8 Tips Foto Dari Jendela Pesawat

Tips Foto Dari Jendela Pesawat Jika kamu merasa jenuh dan gelisah saat terbang, baik menjelang take off atau pun landing, tips foto dari jendela pesawat mungkin akan cukup berguna untuk mensiasati kejenuhan dan kegelisahan tersebut. Selain dapat mengusir kejenuhan ataupun kegelisahan, mengambil gambar dari jendela pesawat juga cukup menarik dilakukan. Pasalnya, ketika kita terbang menggunakan pesawat, ada beberapa objek yang tidak bisa kita dapatkan dari daratan. Untuk itu agar dapat menghasilkan gambar terbaik, tips foto dari jendela pesawat patut dipahami dengan baik.

Tips Foto Dari Jendela Pesawat

Meskipun tidak sebanyak objek di daratan, namun objek-objek yang dapat kita jepret dari dalam jendela pesawat terbilang cukup unik. Dengan beberapa tips foto dari jendela pesawat yang akan DIYKamera jabarkan kali ini bisa digunakan untuk menghasilkan foto dari jendela pesawat yang menarik. Objek sayap pesawat dan awan memang menjadi objek yang peling sering dijepret dari jendela pesawat. Meskipun sebenarnya masih banyak objek lain yang juga menarik. Nah, untuk menghasilkan foto yang sempurna beberapa tips foto dari jendela pesawat di bawah ini patut kawan-kawan coba!

Foto Dari Jendela Pesawat 

Tips Foto Dari Jendela Pesawat

Ada beberapa tips foto dari jendela pesawat yang dapat membantu kamu, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pilih tempat duduk strategis

Tips foto dari jendela pesawat yang pertama adalah lokasi tempat duduk. Jika kamu ingin memotret dari balik jendela pesawat, pastinya kamu harus memilih tempat duduk yang berada di dekat jendela. Usahakannlah memilih tempat duduk yang sedikit jauh dari sayap pesawat agar pemandangan di luar tidak terhalang. Jika memang terpaksa kamu mendapatkan view tersebut, ikutkan sekalian sayap pesawatnya.

  1. Sejajarkan dan dekatkan ujung lensa dengan kaca jendela pesawat

Tips foto dari jendela pesawat yang kedua dan cukup penting adalah hindari menempelkan lensa kamera ke kaca karena pesawat memiliki getaran dan akan membuat hasil foto menjadi kurang tajam karena terjadi guncangan saat membidik. Posisikan ujung lensa agar sejajar mungkin dengan jendela dan sedekat mungkin dengan permukaan kaca namun jangan sampai menempel.

  1. Kurangi pantulan dari kaca jendela

Ketika kita ingin memotret melewati kaca jendela, tentunya kita harus mencoba mengurangi refleksi dari kaca agar foto lebih kontras dan tajam. Untuk meminimalisir pantulan, tips foto dari jendela pesawat yang dapat kawan-kawan coba adalah pasang lensa hood dan dekatkan dengan kaca jendela. Jika lens hood tidak tersedia, gunakanlah satu tangan untuk menutup sekeliling ujung depan lensa.

  1. Jangan memakai filter CPL

Lepaskan filter CPL dari ujung lensa ketika kamu akan membidik dari jendela pesawat juga menjadi salah satu tips foto dari jendela pesawat. Hal ini bertujuan agar kamu tidak mendapatkan foto dengan pelangi palsu seperti ketika kamu nekat memasang CPL.

  1. Gunakan manual fokus

Gunakanlah manual fokus atau set titik fokus ke infinity untuk mendapatkan hasil gambar lebih baik. Tips foto dari jendela pesawat yang satu ini sangatlah penting, karena mengunci fokus menggunakan auto fokus sangat susah saat harus melewati dua lapis jendela pesawat.

  1. Matikan flash

Flash tidak akan berguna untuk menerangi awan, gunung, atau apapun yang jaraknya puluhan meter sampai kiloan meter sehingga jika kamu menggunakan flash akan sia-sia. Oleh karena itu, mematikan flash juga menjadi salah satu tips foto dari jendela pesawat.

  1. Untuk memotret ke bawah, tunggu sampai pesawat menukik atau miring

Di saat moment landing atau sesaat setelah take off, pesawat dalam kondisi miring sehingga kamu dapat membidik ke bawah dengan sempurna. Perlu diingat juga bahwa pada saat pesawat berada di ketinggian maksimalnya, seringkali kaca jendela pesawat menjadi berembun atau terkadang malah tertempel es. Nah, tips foto dari jendela pesawat disaat seperti ini, kamu harus mulai membidik ketika pesawat masih berada di ketinggian rendah.

  1. Rekomendasi setting exposure

Meski pesawat jet memiliki getran yang lebih lembut dan ada beberapa lensa kamera yang telah dilengkapi dengan fitur IS/VR, akan tetapi ada baiknya kamu menggunakan shutter speed yang lumayan cepat yang mengikuti aturan focal length, yaitu paling aman gunakan speed diatas  1/250 dan semakin cepat saat kamu harus memotret tanah di bawah. Tips foto dari jendela pesawat yang dapat digunakan adalah setting aperture di angka aman f/8, ISO tinggi (tapi jangn terlalu tinggi agar tidak terjadi noise), mengingat kamu akan mencari foto dengan resolusi sempurna dari dalam jendela pesawat.

Foto Di Jendela Pesawat 

Tips foto dari jendela pesawat tersebut tentunya dapat membantu kawan-kawan untuk dapat menghasilkan gambar yang menawan dan sempurna. Yang perlu dicatat adalah, kabin pesawat merupakan tempat umum yang di dalamnya juga terdapat penumpang lain. Sehingga penting untuk dicatat bahwa kawan-kawan untuk tetap menjaga ketenangan di dalam kabin. Nah, demikian tips foto dari jendela pesawat yang dapat DIYKamera berikan. Semoga bermanfaat dan salam DIYKamera!!