Tips Foto dengan Kamera Smartphone

Tips Foto dengan Kamera SmartphoneSmartphone saat ini memang sudah menjadi salah satu perangkat wajib setiap orang. Oleh karenanya, tips foto dengan kamera smartphone nampaknya menjadi salah satu hal yang cukup perlu untuk diketahui. Mengingat, saat ini smartphone memang lebih banyak digunakan untuk mengabadikan gambar dengan fitur kameranya. Meskipun kamera smartphone saat ini sudah terbilang cukup canggih, namun tanpa tips foto dengan kamera smartphone tentu kawan-kawan tetap tidak bisa menghasilkan sebuah hasil jepretan yang setara dengan kamera DSLR. Tidak dapat dipungkiri bahwa meskipun canggih, kualitas piksel kamera smartphone tidak akan secanggih kamera profesional dengan lensa yang mahal. Untuk itulah, guna menyiasatinya ada beberapa tips foto dengan kamera smartphone yang perlu kamu ketahui.

Tips Foto Dengan Kamera Smartphone

Sebelum DIYKamera menjelaskan lebih lanjut mengenai tips foto dengan kamera smartphone, ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu perbedaan antara snapshot dan fotografi. Snapshot bukanlah hasil fotografi karena hanya sekedar memotret secara asal, foto-foto snapshot banyak kita temui di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Sedangkan fotografi yaitu memotret dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. Untuk itulah, meskipun tidak menggunakan kamera profesional, dengan beberapa tips foto dengan kamera smartphone hasil foto yang kawan hasilkan menggunakan smartphone tentu tidak kalah dengan hasil dari kamera profesional. Sebelum membidik, pastikan kemu memiliki konsep yang matang sehingga foto yang dihasilkan dapat bagus. Selain itu, perlakukan pula smartphone kamu layaknya kamera profesional meski tetap menyadari keterbatasannya. Nah untuk mengetahuinya lebih lengkap, simak tips foto dengan kamera smartphone di bawah ini!

Tips Fotografi Dengan Kamera Smartphone

Tips Foto Dengan Kamera Smartphone

Beberapa tips foto dengan kamera smartphone di bawah ini perlu diperhatikan untuk dapat menghasilkan gambar layaknya kamera profesional:

  1. Pilihlah Komposisi

Banyak yang bilang bahwa perbedaan antara foto biasa dengan foto ala fotografi professional adalah terletak pada penggunaan komposisi fotografinya. Oleh karenanya, salah satu tips foto dengan kamera smartphone adalah kamu harus menggunakan komposisi fotografi yang telah kamu pelajari saat kamu memotret dengan menggunakan kamera smartphone. Untuk menyusun komposisi foto yang keren, tidak ada syarat harus menggunakan kamera DSLR.

  1. Gunakanlah Filter

Tips foto dengan kamera smartphone yang selanjutnya adalah penggunaan filter. Filter dapat mempercantik dan menambah daya tarik foto kamu. Kamu dapat menggunakan filter yang kamu sukai asalkan porsinya pas dan tidak berlebihan. Pahamilah pilihan filter bawaan yang ada di smartphone kamu dan juga filter yang ada di media sosial, seperti instagram, facebook, dan sebagainya.

  1. Cobalah Angle yang Ekstrim

Angle juga menjadi salah satu tips foto dengan kamera smartphone. Memiliki ukuran mungil dan bobot yang ringan, tentunya kamu dapat lebih mudah memotret dengan menggunakan kamera smartphone. Dengan kelebihan tersebut, kamu dapat memotret dari atas tanpa harus tiarap, sudut yang sempit, dan berbagai angle ekstrim untuk menyusun komposisi.

  1. Manfaatkan Aplikasi Fotografi yang Ada

Jika smartphonemu bertagline “Selfie Expert” atau “ProSelfie”, atau bahkan kamera yang memiliki resolusi tinggi, pastinya kamera bawaan yang ada di smartphonemu sudah cukup baik. Akan tetapi, tak ada salahnya sebagai tips foto dengan kamera smartphone kamu mencoba aplikasi dari pihak ketiga yang memiliki fitur yang lebih baik, salah satunya yaitu kontrol exposure yang lebih kaya, filter yang lebih baik, dan berbagai fitur lainnya. Manfaatkanlah aplikasi fotografi dari pihak ketiga tersebut yang terdapat di masing-masing platform untuk dapat menghasilkan kualitas fotografi yang tak kalah dengan kamera DSLR.

  1. Pilihlah Aplikasi Edit Terbaik untuk Smartphone Kamu

Jangan lupa tips foto dengan kamera smartphone yang terakhir adalah, pilihlah aplikasi edit terbaik untuk smartphone kamu untuk menambah kepercayaan diri dan juga kecepatan dalam melakukan aktivitas fotografi dengan smartphonemu. Kamu dapat memilih aplikasi fotografi untuk platform Android, misalnya CameraZoom FX, Google Camera, Snapseed, VSCO Cam, Instagram dan sebagainya. Jika smartphonemu berplatform Ios, kamu dapat mencoba aplikasi Camera+, VSCO Cam, Manual, Photoshop Touch, Afterlight, Instagram, dan sebagainya.

Tips Foto Kamera Smartphone

Nah, dengan beberapa tips foto dengan kamera smartphone yang DIYKamera berikan pada kesempatan kali ini, kini kawan-kawan dapat menghasilkan foto berkualitas dengan menggunakan kamera smartphone yang kawan miliki. Meskipun seperti yang kita ketahui, secanggih apapun kamera smartphone, tentu tidak bisa disetarakan dengan kualitas kamera profesional berharga mahal. Namun setidaknya, dengan beberapa tips foto dengan kamera smartphone tersebut kawan-kawan dapat menghasilkan foto yang kualitasnya tidak terlalu jauh dengan kualitas foto kamera profesional. Selamat mencoba, dan sampai jumpa.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps