Pentingnya Marketing Plan untuk Bisnis Anda

Pentingnya Marketing Plan

IFrameCreative – Perencanaan pemasaran atau marketing plan sangat penting dilakukan baik untuk bisnis baru maupun bisnis yang telah lama eksis di pasaran. Dengan marketing plan yang tepat, langkah bisnis Anda jadi lebih jelas, produk Anda akan tepat sasaran, dan kesempatan bisnis Anda untuk berkembang semakin besar.

Beberapa manfaat marketing plan di bawah ini akan meyakinkan Anda tentang pentingnya menyusun perencanaan untuk pemasaran:

1. Memudahkan Anda menyusun strategi

Dengan adanya marketing plan, ini akan memudahkan Anda menyusun strategi, baik strategi promosi maupun strategi produksi. Karena Anda telah mempunyai dasar untuk langkah bisnis yang Anda geluti.

Apapun peluang usaha yang sedang Anda jalani, perencanaan pemasaran akan mempermudah langkah pemasaran produk Anda.

2. Menghindari ketidak jelasan di masa mendatang

Jika sudah memiliki marketing plan, semua anggota tim bisnis Anda akan paham mengenai tugas mereka masing-masing. Pembagian jobdesk lebih jelas sehingga tidak ada lagi yang masih ambigu tentang jobdesknya sendiri.

Karena itu mulai dari sekarang, sangat penting untuk Anda memiliki marketing plan. Guna merancang strategi jangka panjang perusahaan.

3. Membantu menetapkan anggaran marketing

Bagaimana mungkin kita akan menetapkan anggaran jika tidak mengetahui apa yang harus dikerjakan? Karena itu perlu kita susun marketing plan terlebih dahulu. Meskipun kita juga tetap harus memperhatikan keadaan keuangan perusahaan. Tetap saja penting untuk kita tahu apa yang mesti kita kerjakan.

4. Tidak perlu mengerjakan pekerjaan yang tidak diperlukan

Dalam membuat marketing plan pasti kita akan menganalisis apa sebenarnya tujuan bisnis kita, apa yang kita perlukan, dan bagaimana cara mewujudkan tujuan tersebut. Ketika analisa tersebut berjalan dengan semestinya, maka seharusnya kita tidak akan mengerjakan sesuatu yang sia-sia. Karena sebelumnya telah melalui proses analisis terlebih dahulu.

5. Memudahkan memilih marketing tool

Mempunyai marketing plan berarti juga akan tahu marketing tool yang tepat untuk digunakan. Misalnya saja jika bisnis Anda lebih cocok menggunakan media digital, bisa saja Anda menggunakan media Sosial media, website, marketplace, dan lain sebagainya.

Jika Anda tak ingin direpotkan dengan aktifitas marketing, maka Anda bisa memakai jasa digital marketing atau hubungi IFrame Creative Agency