Tips Fotografi Underwater

Tips Fotografi Underwater – Tren fotografi saat ini sangat diminati oleh kalangan muda bahkan tidak hanya dengan teknik dasar saja bahkan mereka menjajal beragam teknik fotografi lainnya salah satunya tips fotografi underwater. Salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan spot underwater adalah Umbul Ponggok di Klaten. Beragam ikan dengan warna yang indah mulai memikat pengunjung untuk berfoto di dalamnya bahkan juga dilengkapi dengan properti untuk menambah kesan menarik. Sebelum munculnya tren ini, fotografi bawah air biasanya banyak dilakukan di dalam laut untuk memotret beragam kehidupan yang ada di dalamnya seperti batu karang, ikan dll. Namun kini kamu bisa mampraktekan tips fotografi underwater ini tanpa perlu ke laut.

Tips Fotografi Underwater

Tentu, untuk mendapatkan gambar yang bagus di dalam air, fotografer perlu melakukan berbagai persiapan dan mengetahui tips fotografi underwater. Tidak hanya asal memotret namun juga memerlukan beberapa teknik terutama terhadap pencahayaan. Sebab, cahaya yang dipantulkan ke dalam air memiliki tingkatan yang berbeda ketika berada di atas air. Maka dari itu, teknik fotografi di dalam air memerlukan persiapan yang matang. Nah, untuk mengetahuinya lebih mendalam, mari kita simak tips fotografi underwater di bawah ini!

Makalah Fotografi Bawah Air

Tips Fotografi Underwater

  1. Pelajari Teknik Diving

Teknik diving adalah persiapan dasar dan tips fotografi underwater yang harus kamu pelajari. Pasalnya, untuk mendapatkan gambar di dalam air tidak hanya satu dua kali jepretan saja namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, apabila kamu tidak stabil dalam mengambil gambar maka hasilnya akan terlihat blur. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengambil gambar di dalam air, pelajari terlebih dahulu teknik ini.

  1. Pilih Kamera Yang Sesuai

Sebenarnya untuk penggunaan kamera, kamu bisa menggunakan kamera apapun. Baik kamera DSLR, action camera atau jenis kamera lainnya karena semua jenis kamera bisa digunakan untuk underwater. Namun, yang perlu dicatat dari tips fotografi underwater ini adalah kamu harus mengetahui bahwa setiap kamera memiliki ketahanan yang berbeda. Bahkan ada beberapa kamera yang sangat sensitif dengan air sehingga sangat memerlukan case waterproof. Untuk lebih amannya kamu bisa menggunakan action kamera yang sudah memiliki waterproof seperti GoPro.

  1. Gunakan Case Waterproof atau Housing

Seperti yang telah dijelaskan di atas, apabila kamu menggunakan kamera DSLR, smartphone atau jenis kamera lainnya maka kamu harus menggunakan case waterproof yang bertujuan agar air tidak masuk ke dalam kamera sehingga kamera tidak mudah rusak. Dengan demikian, kamera akan terlindungi dan bisa menghasilkan gambar sesuai yang kamu inginkan. Untuk itulah, salah satu tips fotografi underwater sebaiknya sebelum kamu memulai untuk memotret dan menggunakan case waterproof adalah atur kamera agar hasil terlihat lebih jelas.

  1. Gunakan Burst atau Continous Shoot

Jika kamu ingin belajar mengambil gambar underwater, sebaiknya kamu mempratekkannya terlebih di tempat yang mumpuni seperti kolam atau sumber mata air yang tidak memiliki kedalaman yang dalam. Sehingga kamu bisa mengambil nafas sembari belajar diving. Untuk belajar, maka kamu bisa menggunakan mode burst atau sekali banyak. Karena disini kamu harus memperhitungkan pengambilan nafas saat pengambilan foto. Dengan mode ini kamu bisa mengambil gambar dengan jumlah yang banyak dalam satu potret saja, kemudian kamu bisa menyeleksi ketika sudah naik ke permukaan. Pastikan sebelum menerapkan tips fotografi underwater ini, kamu menyiapkan memori agar kapasitas gambar bisa banyak sebelum melakukan mode ini di dalam air.

Pengertian Fotografi Bawah Air

Di sisi lain, yang perlu dan paling penting untuk dipahami dari tips fotografi underwater di atas adalah kehati-hatian. Pasalnya, ketika di dalam air tentu saja tak hanya berbagai teknik fotografi saja yang perlu diperhatikan. Faktor keamanan dan keselamatan tentunya menjadi prioritas utama. Jangan sampai hanya karena ingin mendapatkan gambar yang menarik namun nayawa melayang. DIYKamera rasa cukup sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai tips fotografi underwater.