pre-focus yang akan menyala sebentar ketika penguncian fokus dilakukan. Sedangkan, flash eksternal akan memberikan bantuan pada kinerja sistem autofokus ketika sedang berada di kondisi sedikit cahaya.
  8. Tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light yang terakhir adalah menggunakan metode manual dan cara ini bisa dilakukan jika kawan-kawan telah mencoba cara-cara sebelumnya namun masih juga gagal mengunci fokus pada saat pengambilan foto dengan dukungan cahaya yang kurang.

Autofokus Kamera DSLR

Nah, dengan beberapa tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light di atas, sekarang kamu sudah tahu kan apa yang mesti dilakukan untuk mengunci fokus jika memotret dalam kondisi kurang cahaya? Dengan tips yang DIYKamera sampaikan di atas, kini kawan-kawan dapat menghasilkan gambar dengan fokus yang lebih baik meskipun dalam keadaan minim cahaya. Semoga dengan tips meningkatkan kecepatan autofokus di kondisi low-light tersebut kawan tetap bisa menghasilkan foto low-light yang menakjubkan. Salam DIYKamera!!