Teknik Komposisi Fotografi

Teknik Komposisi Fotografi – Untuk mendapatkan hasil bidikan foto yang terkesan menarik dan atraktif, ada beberapa teknik komposisi fotografi yang perlu dipahami dan diterapkan. Pasalnya, keseimbangan pada komposisi fotografi, seperti halnya komposisi dalam bidang seni apapun diibarat selera akan makanan, semua kembali ke preferensi masing-masing. Namun meskipun demikian, ada beberapa panduan mengenai teknik komposisi fotografi dasar yang sangat penting untuk dipelajari oleh para fotografer, khususnya para pemula. Sebab, tanpa mengenal teknik komposisi dasar ini maka hasil fotografi pun tak akan memiliki nilai seni. Hal ini tentu akan sangat buruk jika kawan-kawan pecinta fotografi berniat untuk menjadi fotografer profesional. Oleh sebab itulah penerapan teknik komposisi fotografi ini perlu dipahami secara mendalam.

Teknik Komposisi Fotografi

Agar sebuah foto terlihat bagus dan menarik, seorang fotografer harus jeli dan kreatif dalam menerapkan teknik komposisi fotografi ini. Itulah sebabnya fotografer pemula lebih ditekankan untuk belajar komposisi foto daripada teknik editing Photoshop yang dikenal lebih rumit. Sebab, untuk mendapatkan komposisi foto yang lebih menarik dan memiliki kesan seni tinggi, kawan-kawan tidak bisa begitu saja mendapatkan hasil yang sama dengan teknik komposisi fotografi ini dengan hanya mengedit foto meski dengan software editing tercanggih saat ini. Nah, terkait dengan komposisi, berikut di bawah ini ada beberapa penjelasan secara lengkap mengenai teknik komposisi fotografi yang perlu diketahui dan dilatih untuk mengasah kreativitas dan skill fotografi.

Sebutkan Jenis Jenis Komposisi Fotografi

Teknik Komposisi Fotografi

Di bawah ini, DIYKamera bakal memberikan ulasan informasi mengenai teknik komposisi fotografi yang patut untuk dipelajari, di antaranya sebagai berikut:

  1. Mencari Sudut yang Anti Mainstream

Pertama, hal pertama dalam penerapan teknik komposisi fotografi yaitu dengan mencari lokasi sudut yang tak biasa. Pasalnya, untuk membidik objek dari sudut yang sejajar mata dianggap sudah terlalu mainstream, bahkan sangat gampang sekaligus nyaman. Akan tetapi, hal tersebut juga berdampak pada hasil foto yang biasa saja. Maka dari itu, mencari sudut yang anti mainstream pun bisa menjadi salah satu teknik komposisi fotografi yang perlu dicoba agar foto anda terlihat lain dari biasanya dan lebih menonjol.

  1. Setting Kombinasi Warna Sesuai tema Foto

Selanjutnya, setting kombinasi warna sesuai tema foto pun juga salah satu teknik komposisi fotografi yang sangat diperlukan untuk memberikan efek yang lebih atraktif dan energik. Pasalnya, jika suatu obyek foto memiliki banyak warna namun hanya difoto dengan kombinasi warna standar sudah barang tentu akan membuatnya terlihat kurang menarik. Maka dari itu, sangat disarankan dengan teknik komposisi fotografi ini untuk mencoba bermain dengan kombinasi warna primer (merah-hijau-biru) yang sanggup menggugah rasa kontras. Misalnya saja di sebuah subjek foto yang didominasi warna hijau, teman-teman berhasil menemukan elemen lain dengan warna merah sehingga menyeruak di mata. Tentu saja teknik komposisi fotografi yang satu ini layak untuk diterapkan.

  1. Bidik Foto dengan Refleksi/Bayangan

Jika kawan-kawan suka memotret foto alam maka usahakan untuk mencoba teknik komposisi fotografi dan menjepret foto dengan bayangan atau refleksi yang pas. Pasalnya, refleksi merupakan efek alami lain yang bisa membuat sebuah foto yang saat berdiri sendiri sebenarnya biasa justru bisa menjadi lebih istimewa dan berkesan dengan tambahan refleksi. Hanya saja, untuk menerakan teknik komposisi fotografi yang satu ini, sobat harus berhasil menemukan pantulan yang jelas dan tenang. Selain itu, usahakan untuk membuat refleksi yang unik. Sehingga, nantinya akan memberikan efek foto yang menakjubkan dari hasil penerapan teknik komposisi fotografi ini.

  1. Mencoba Berkreasi dengan Tema Foto

Terakhir, dalam teknik komposisi fotografi ini hal yang perlu untuk kita lakukan yaitu dengan mencoba berkreasi dengan tema foto. Maksudnya, dari sekian teknik-teknik komposisi yang disebutkan sebelumnya, cobalah untuk fokus pada gaya pemotretan senyaman mungkin tanpa meninggalkan prosedur dasar. Hal ini perlu dilakukan untuk membentuk karakter yang pas dan sesuai dengan gaya sobat. Sehingga, teknik komposisi fotografi di sini lebih ditujukan untuk mendapatkan karakter foto yang pas sesuai dengan gaya sang fotografer.

Komposisi Rule Of Third

Meski hanya ada 4 hal dalam teknik komposisi fotografi, namun jika seluruhnya diterapkan dengan benar, teliti, dan dilatih terus maka jangan kaget jika nantinya hasil bidikan fotonya bakal sebagus fotografer profesional. Yang pasti, selalu berlatih adalah kunci utama untuk mendapatkan kemudahan dalam mengatur komposisi fotografi. Sekian penjelasan mengenai teknik komposisi fotografi dan semoga bisa memberi manfaat buat teman-teman sekalian. Sampai jumpa.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps