5 Penyebab Foto Tidak Tajam

Penyebab Foto Tidak TajamTeman-teman pecinta fotografi mungkin bertanya-tanya apa saja yang bisa menjadi penyebab foto tidak tajam. Ya, setiap orang yang pernah melakukan aktivitas fotografi pastinya sudah pernah mengalami hasil foto tidak sesuai harapan, salah satunya yaitu foto yang tidak tajam atau blur. Dengan hasil foto yang tidak tajam tersebut pastinya kamu akan sangat kecewa apabila foto tersebut merupakan moment penting atau berharga dalam hidupmu. Hal ini lah yang membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai penyebab foto tidak tajam tersebut.

Penyebab Foto Tidak Tajam

Dengan mengetahui penyebab foto tidak tajam, tentu kawan-kawan akan dapat mengatasinya agar hal tersebut tidak terulang lagi dikemudian hari. Pasalnya, tidak jarang para fotografer pemula yang kerap mengalami hasil foto tidak tajam namun tidak mau mencari penyebabnya sehingga hal tersebut terus berulang. Pada kesempatan kali ini, DIYKamera akan mencoba untuk menjelaskan beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab foto tidak tajam. Berikut ulasannya secara lengkap!!

Penyebab Foto Buram

Penyebab Foto Tidak Tajam

  1. Shutter Speed Kurang Cepat

Penyebab foto tidak tajam yang pertama adalah mengenai shutter speed. Jika kamu memegang kamera maka pastikan bahwa kamu tidak menggunakan shutter speed yang  lebih lambat dibandingkan 1/panjang focal. Oleh karenanya, jika memotret menggunakan lensa 50 mm, ada baiknya menggunakan shutter speed 1/60 atau lebih cepat tetapi kamu juga harus memegangnya dengan stabil agar penyebab foto tidak tajam ini dapat di antisipasi. Jika semakin panjang focal length lensa yang kamu gunakan, maka makin cepat pula shutter speed yang sebaiknya kita gunakan. Ketika kamu menggunakan lensa 200 mm, kamu sebaiknya menggunakan 1/250 detik. Dalam hal ini lensa tele tidak hanya untuk memperbesar obyek foto, tetapi juga membantu agar blur tampak tak kelihatan. Tak hanya itu, untuk menghindari penyebab foto tidak tajam yang satu ini kamu juga dapat menggunakan lensa IS dan VR untuk membantu.

  1. Perhatikan Pergerakan Subyek

Pergerakan subyek juga menjadi salah satu penyebab foto tidak tajam. Jika kita mempercepat atau memperlambat shutter speed tentunya dapat menghasilkan foto yang berbeda. Kamu dapat menggunakan shutter speed yang super cepat untuk membekukan gerakan burung terbang, yaitu 1/5000 detik agar hasil foto tajam dan apabila kamu memperlambat shutter speed maka kamu dapat menghasilkan foto panning yang menunjukkan pergerakan. Untuk menghindari penyebab foto tidak tajam yang satu ini, kamu perlu memperhatikan shutter speed.

  1. Memotret Wide Open

Jika kamu menggunakan lensa seperti lensa 50 mm f/1.8, maka kamu dapat menggunakan bukaan terbesar yaitu di f/1.8. Ini cukup bermasalah mengingat secara fisik lensa pastinya memiliki kelemahan menghasilkan foto super tajam saat di pakai di aperture terbesarnya. Untuk menghindari penyebab foto tidak tajam yang satu ini, bukan berarti kamu harus selalu memotret di sweet spot lensa macam f/4, tetapi paling tidak kamu harus menurunkan bukaan sedikit. Jika kamu sedang menggunakan lensa f/1.8, kamu dapat mencoba bukaan aperture f/2 atau f/2.8. Jika menginginkan foto yang tajam di bukaan f/1.8, kamu dapat menggunakan lensa f/1.2 atau yang lebih tajam lagi, yaitu di f/1.4.

  1. ISO Tinggi

ISO tinggi juga rupanya menjadi salah satu penyebab foto tidak tajam. Ketika kamu menggunakan ISO tinggi, pastinya kamu juga akan memiliki resiko noise yang juga tinggi. Untuk kamera mahal pastinya kamu tidak terlalu khawatir karena kamera tersebut dapat menyembunyikan noise dalam ISO yang tinggi seperti ISO 3200. Namun, noise tetaplah mengganggu dan dapat dapat menjadi penyebab foto tidak tajam serta mengurangi ketajaman foto secara keseluruhan.

  1. Kualitas Cahaya

Kualitas cahaya juga menjadi penyebab foto tidak tajam. Terkadang, foto yang kamu hasilkan terlihat tajam yang benar-benar tajam, dan ada pula yang tajam karena terlihat tajam. Kamu dapat mendapati fotomu tajam ketika memotret dalam kontras yang tepat karena kualitas cahayanya sedang bagus. Akan tetapi, cobalah kamu memotret dalam kondisi cahaya yang flat atau rata dan kurang kontras, maka kamu akan mendapati fotomu kurang tajam. Dalam hal ini secara teknis bisa saja foto kita sudah tajam, tetapi secara visual terlihat biasa dan tidak tajam. Oleh karena itu, untuk menyiasati penyebab foto tidak tajam yang satu ini, cermatlah untuk mencari situasi yang pas agar fotomu memiliki kontras yang bagus.

Penyebab Foto Kurang Tajam

Ketajaman suatu gambar atau foto memang menjadi kualitas dari hasil jepretan. Untuk itu, dengan mengetahui beberapa penyebab foto tidak tajam di atas, kawan-kawan dapat meminimalisirnya agar hasil foto dapat tetap terlihat tajam dan jernih. Tentu saja, selain beberapa penyebab di atas, faktor lain yang mungkin bisa menjadi penyebab lain adalah rusaknya kamera yang kawan gunakan ataupun faktor-faktor non teknis lainnya. Nah, demikian ulasan yang dapat DIYKamera berikan mengenai penyebab foto tidak tajam. Semoga bermanfaat ya kawan!!!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps