Memahami Piksel dan Resolusi

Memahami Piksel dan ResolusiSudahkah kamu mengerti serta memahami piksel dan resolusi foto digital? Atau kamu hanya tahu sedikit tentang hal tersebut? Bagi kawan-kawan pecinta fotografi tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun, tidak jarang pula dari kawan-kawan yang hanya mengetahui sitilah tanpa memahami piksel dan resolusi ini. Piksel dan resolusi memang tidak bisa dilepaskan dari dunia fotografi. Kedua istilah tersebut dapat dikatakan sebagai faktor utama penentu kualitas sebuah foto ataupun gambar. Nah, untuk lebih memahami piksel dan resolusi, kali ini DIYKamera akan menguraikannya secara lengkap.

Memahami Piksel Dan Resolusi

Memahami piksel dan resolusi bagi kawan-kawan pecinta fotografi sangatlah penting. Pasalnya, hal ini dapat berguna untuk dapat menghasilkan gambar jepretan dengan kualitas yang baik dan sempurna. Piksel dan resolusi ini juga penting dipahami agar kawan-kawan dapat membedakan antar kualitas gambar. Nah, langsung saja untuk lebih jelasnya mengenai memahami piksel dan resolusi simak uraian di bawah ini!

Pengertian Piksel

Pengertian Piksel

Pertama-tama DIYKamera akan menguraikan mengenai pengertian Piksel dan megapiksel. Piksel (pixel) merupakan singkatan dari Picture Elements, dan diartikan sebagai jutaan titik kecil yang menyusun sebuah foto digital. Setiap piksel membawa informasi yang menentukan warna (hue), kekuatan warna tersebut (saturation), dan seberapa terang warna tersebut ditampilkan (brightness). Hampir semua foto terdiri dari jutaan piksel, dimana satu megapiksel merupakan satu juta piksel, maka jika kita melihat, kita tidak bisa mengenali sebuah piksel secara terpisah dan yang terlihat hanyalah satu kesatuan utuh foto dengan gradasi halus antara gelap-terang, pergeseran warna, dan tone. Selain mengetahui pengertian Piksel, kamu juga dapat melihat piksel dengan me-resize ukuran gambar. Semisal kamu memiliki ukuran resolusi foto 600 x 450 piksel, yang merupakan ukuran piksel yang lumayan kecil, maka kamu belum dapat melihat sebuah piksel dengan mata telanjang karena semua tampak halus dan mulus. Akan tetapi, dengan kamu merubah resolusi foto tersebut menjadi ukuran 100 x 75 piksel, kamu sudah bisa mengetahui pengertian piksel dan bagaimana piksel menyusun foto tersebut. Apalagi jika kamu mencoba memilih resolusi yang lebih rendah, misal ukuran 40 x 30 piksel, maka kamu dapat melihat masing-masing kotak piksel yang terlihat seperti susunan puzzle, sehingga kamu dapat  melihat piksel demi pikselnya. Fenomena dimana kamu dapat melihat piksel demi piksel yang menyusun foto tersebut, maka biasa disebut dengan pixelate. Selain pengertian piksel, yang juga patut dipahami adalah pengertian resolusi.

Pengertian Resolusi

Selanjutnya DIY Kamera akan mengulas mengenai pengertian resolusi foto. Jika kamu ingin mengetahui resolusi sebuah gambar digital, maka kamu dapat melihat ukuran pikselnya, karena resolusi sebuah gambar digital diukur dalam pixel per inch ( ppi – piksel perangkat inchi ) dan resolusi standar untuk kualitas foto adalah 300 ppi. Jadi, jika kamu ingin mengetahui berapa megapiksel yang dimiliki sebuah kamera digital, kamu bisa mengetahui ukuran print yang optimal untuk foto yang dihasilkan kamera tersebut. Contohnya, kita asumsikan sebuah kamera digital yang memiliki resolusi 6 Megapiksel (MP), dengan ukuran panjang 2816 piksel dan lebar 2112 piksel, maka total resolusinya yaitu 6 MP. Sampai disini apakah kawan-kawan sudah dapat memahami pengertian resolusi? Untuk menghitung ukuran print optimum yang biasa dihasilkan kamera, maka kamu dapat membaginya yaitu 2816 x 2112 piksel dibagi dengan 300 ppi dan hasilnya adalah 9,5 dan 7 inchi. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebuah kamera digital dengan resolusi 6 MP bisa menghasilkan print foto dengan ukuran 9,5 x 7 inchi atau 24 x 18 cm. Untuk layar monitor, standar yang dipakai adalah 72 ppi (Windows) dan 96 ppi (Mac), sehingga tampilan di layar monitor sebenarnya masih jauh dibandingkan dengan resolusi standar untuk print (300 ppi). Dalam hal ini pengertian resolusi artinya sebuah foto yang masih tampak bagus di monitor, belum tentu sebagus saat di print. Akan tetapi, sebuah foto yang mulai kelihatan pixelate saat diprint di 300 ppi bisa jadi tampak halus di monitor komputer. Secara umum, rata-rata kamera digital yang sekarang, mulai mendekati angka 24 megapiksel sebagai resolusi standar, maka akan memiliki kemampuan print yang jauh lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kebutuhan pemakainya.  Namun, ukuran megapiksel sebuah kamera bukanlah faktor terpenting saat kamu ingin membeli sebuah kamera. Nah, apakah kawan-kawan sudah paham mengenai pengertian resolusi ini?

Pengertian Resolusi

Dengan memahami piksel dan resolusi kawan-kawan pecinta fotografi kini mengetahui mengenai ukuran maupun kualitas gambar ataupun foto. Dari pengertian piksel dan pengertian resolusi yang DIYKamera sampaikan di atas, tentunya kawan-kawan dapat memahami perbedaan antara piksel dan resolusi. Nah, demikian ulasan dari DIYKamera kali ini. Semoga ulasan kali ini dapat membantu kawan-kawan untuk memahami piksel dan resolusi dengan lebih jelas. Sampai jumpa.