7 Tips Foto Kembang Api Tahun Baru yang Menarik

Tips Foto Kembang Api Tahun Baruapakah kawan-kawan pecinta fotografi sudah mengetahui tips foto kembang api tahun baru? Momen tahun baru merupakan momen yang tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh pecinta fotografi untuk mengabadikan foto kembang api yang menawan. Beberapa bulan lagi tahun baru akan segera tiba, nah apakah kamu ingin mengabadikan foto kembang api yang menarik dan tajam? Nah, nampaknya tips foto kembang api tahun baru akan cukup berguna bagi kawan-kawan yang ingin mengabadikan momen tahunan tersebut dengan apik.

Tips Foto Kembang Api Tahun Baru

Untuk itu, pada kesempatan kali ini DIYKamera akan secara khusus mengulas mengenai tips foto kembang api tahun baru. Pasalnya momen tahun baru memang akan terdapat banyak momen yang menarik untuk di abadikan melalui lensa. Karena waktunya yang dilaksanakan dimalam hari, memotret kembang api di tahun baru memerlukan teknik khusus. Untuk itu mari kita simak ulasan lengkap mengenai tips foto kembang api tahun baru di bawah ini!

Cara Foto Kembang Api Tahun Baru

Tips Foto Kembang Api Tahun Baru

Untuk mendapatkan kualitas foto kembang api yang menarik dan tajam, kamu dapat menggunakan tips dari DIY Kamera berikut ini :

  1. Jangan Menebak Arah Kembang Api

Salah satu kesulitan utama memotret kembang api yaitu arahnya susah ditebak. Oleh karena itu, tips foto kembang api tahun baru yang cukup penting adalah jangan menebak arah kembang api tersebut. Arahkan lensa dan set zoom kamu untuk menyapu area yang cukup luas. Akan lebih baik jika menggunakan lensa zoom standar yang cukup ideal untuk dipakai pada kondisi ini, sehingga dimanapun munculnya kembang api, kamu bisa memotretnya dengan baik. Selanjutnya, kamu dapat mengedit foto dengan mengecrop foto tersebut sesuai selera. Namun, akan lebih baik jika kamu sejak awal mengetahui di sebelah mana kembang api itu akan diluncurkan dan ke arah mana saja meluncurnya kembang api tersebut sehingga kamu bisa membidiknya dengan baik.

  1. Wajib Menggunakan Tripod

Jika kamu menginginkan foto kembang api yang layak dipajang di pameran, atau minimal di ruang tamu, tips foto kembang api tahun baru yang harus dilakukan adalah kamu wajib membawa tripod untuk menjaga kestabilan kamera sehingga dapat menghasilkan foto kembang api yang tajam dan tak terbayang atau blur. Jika kamu merasa merepotkan menggunakan tripod, kamu juga bisa memanfaatkan Gorillapod. Selain itu, kamu juga bisa memiliki shutter release  (baik kabel maupun wireless) agar kamu bisa bebas mengawasi langit sehingga kemungkinan kamu memperoleh momen yang pas lebih besar.

  1. Gunakan Resolusi Terbesar Kamera Agar Hasil Crop Foto Masih Bagus

Tips foto kembang api tahun baru yang selanjutnya adalah settinglah ukuran foto terbesar yang dapat dihasilkan oleh kamera kamu. Set ukuran file Large di kamera kamu agar saat dicrop, hasil foto yang sudah dipotong masih cukup bagus untuk dicetak ukuran besar. Lebih idealnya, manfaatkanlah fitur RAW dan jangan lupa gunakan ISO rendah yaitu 100 atau 200 agar noise terjaga.

  1. Matikan Autofokus

Matikanlah autofokus dan gunakanlah fokus manual agar gerakan yang cukup cepat dari kembang api dalam kondisi minim cahaya tersebut dapat tertangkap baik oleh kamera. Cara paling mudah adalah set manual fokus dan pilih set fokus lensa di infinity. Saat kamu mengubah zoom lensa, tips foto kembang api tahun baru yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jangan lupa set fokus yang baru.

  1. Matikan Flash

Saat memotret kembang api, matikanlah flash. Flashmu tidak akan berguna sama sekali karena jangkauannya yang pendek dan bahkan bisa memperburuk foto dengan menerangi daerah yang tidak perlu.

  1. Tips Setting Eksposur

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, tips foto kembang api tahun baru selanjutnya adalah gunakan mode manual eksposur. Dalam hal kondisi pemotretan kembang api pada umunya, gunakanlah setting eksposur kecepatan kembang api normal dengan Aperture F/16 – Shutter 2 detik dan ISO 100, atau Aperture f/14  – shutter 2 detik dan ISO 200. Untuk kembang api rentetan cepat, gunakanlah Aperture f/18 – Shutter 1.25 detik dan ISO 100. Setting tersebut hanyalah saran, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan seleramu jika mau.

  1. Potretlah Sebanyak-banyaknya

Tips foto kembang api tahun baru  yang terakhir adalah bidiklah kembang api sebanyak yang kamu mau. Semakin banyak kamu memotret, maka paling tidak banyak foto bagus yang bisa kamu dapat sehingga kamu bisa memilih hasil bidikan terbaik yang akan kamu pamerkan baik di media sosial maupun di pameran.

Cara Foto Kembang Api

Nah, bagaimana? Apakah sudah cukup memahami beberapa tips foto kembang api tahun baru yang DIYKamera ulas di atas? Tentunya untuk lebih jelasnya kawan-kawan harus langsung mempraktekannya secara langsung. Pasalnya, jika kawan-kawan tidak mempraktekannya maka tetap akan kesulitan untuk memahami beberapa tips foto kembang api tahun baru di atas. Nah, dengan beberapa tips yang DIYKamera sampaikan di atas, kini kawan-kawan sudah bisa mempersiapkan beberapa kelengkapan untuk dapat memotret kembang api tahun baru yang akan berlangsung beberapa bulan lagi. Demikian, ulasan tips foto kembang api tahun baru kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kawan!!