6 Cara Menghasilkan Food Fotography yang Keren dengan Gampang

Cara Menghasilkan Food Fotography yang Keren – Foos fotografi saat ini menjadi salah satu jenis fotografi yang cukup menarik untuk digeluti. Untuk itu banyak yang mencari cara menghasilkan food fotography yang keren. Pasalnya, meskipun terlihat sederhana ternyata foto makanan dengan angle dan teknik yang pas sangat mempengaruhi pelanggan untuk datang loh. Ya, gambar makanan yang menarik untuk dilihat justru dapat mengundang rasa lapar serta menambah lezat ketika dilihat. Nah, lantas bagaimana cara menghasilkan food fotography yang keren ya?

Cara Menghasilkan Food Fotography Yang Keren

Tidak usah khawatir, kali ini DIYKamera akan merinci ulasan mengenai cara menghasilkan food fotography yang keren. Pasalnya dengan menggunakan beberapa cara ini, tentu tidak menutup kemungkinan kawan-kawan bisa menggunakannya untuk pekerjaan atau kepentingan fotografi profesional. Langsung saja, mari kita simak ulasan mengenai cara menghasilkan food fotography yang keren di bawah ini.

Cara Membuat Food Fotografi

Cara Menghasilkan Food Fotography yang Keren

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Atur Pencahayaan

Cara menghasilkan food fotography yang keren yang pertama adalah pengaturan pancahayaan. Dalam food fotography ada dua pencahayaan yakni Ambient Light dan Artificial Light. Menggunakan ambient light maka kamu harus memanfaatkan cahaya matahari atau cahaya alami lainnya. Jika harus memotret di dalam ruangan maka kamu harus memanfaatkan ruang yang mudah terpapar cahaya. Tips yang paling mudah adalah memotret gambar di dekat jendela dan siapkan reflektor agar cahaya tersebar dan obyek terlihat dengan jelas. Sedangkan jika memanfaatkan artificial light, maka kamu bisa menggunakan pencahayaan dari lampu atau flash. Nah, agar bisa mendapatkan cahaya yang bagus, kamu bisa menggunakan softbox atau diffuser.

  1. Atur Posisi Gambar

Teknik selanjutnya dari cara menghasilkan food fotography yang keren dan menjadi point penting adalah posisi makanan atau angle ketika pemotretan makanan tersebut. Posisi gambar ketika food fotography ada tiga posisi yakni dead centre. Posisi ini biasanya paling banyak digunakan agar semua makanan bisa mencangkup dalam satu frame. Posisi kedua yakni the rule of Thirds, posisi ini menempatkan objek sepertiga bagian layar. Ketiga adalah Diagonal, posisi tersebut biasanya obyek ditempatkan pada garis diagonal dengan bantuan garis pada grid di layar kamera.

  1. Gunakan Tripod

Tripod merupakan perlengkapan fotografi yang banyak digunakan agar posisi gambar tidak goyah ketika pengambilan gambar. Alat ini cukup penting dalam cara menghasilkan food fotography yang keren ini. karena food fotografi juga bisa mengandalkan tripod untuk mendapatkan gambar yang bagus. Apabila dengan tripod maka tangan akan bebas menentukan posisi makanan.

  1. Matikan on-camera flash

Seperti yang telah disinggung di bagian pertama bahwa pencahayaan yang bisa digunakan adalah flash. Namun, apabila pencahayaan dirasa sangat cukup, sebaiknya untuk mematikan flash karena bisa mengurangi efek gambar menjadi tidak bagus.

  1. Gunakan Latar Yang Pas

Salah satu cara menghasilkan food fotography yang keren adalah latar. Biasanya, food fotography banyak mengambil latar berwarna putih karena membuat makanan menjadi terkesan mencolok dan jernih. Jika makanan yang difoto memiliki tampilan yang sedikit pucat, maka kamu bisa andalkan latar yang gelap baik hitam, coklat dll. Atau kamu juga bisa menambahkan beberapa aksesoris yang bisa menunjang tampilan makanan tersebut terlihat lebih menarik dan lezat.

  1. Banyak latihan

Nah, apabila kamu adalah seorang pemula maka latihan juga menjadi salah satu cara menghasilkan food fotography yang keren. Sebaik apapun kamera yang kamu gunakan namun tidak mengetahui fitur-fitur dalam kamera maka hasilnya pun juga tidak akan bagus. Maka dari itu, kenali beragam fitur yang ada pada kamera serta melatih mencari angle yang pas untuk makanan bisa mengasah hasil gambar food fotography kamu menjadi lebih tajam dan terlihat sudah pro.

Komposisi Food Photography

Beberapa cara menghasilkan food fotography yang keren dapat dipraktekan jika kawan-kawan berniat untuk menjadi fotografer makanan secara profesional. Dengan semakin banyaknya usaha makanan, tentu kebutuhan fotografi makanan akan semakin tinggi. Hal ini bisa menjadi peluang usaha menarik bagi kawan-kawan pecinta fotografi. Nah, demikian beberapa hal yang dapat DIYKamera sampaikan mengenai cara menghasilkan food fotography yang keren. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps