7 Tips Memotret Sunset Dan Sunrise

Tips Memotret Sunset dan Sunrise – Apakah kalian pecinta dan penikmat sunset dan sunrise? Nah kali ini DIYKamera ingin membagikan tips memotret Sunset dan Sunrise kepada kalian semua. Memang tidak di pungkiri sunset dan sunrise memang momen terbaik. Apalagi untuk di abadikan, Anda yang sedang mendalami fotografi pasti menginginkan memiliki foto-foto di moment terbaik seperti momen-momen sunrise dan sunset. Nah tepat sekali, Karena kali ini DIYKamera ingin membagikan tips memotret sunrise dan sunset. Memotret Sunset maupun Sunrise mungkin tidaklah mudah, sehingga mari kita pelajari bagaimana tips dan trik memotret sunset dan sunrise ini.

Tips Memotret Sunset

Tips Memotret Sunrise

Tips Memotret Sunrise dan Sunset

Nah di bawah ini DIYKamera sampaikan dengan lengkap tips memotret sunset dan sunrise agar foto yang anda hasilkan memuaskan:

  1. Persiapan yang Matang

Nah anda perlu memperhatikan tips memotret sunrise dan sunset ini. Ketika Anda ingin memotret sunset dan sunrise, setelah anda sampai di lokasi langsung pilih lokasi yang sekiranya akan mendapatkan foto terbaik. Pastikan datang lebih awal dan pastikan anda sudah tahu dari titik sebelah mana anda akan memotret. Agar komposisi akhir foto keren, lakukan observasi tempat sebelumnya. Untuk memastikan anda tidak terlambat, usahakan anda tahu jam berapa sunset atau sunrise akan tiba (karena jam sunset / sunrise berbeda dari lokasi ke lokasi).  Dalam tips memotret sunset dan sunrise ini juga pastikan peralatan sudah siap: kamera – lensa – tripod (jika ada) serta aksesoris lainnya sudah terpasang & disetel dengan baik.

  1. Menentukan spot fotografi untuk berburu matahari.

Dalam tips memotret sunrise dan sunset ini pastikan lama perjalanan menuju lokasi, jangan sampai tiba di lokasi ternyata matahari sudah tinggi atau sudah tenggelam. Hal ini penting, karna setiap daerah memiliki perbedaan waktu. Di samping itu, suasana sebelum dan sesudah matahari muncul serta tenggelam memiliki pemandangan yang indah yang dikenal dengan istilah Golden Hour dan Blue Hour.

  1. Mode dan setting exposure kamera

Pilih mode manual dan memakai ISO yang rendah dalam tips memotret sunset dan sunrise ini. Dengan ISO rendah, kualitas fotonya paling bagus, coba pilih aperture f/8 sampai f/16, dengan bukaan yang relatif kecil, ruang tajam menjadi besar dan pemandangan yang luas bisa tajam semua, kemudian atur shutter speed sampai lightmeter jatuh di titik nol saat menekan setengah tombol shutter/jepret. Biasanya shutter speed akan jatuh lebih lambat dari satu detik sesaat sebelum matahari terbit. Idealnya mengunakan self-timer atau exposure delay supaya saat kita menekan tombol shutter, kamera tidak goyang dan hasil foto tajam. Remote dan cable release, dua aksesoris pembantu dapat membantu. Dalam tips memotret sunrise dan sunset ini kalau bisa kalian gunakan mode manual ya!

  1. Maksimalkan Filter yang ada di Kamera yang Anda miliki

Dalam tips memotret sunset dan sunrise ini anda tidak perlu khawatir dan merasa akan kesulitan, untuk kamera DSLR, cari fitur White balance Cloudy, fitur ini akan membuat foto lebih hangat dan warna lebih kuning kecoklatan pada warna matahari. Disamping itu, pada kamera DSLR gunakan pula mode metering spot untuk mendapatkan exposure yang tepat.

  1. Kreatif

Jangan terpaku pada obyek matahari, Anda harus melihat sekeliling juga. Mungkin banyak obyek yang akan mendukung foto Anda. Maka kreatif adalah hal yang utama.

  1. Banyaklah Cari Referensi

Di sosial media atau di banyak majalah sudah banyak foto sunset dan sunrise, sehingga kalian bisa mengadopsi contoh contoh yang ada ke foto yang akan Anda ambil.

  1. Nah tips memotret sunrise dan sunset yang terakhir adalah, jangan mudah menyerah! Coba terus berbagai posisi dan teknik, untuk menghasilkan foto yang anda impikan.

Tips Memotret Sunset Dan Sunrise

Apakah kini Anda sudah ada bayangan bagaimana cara yang tepat memotret sunset dan sunrise untuk mengabadikan momen terbaik Anda? Maka tips memotret sunset dan sunrise di atas semoga bisa membantu Anda! Jangan pernah lelah belajar dan mencoba!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
08562929106
Alamat
Jln. Utama Dukuh No. 477A, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps