Tips Fotografi Wedding

Tips Fotografi Wedding – Tips fotografi wedding tampaknya menjadi sebuah topik yang menarik untuk diulas kali ini. Fotografi wedding atau disingkat dengan WDF saat ini memang menjadi sebuah jenis fotografi yang kerap kali digunakan. Nah, bagi kamu yang sangat pemula dalam bidang ini, tidak perlu khawatir dengan kemampuan yang kamu miliki karena untuk menguasai kemampuan fotografi wedding hampir sama dengan teknik fotografi grub. Untuk itulah bagi kawan-kawan pemula perlu untuk mengetahui beberapa tips fotografi wedding.

Tips Fotografi Wedding

Tips fotografi wedding ini sendiri akan sangat bermanfaat bagi kawan-kawan pemula yang berniat untuk menjadi fotografer wedding profesional. Jasa fotografer wedding sendiri emnjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Pasalnya, jasa ini sangat banyak diminati meskipun sang fotografer notabene masih pemula. Meskipun demikian, sebenarnya pengalaman cukuplah penting untuk bisa terbiasa dalam menghadapi permasalahan dalam fotografi wedding. Untuk itu, beberapa tips fotografi wedding yang akan DIYKamera sampaikan di bawah ini tentu layak untuk diperhatikan.

Tips Fotografi Wedding Di Gereja

Tips Fotografi Wedding

Untuk mengatasi beberapa masalah yang dapat timbul ketika pemotretan wedding, perhatikan beberapa tips di bawah ini:

  1. Kenali Kemampuan Diri

Sebagai orang yang belum lama atau masih baru masuk dalam bidang ini, maka tips fotografi wedding yang harus dipahami adalah mengenali kemampuan diri kamu dalam fotografi. Karena momen ini adalah momen sakral yang dilakukan sekali seumur hidup, maka kamu harus mengenali teknik kamera dengan sungguh-sungguh. Tentu tidak ingin pihak keluarga atau mempelai pengantin merasa kecewa, bukan? Sebaiknya untuk mempersiapkan diri, kamu latihan sebelumnya agar hasil tidak blur, over/underexposure.

  1. Buat Daftar Pemotretan

Daftar pemotretan menjadi sebuah tips fotografi wedding yang cukup penting dalam pengambilan gambar. Dalam masalah fotografi wedding maka kita harus pintar berdialog dengan mempelai pengantin dan pihak keluarga. Kamu bisa menanyakan daftar foto yang diinginkan oleh pengantin. Dengan demikian kamu bisa belajar terlebih dahulu sebelum terjun langsung ke prosesi pernikahan tersebut. Bagi pemula, hal ini cukup penting karena keterbatasan pengalaman sehingga hal ini bisa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Mungkin untuk fotografer pro tidak terlalu menganggap penting hal ini, sehingga jadikan setiap momen sebuah pengalaman untuk mengembangkan kemampuan kamu.

  1. Kuasai Lokasi Pemotretan

Menguasai lokasi pemotretan menjadi salah satu tips fotografi wedding. Sebelum terjun langsung di acara wedding tersebut, sebaiknya kamu hadir di lokasi pada H-1 sebelumnya. Hal ini bertujuan agar kamu mengenal lokasi wedding dengan baik sehingga kamu tidak kebingungan ketika acara dimulai. Kamu akan lebih terbiasa dengan orang-orang yang berdatangan sehingga kamu bisa mengambil fokus gambar lebih baik. Dengan mengenali lokasi maka kamu bisa memposisikan lighting, alur tamu undangan dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Silent Mode

Tentu untuk menjaga kesakralan acara, akan malu apabila ada suara ‘beep’ pada kamera bukan? Nah, alangkah baiknya dalam tips fotografi wedding kamu gunakan mode silent selama prosesi pernikahan sehingga tamu atau pihak pengantin tidak merasa terganggu.

  1. Siapkan 2 Kamera atau Lebih

Tips fotografi wedding yang selanjutnya adalah menggunakan 2 kamera yang bertujuan ketika baterai kamera habis maka kamu bisa segera menggunakan kamera yang satunya. Selain kamera, kamu juga perlu mempersiapkan double baterai untuk mengurangi kejadian tersebut. Maka dari itu, persiapan sangat penting untuk mengurangi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan selama proses acara berlangsung.

  1. Gunakan Diffuser

Tips fotografi wedding  lain yang cukup penting selama pemotretan wedding adalah pencahayaan. Seperti yang disinggung di atas, masalah yang terjadi adalah hasil gambar over atau under exposure. Sebelum acara dimulai, sebaiknya atur kamera dengan matang-matang. Selain pengaturan ISO, diafragma dan shutter speed, yang tidak kalah penting adalah flash. Kamu bisa menggunakan teknik pantulan atau menggunakan diffuser untuk memperhalus cahaya ketika ditangkap kamera.

  1. Gunakan Continous Shooting Mode

Bagi kamu yang kurang percaya diri dengan hasil jepretan. Tips fotografi wedding yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan mode continuous shooting untuk mendapatkan gambar yang banyak. Sehingga kamu bisa menyeleksi gambar yang pas dan bagus.

Tips Fotografi Wedding Indoor

Tips fotografi wedding memang terbilang cukup banyak. Hal ini memang tidak bisa dilepaskan dari pentingnya dan sakralnya acara tersebut. Sehingga untuk dapat menghasilkan gambar yang sempurna tentu fotografer perlu berbagai persiapan dan tips untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Nah, semoga tips fotografi wedding yang DIYKamera sampaikan kali ini bermanfaat.