Cara Membersihkan Filter Kamera yang Benar

Cara Membersihkan Filter Kamera – Tak hanya jago memotret, seorang fotografer, khususnya bagi pemula juga harus paham bagaimana cara membersihkan filter kamera. Pasalnya, filter yang kotor akan berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaganya tetap bersih tentunya dengan metode yang benar, aman dan awet untuk lensa. Meskipun filter bukan merupakan komponen utama dari kamera, namun perannya cukup penting untuk fotografer. Sehingga, sangat diperlukan sebuah teori yang benar terkait dengan bagaimana cara membersihkan filter kamera.

Cara Membersihkan Filter Kamera

Nah, berhubungan dengan cara membersihkan filter kamera, memang ada beberapa langkah yang perlu untuk diketahui. Pasalnya, membersihkan bagian filter kamera menjadi salah satu hal yang tak bisa ditinggalkan begitu saja mengingat fungsi dari salah satu komponen fotografi  yang sangat penting. Oleh sebab alasan itu maka memahami cara untuk membersihkan filter kamera yang benar menjadi salah satu hal pokok yang patut untuk benar-benar dipahami. Apalagi, jika kita sering menggunakan kamera tersebut. berikut ini DIYKamera akan membagikan informasi terkait dengan cara membersihkan filter kamera. Yuk, kita simak bersama ulasannya.

Cara Membersihkan Filter Lensa Kamera

Cara Membersihkan Filter Kamera

Di bawah ini adalah tutorial mengenai cara membersihkan filter kamera dengan benar. Antara lain sebagai berikut :

  1. Cara membersihkan filter kamera yang perlu untuk kawan ketahui dulu bahwa jika filter kameramu berbentuk bulat, misalnya UV, CPL, dan ND, maka sobat bisa membersihkan filter kamera tersebut seperti halnya saat membersihkan lensa kamera. Namun, hal yang perlu diingat bahwa Jangan gunakan air untuk membersihkan jenis ketiga filter tersebut. Terutama untuk filter CPL dan Vari-ND. Hal ini dikarenakan air dapat masuk diantara dua permukaan optik yang ditumpuk tersebut. Apabila air masuk ke dalam filter tersebut, maka akan sangat sulit untuk membersihkannya. Kamu pu harus membongkar filter tersebut. Tentunya ini sangat menyulitkan bagi kamu yang tidak pandai bongkar pasang kamera. Oleh karenanya, usahakan agar jangan sampai air tersebut masuk.
  2. Kemudian langkah selanjutnya dari cara membersihkan filter kamera ini adalah, semprotkan Lens Clearer di kain lembut atau micro fiber dan usaplah pada bagian filternya. Penggunaan lens clearer tersebut juga dapat dilakukan ketika ada noda membandel saja.
  3. Sementara itu di sisi lain, untuk membersihkan filter kamera jenis GND, alirkan air di permukaan filter GND lalu angin-anginkan sedikit, kemudian dilap menggunakan lap kering, yaitu microfiber. Namun, hindari penggunaan sabun untuk menghindari adanya kontak dengan filter sehingga kerusakan pada filter pun bisa dicegah.
  4. Kemudian, cara membersihkan filter kamera yang perlu dilakukan yaitu pastikan semua bagian sudah kering dan tak ada debu yang menempel. Setelah itu, pasang kembali filter pada posisinya.

Cara Membersihkan Filter Kamera DSLR

Memang, secara sekilas proses penerapan cara membersihkan filter kamera ini terbilang cukup mudah dan simple. Namun, jika dilakukan secara asal-asalan justru akan membuat filter mengalami kerusakan pada bagian filter tersebut. Sehingga, tak heran jika proses ini perlu dilakukan secara hati-hati, terutama ketika proses pengelapannya. Nah, tampaknya sampai di sini dulu perjumpaan kita. Semoga ulasan mengenai tutorial terkait dengan cara membersihkan filter kamera di atas bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat buat sobat fotografer semua. Sekian dan sampai bertemu kembali kawan.