5 Tempat Foto Klasik di Jogja yang Menarik Dikunjungi

Tempat Foto Klasik di Jogja – Bagi kawan-kawan yang sedang mencari tempat foto klasik di Jogja kunjungan kawan ke DIYKamera kali ini nampaknya tepat sekali. DIYKamera berkolaborasi dengan Alodiatour yang menyediakan berbagai paket wisata Jogja menarik dan terjangkau akan memberikan informasi spot foto klasik terbaik di Yogyakarta.

Kota gudeg ini menyediakan berbagai tempat menarik yang tentunya akan menghabiskan masa liburanmu. Beragam lokasi wisata sangat menarik dikunjungi mulai dari wisata edukasi, wisata budaya, wisata alam dan lain sebagainya. Satu hal yang tidak bisa kita dapatkan di tempat lain ketika di Jogja adalah suasana klasik yang masih kental di beberapa tempat. Tentu saja, tempat foto klasik di Jogja tersebut pun dipastikan akan menghasilkan gambar yang menarik.

Tempat Foto Klasik Di Jogja

Ya, tempat foto klasik di Jogja memang cukup banyak jumlahnya. Hal ini tentu tidak lepas dari sejarah masa lalu kota ini yang merupakan Ibukota dari Kerajaan Mataram. Tak hanya itu saja, beberapa peninggalan dari jaman penjajahan Belanda pun bisa menjadi objek foto yang menarik dari “kisah klasik” yang akan kawan ceritakan melalui foto. Baiklah, langsung saja untuk selengkapnya mari kita simak tempat foto klasik di Jogja berikut ini.

Daftar Tempat Foto Klasik Di Jogja

Tempat Foto Klasik Di Jogja

Taman Sari

Taman Sari

Taman keraton menjadi salah satu tempat foto klasik di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini sendiri terletak di sisi barat alun-alun selatan. Meskipun ada beberapa bangunan sudah runtuh namun keelokan taman ini masih terlihat dengan jelas. Ketika kamu masuk ke lokasi maka kamu akan disambut dengan kolam yang dahulunya sering digunakan untuk mandi putri keraton. Tidak hanya itu, kamu bisa berkeliling di sekitar Taman Sari melalui terowongan. Nah, terowongan ini adalah salah satu spot di Taman Sari yang banyak digunakan sebagai latar foto. Selain terowongan juga terdapat bangunan masjid. Masjid dalam Taman Sari ini berbeda dengan masjid yang ada di masjid pada umumnya, pasalnya di sekelilingnya terdapat seperti panggung yang bawahnya terdapat air. Kamu bisa mengambil beberapa spot di Taman Sari ini karena bangunan klasik ini sangat cocok dengan nunasa jaman dulu.

Kompleks Masjid Mataram Kotagede

Kompleks Masjid Mataram Kotagede

Jogja memang sangat kental dengan budaya maka tidak salah jika bangunan-bangunan yang melekat dengan keraton masih bertahan. Salah satunya adalah kompleks masjid Mataram Kotagede yang juga layak menjadi salah satu tempat foto klasik di Jogja. Masjid ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan Masjid Agung Kauman, namun tidak banyak dikunjungi karena letaknya yang menjorok ke perkampungan. Namun, wisatawan banyak yang berdatangan ke lokasi ini untuk melihat langsung bangunan yang kental dengan nuansa Keraton Jogja. Ya, di sekitar Masjid Mataram juga terdapat benteng yang masih berdiri tegak, kamu bisa befoto-foto di sekitar lokasi ini dengan bangunan lama. Ketika masuk ke sisi timur, maka kamu akan disuguhkan dengan rumah jawa yang di sekitarnya terdapat sebuah pendopo serta barang khas budaya Jawa. Dan apabila kamu masuk kamu akan disuguhkan pemandangan benteng dari material batu bata yang masih kokoh. Bangunan-bangunan tersebut diperkirakan dibangun antara tahun 1700 hingga 1930-an.

Pemukiman Tradisional Jawa

Pemukiman Tradisional Jawa

Pemukiman tradisional ini tidak jauh dari kompleks makam pendiri kerajaan yang ada di Kotagede. Pada tempat foto klasik di Jogja yang satu ini, kamu akan disuguhkan pemukiman-pemukiman yang memiliki desain tradisional yang masih terawat hingga saat ini. Bahkan beberapa rumah masih digunakan sebagai rumah tinggal oleh warga tersebut. Di pemukiman ini kamu juga bisa melihat gerbang yang sering disebut dengan ‘Between Two Gates’. Di sekitar tembok pintu gerbang pada sisi timur bertuliskan bahwa pemukiman tersebut sudah ada sejak tahun 1840.

Bangunan Tua Seperti Kastil Ala Gaya Eropa

Bangunan Tua Seperti Kastil Ala Gaya Eropa

Tahun lalu, sosial media dihebohkan dengan spot foto yang menarik perhatian dan menjadi salah satu tempat foto klasik di Jogja. Ya, terdapat gereja yang memiliki arsitektur khas Eropa pada jaman dahulu. Bangunan ini baru nampak tahun lalu karena bangunan di depannya yang dirobohkan. Mungkin kita akan dibuat bergidik dengan tampilannya karena bangunan semacam itu sangat melekat dengan cerita horor atau misteri. Namun tenang saja, bangunan tersebut merupakan milik warga sekitar yang memang sudah tidak dihuni.

Museum Vredeburg

Museum Vredeburg

Nah, jika kamu ingin tempat foto klasik di Jogja ala Belanda bisa datang ke museum Vredeburg. Museum yang letaknya di Jl. Maliboro ini memang sangat lekat dengan bangunan Belanda karena memang dulunya digunakan oleh Belanda sebagai markas kemudian diambil alih oleh pemerintahan Jogja untuk menyimpan barang-barang dan akhirnya dijadikan museum seperti saat ini. Bangunan Belanda tersebut masih terawat dan berdiri kokoh seperti saat ini. Dilihat bagian depan, museum Vredeburg terdapat parit dan benteng, dari depan pun kamu bisa mengambil gambar ala-ala di Belanda.

Tempat Foto Klasik Jogja

Nah, itulah beberapa tempat foto klasik di Jogja yang dapat kalian kunjungi untuk hunting foto berkonsep klasik atau jadul. Dari beberapa tempat tersebut, ada beberapa yang merupakan nuansa klasik Eropa ataupun klasik Jawa. Tentu saja berbagai tempat tersebut dapat kalian pilih sesuai dengan konsep yang akan dipilih. Nah, demikian beberapa tempat foto klasik di Jogja yang dapat DIYKamera sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa.