Rekomendasi Setting Untuk Kamera DSLR/Mirrorless Baru

Rekomendasi Setting Untuk Kamera DSLR/Mirrorless Baru – Apabila kawan-kawan baru saja membeli kamera baru, tentu ada rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru. Di mana, hal ini sangat perlu untuk dipelajari mengingat ada beberapa tombol dan roda kontrol yang mungkin akan sedikit membuat kawan-kawan bingung, terutama bagi fotografer pemula. Sehingga, dengan mengetahui rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru maka teman-teman tak akan salah dalam menerapkan pengaturan pada kamera, baik itu DSLR maupun Mirrorless. Di sisi lain, beberapa pengaturan rekomendasi pengaturan pada kamera DSLR maupun Mirrorless tersebut sebagai upaya agar bisa dioperasikan secara maksimal. Tentu, kawan-kawan sudah penasaran kan, apa saja rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru yang terbaik itu?

Cara Setting Untuk Kamera DSLRMirrorless Baru

Rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru yang akan kita bahas kali ini pun juga tak terlalu sulit jika kita melakukannya secara teliti sesuai dengan prosedur. Maksudnya, pengaturan yang direkomendasikan untuk kamera baru yang kawan miliki tersebut lebih kepada bagaimana agar kamera tersebut memiliki kemampuan yang pas dan ideal untuk memotret berbagai macam obyek foto. Nah, pada pertemuan kali ini, DIYKamera akan membahas beberapa rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru yang patut dan layak untuk diterapkan. Apa saja itu? Simak saja ulasannya di bawah ini!

Cara Setting Untuk Kamera Mirrorless Baru

Rekomendasi Setting untuk Kamera DSLR/Mirrorless Baru

Berbicara mengenai rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru tentu ada beberapa sektor pengaturan yang perlu disetting agar bisa beroperasi sebagaimana mestinya. Berikut beberapa pengaturan yang DIYKamera rekomendasikan, antara lain sebagai berikut:

  1. Format Kartu Memory

Pertama, dalam rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru hal yang perlu diperhatikan yakni pada bagaimana cara format kartu memory. Caranya, buka ke menu utama kamera, kemudian cari perintah format. Setiap kamera berbeda-beda langkah, pertama dari merk Nikon D5500 misalnya, sobat hanya perlu masuk ke Menu >> Setup Menu >> Format. Sementara  itu untuk jenis Fuji X-E2 kawan-kawan hanya perlu pencet Menu OK >> geser ke bawah di Setup Menu 3 >> Format. Ini merupakan rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru yang pantas dicoba.

  1. Penentuan Ukuran dan Kualitas Gambar

Selanjutnya, sobat perlu untuk melakukan penentuan ukuran dan kualitas gambar sebagai salah satu rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru. Adan baiknya, Gunakan format JPEG dengan kualitas tertinggi (Extra Fine atau Highest Quality) dengan ukuran file Large. Akan tetap, kawan-kawan bisa mencobanya dengan format RAW yang menyimpan informasi foto yang lebih banyak. Namun, yang perlu diingat dari rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru yaitu saat memakai format RAW yang mana sobat harus memastikan komputer dilengkapi perangkat lunak dan spesifikasi yang mencukupi untuk membaca dan konversi RAW ke format standar.

  1. Setelan ISO

Tak ketinggalan pula bahwa dalam rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru ini yaitu dengan menerapkan setelan ISO yang ideal. Pasalnya, pengaturan pada ISO di kamera menentukan berapa banyak cahaya uang dibutuhkan kamera untuk memproduksi foto. Namun, hanya saja untuk tahapan awal, rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru ini yaitu auto untuk mempermudah pemotretan.

  1. White Balance, Metering, dan Fokus

Selain itu, ada tiga komponen yang perlu mendapat rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru, yaitu white balance, metering, dan fokus. Setelan white balance kamera memengaruhi akurasi warna foto. Sedangkan untuk metering sendiri berfungsi menentukan bagaimana kamera mengukur cahaya yang dipantulkan objek lalu bagaimana mereka menghasilkan kombinasi shutter speed dan bukaan lensa yang sesuai hasil pengukuran tadi. Nah, untuk fokusnya, lensa yang disematkan pada kamera yang akan dipakai bisa secara otomatis mencari fokus dengan memanfaatkan sistem autofokus kamera atau secara manual dengan memutar cincin fokus di lensa. Nah, untuk rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru yang terakhir ini tentu dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Setting Untuk Kamera DSLR Baru

Selain dari keempat rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru yang telah disebutkan di atas, pastinya kawan-kawan sudah bisa memiliki gambaran bagaimana pengaturan yang pas untuk melatih kemampuan fotografer sobat. Nah, kiranya sampai di sini dulu ulasan mengenai rekomendasi setting untuk kamera DSLR/Mirrorless baru yang pantas dan disarankan untuk dicoba sendiri. Sekian dan sampai jumpa kawan.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps