Pengertian Flash Sync Speed dan Shutter Speed

Pengertian Flash Sync Speed dan Shutter Speed – Memahami secara mendalam tentang pengertian flash sync speed dan shutter speed tentunya menjadi hal yang wajib bagi para fotografer, apalagi bagi para pemula. Bukan tanpa alasan mengingat kedua istilah tersebut, baik flash sync dan shutter speed sangat berkaitan erat dengan aktivitas fotografi. Bila diibaratkan, hubungan di antara keduanya bagaikan musik dan lirik lagu yang apabila senada atau seirama maka akan memberikan hasil yang lebih sempurna. Tentu saja, di benak kawan-kawan sudah pada penasaran kan, ingin tahu sebenarnya apa sih pengertian flash sync speed dan shutter speed itu?

Pengertian Flash Sync Speed Dan Shutter Speed

Tapi, sebelum jauh menginjak topik terkait pengertian flash sync speed dan shutter speed, tampaknya perlu dipahami terlebih dahulu terkait dengan dua istilah tersebut. Di mana, keduanya (flash sync dan shutter speed) merupakan salah satu sektor dalam aktivitas fotografi yang bisa dibilang cukup penting. Apalagi, buat sobat yang ingin mendapatkan foto yang berciri gambar subyek utamanya tajam dan juga mendapatkan background serta foreground yang memiliki cahaya sekitar atau ruangan. Sementara itu, untuk penerapannya sendiri tergantung dari kondisi lingkungan dari subyek foto di mana disesuaikan dengan cahaya yang masuk. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas bersama ulasan mengenai pengertian flash sync speed dan shutter speed yang akan diuraikan pada penjelasan di bawah ini!

Pengertian Flash Sync Speed

Pengertian Flash Sync Speed

Mengawali topik pengertian flash sync speed dan shutter speed, kali ini DIYKamera terlebih dahulu akan menguraikan terkait dengan pengertian flash sync speed. Nah, istilah flash sync sendiri dikenal merupakan sebuah fungsi yang ada di banyak kamera digital untuk memotret dengan menggunakan Slow Shutter Speed bersamaan dengan Flash. Selain itu, fitur yang satu ini berfungsi untuk mendapatkan foto dari subyek utama yang tajam dan juga mendapatkan background serta foreground yang memiliki cahaya sekitar/ruangan. Maka dari itu, pengertian flash sync speed sendiri lebih merujuk pada keseimbangan antara cahaya yang dipantulkan dengan kepadatan subyek foto.

Pengertian Shutter Speed

Nah, menginjak pada topik mengenai pengertian flash sync speed dan shutter speed kini DIYKamera akan mengulas pengertian Shutter speed, perlu diketahui bahwa pada dasarnya shutter speed ini berkaitan dengan rentang waktu yang terhitung sejak shutter kamera terbuka. Artinya, bisa dikatakan di sini bahwa pengertian shutter speed sendiri merupakan rentang waktu yang terkait dengan jarak waktu saat sensor melihat atau membidik subyek foto. Dengan kata lain, lebih gampangnya bahwa pengertian shutter speed ini merupakan waktu antara kita memencet tombol shutter di kamera sampai tombol ini kembali ke posisi semula. Fitur yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam dunia fotografi. Pasalnya, dalam pengertian shutter speed sendiri, fitur ini berfungsi untuk mendapatkan foto yang tajam dan aman dari hasil bidikan gambar yang berbayang (blur/ tidak fokus).

Pengertian Shutter Speed

Melihat pengertian flash sync speed dan shutter speed yang telah DIYKamera jelaskan di atas maka kawan-kawan akan lebih mudah mengenali teknik fotografi yang lain mengingat kedua istilah di atas merupakan salah satu fitur dasar dalam aktivitas fotografi. Selain itu, baik flash sync maupun shutter speed sendiri memiliki fungsi guna memperoleh bidikan foto yang lebih berkualitas dan seimbang, antara cahaya dengan subyek foto. Nah, kiranya sampai di sini dulu perjumpaan kita. Semoga ulasan mengenai pengertian flash sync speed dan shutter speed yang telah DIYKamera sampaikan di atas bisa memberi manfaat buat teman-teman sekalian. Sekian dan selamat mencoba sobat.