Pengertian Exposure Dalam Dunia Fotografi

Pengertian Exposure – Bagi yang belum paham dengan dunia fotografi khususnya, pasti belum paham dengan apa yang dimaksud dengan exposure (dalam bahasa Indonesia disebut eksposur). Istilah exposure sendiri memang menjadi salah satu istilah yang akan banyak kita temukan dalam dunia fotografi pada khususnya. Bagi yang masih pemula dan baru belajar fotografi, maka ada baiknya memang kita juga harus paham dengan pengertian eksposur tentunya. Sebenarnya dalam dunia fotografi bukan hanya kita harus paham dengan paa itu exposure saja. Namun, masih banyak istilah selain eksposur yang akan bisa kita temukan saat kita akan memulai dalam melalukan fotografi ataupun sudah lama bergelut dalam dunia fotografi.

Exposure Adalah

Pengertian Exposure

Mari kita bahas lebih jauh berkaitan dengan pengertian exposure lebih dulu. Exposure adalah banyak sedikitnya paparan dari cahaya yang nantinya akan bisa diterima oleh sensor yang ada di sebuah kamera agar bisa mendapatkan gambar dan juga foto yang bagus. pengaturan exposure memang akan menjadi satu hal yang akan membuat foto bisa terlihat lebih bagus atau bahkan menjadi lebih jelek nantinya. Ketika kita mengatur exposure dengan kondisi cahaya yang masuk ke foto jumlahnya terlalu tinggi tentunya akan membuat gambar akan menjadi sangat terang, atau bisa kita katakan sebagai over exposure. Hal ini juga akan bisa terjadi sebaliknya, kalau kita mengambil foto dengan pengaturan exposure yang akan membuat cahaya yang masuk ke foto sedikit, tentunya akan membuat gambar yang telah kita ambil tersebut akan menjadi semakin gelap atau bisa kita sebut dengan under exposure. Dengan adanya hal ini menunjukkan kalau pengaturan eksposur yang tepat akan bisa membuat foto mendapatkan pencahayan yang pas.

Pengertian Exposure

Dengan kita sudah paham dengan exposure dan juga fungsi dari eksposur itu sendiri, maka memang diharapkan akan bisa membuat kita tahu pentingnya pengaturan dari exposure sebelum kita akan memotret. Untuk saat ini memang sudah banyak kamera yang sudah menggunakan fitur pilihan pengaturan exposure dengan format auto. Dengan adanya fitur pengaturan exposure auto akan membuat cahaya yang masuk ke dalam kamera akan bisa diatur sendiri oleh kamera atau bisa katakan secara otomatis akan diatur sendiri. Dengan adanya fitur yang biasanya kita sebut dengan auto exposure ini tentunya akan membuat kita lebih mudah dalam mendapatkan foto atau gambar dengan intensitas cahaya yang tepat. Namun, bagi yang ingin mengatur sendiri exposure yang diinginkan, exposure sendiri juga akan bisa kita atur secara manual sesuai dengan yang kita inginkan.

Pengertian Eksposur Kamera

Di dalam menentukan penggunaan dari exposure dengan tepat tentunya akan ada beberapa hal lain yang juga harus kita perhatikan nantinya. Dalam mengatur sebuah eksposur yang tepat akan ada dua pilihan kontrol lainnya yang juga harus kita atur bersamaan dengan exposure yang kita inginkan. Hal pertama yang harus kita atur tentunya adalah shutter speed. Pengaturan shutter speed ini akan menentukan berapa lama nantinya kamera akan terkena cahaya saat melakukan pengambilan gambar. Untuk kontrol yang kedua adalah apperture. Untuk kontrol yang satu ini akan menentukan besar kecilnya lubang rana yang ada di dalam kamera saat pengambilan gambar atau foto. Nah, dari pengaturan dua kontrol dari eksposur yang ada diatas, maka nantinya kita akan bisa mendapatkan exposure yang kita inginkan dengan tepat.

Itu tadi pengertian dari exposure dan juga beberapa fungsi dari exposure serta kontrol yang harus diperhatikan saat kita akan menggunakan dan mengatur exposure sebuah kamera. Dengan krusialnya fungsi dari exposure yang ada diatas, tentunya bagi seorang yang masih pemula dalam melakukan fotografi harus paham betul dengan exposure dan juga beberapa hal lain seperti shutter speed dan aperture yang juga masuk ke dalam bagian pengaturan exposure yang tidak terpisahkan. Menggunakan auto exposure memang menjadi salah satu solusi bagi yang masih kesulitan dalam mengatur exposure dengan tepat. Namun, mengatur sendiri exposure yang kita mau tentunya akan memberikan kepuasan sendiri atau foto atau gambar yang nantinya kita dapatkan tersebut.