Trik Agar Foto Lebih Tajam

Trik Agar Foto Lebih Tajam – Ada beberapa trik agar foto lebih tajam yang mungkin dapat digunakan bagi kawan-kawan yang sering mengalami masalah ketajaman gambar ketika menjepret sebuah objek. Di mana, satu kendala atau masalah yang seringkali dijumpai oleh fotografer pemula adalah foto yang tidak tajam atau blur atau bisa dikatakan tidak fokus. Dalam fotografi, kita akan mengenal dengan istilah ‘tack sharp’ yaitu foto yang menunjukkan objek utama yang fokus, lebih detail atau bisa dikatakan gambar terlihat tajam. Nah, untuk itulah penting bagi kawan untuk  mengetahui trik agar foto lebih tajam.

Trik Agar Foto Lebih Tajam

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, DIYKamera akan memberikan beberapa trik agar foto lebih tajam yang dapat kawan gunakan untuk menghindari ataupun mengatasi beberapa masalah tersebut. Namun, sebelumnya perlu diketahui penyebab foto tidak tajam ada beberapa faktor diantaranya adalah goyangan, setting kamera yang kurang tepat dan banyak lagi. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan gambar yang optimal dan tajam. untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak trik agar foto lebih tajam yang DIYKamera sampaikan di bawah ini.

Trik Agar Foto Terlihat Lebih Tajam

Trik Agar Foto Lebih Tajam

Untuk dapat menghasilkan gambar yang tajam tanpa blur, kawan-kawan perlu memperhatikan beberapa trik agar foto lebih tajam di bawah ini:

  1. Matikan Fitur Image Stabilizer

Trik agar foto lebih tajam yang pertama adalah mematikan fitur stabilizer. Kamera modern saat ini hampir semua sudah dibekali dengan fitur ini. Image Stabilizer ini fungsinya untuk meredam getaran ketika memotret. Namun, fitur ini justru akan memperburuk keadaan ketika kamu menggunakan tripod, jika kamu mengaktifkan fitur ini maka getaran itu justru akan muncul karena VR sedang bekerja. Sehingga, sebaiknya tidak mengaktifkan fitur ini untuk menghindari getaran ketika memotret menggunakan tripod atau penyangga lainnya.

  1. Gunakan Focal Length Yang Pendek

Trik agar foto lebih tajam yang sekanjutnya adalah mengatur focal length. Jika kamu terbiasa menggunakan focal length yang pendek mungkin kamu merasakan beberapa hal. Ya, dengan focal length memang akan mengurangi getaran namun gambar yang dihasilkan akan lebih fokus dan tidak blur.

  1. Gunakan Aperture Rendah

Pada umumnya, fotografer akan menggunakan aperture yang aman diantara f/8 hingga f/16. Hal ini mempertimbangkan shutter speed dan ISO yang diterapkan. Untuk itulah, trik agar foto lebih tajam yang ketiga kawan harus menggunakan aperture rendah. Pasalnya, jika bukaan kamera semakin lebar maka gambar yang dihasilkan menimbulkan banyak noise begitu sebaliknya.

  1. Terapkan Single Point Auto Focus

Single point auto focus merupakan mode pengaturan fokus hanya pada satu titik sehingga foto akan terfokus pada satu objek saja. Mode ini sangat sering digunakan oleh pemula namun tidak oleh fotografer profesional karena membutuhkan beberapa pertimbangan jika menggunakan mode ini. Untuk itu single pont auto focus menjadi salah satu trik agar foto lebih tajam.

  1. Ketahui Rule of Thrid

Dalam dunia fotografi sangat penting untuk mengetahui komposisi. Ya, komposisi ini bertujuan untuk menempatkan objek sesuai dengan yang diinginkan. Pada umumnya komposisi yang sering digunakan adalah rule of third yang mana aturan penempatan objek foto dalam frame diletakkan pada 4 titik. Rule of third ini sangat penting dalam trik agar foto lebih tajam. Sehingga gambar yang dihasilkan bisa pas, fokus dan tidak miring ke salah satu sisi saja.

  1. Atur ISO

Jika kamu menggunakan mode manual maka kamu harus memperhatikan ISO yang kamu gunakan. Untuk itu, trik agar foto lebih tajam selanjutnya ini pun terkait dengan ISO. Pasalnya, ISO ini bisa mempengaruhi hasil gambar over exposure atau under exposure. Nah, patokan ukuran ISO yang bisa kamu terapkan untuk segala kondisi adalah di bawah 500. Karena, apabila kamu menggunakan lebih dari 500 maka hasil gambar akan tidak fokus dan terlihat sangat terang. Selain itu, ISO yang tinggi juga memungkinkan untuk menghasilkan noise yang banyak sehingga ketika akan memotret minimalisir mungkin ISO yang akan kamu gunakan.

  1. Gunakan Kabel Release

Selanjutnya, trik agar foto lebih tajam yang harus diperhatikan adalah menggunakan kabel release. Kenapa harus menggunakan kabel release? Ketika kamu memutuskan untuk memotret menggunakan tripod, kemungkinan yang terjadi hasil foto tidak fokus karena goyangan tangan. Maka dari itu, fungsi kabel release ini adalah menghindari penggunaan tangan sehingga akan meminimalisir goyangan.

  1. Hindari Sebaik Mungkin Untuk Menggunakan Filter Lensa

Trik agar foto lebih tajam yang terakhir adalah hindari filter lensa. Pasalnya, filter justru akan menghasilkan gambar tidak tajam sehingga akan sangat mempengaruhi hasil akhir. Sebaik mungkin untuk tidak menggunakan filter lensa agar hasil foto terlihat lebih jernih.

Trik Agar Foto Tajam

Nah, dengan beberapa trik agar foto lebih tajam yang DIYKamera sampaikan di atas, tentunya kawan-kawan tidak perlu khawatir lagi hasil gambar akan blur. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, kawan-kawan kini dapat menghindari atau mencegah terjadinya blur atau tidak tajamnya gambar hasil jepretan. Nah, demikian beberapa trik agar foto lebih tajam yang dapat DIYKamera sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.