Mode Bulb Kamera Digital

Mode Bulb Kamera Digital – Ketika kawan-kawan membuka Instagram atau Facebook maka terkadang akan menjumpai foto yang diunggah dengan tagar #siksakamera. Foto-foto tersebut dibuat dengan mode bulb kamera digital sehingga menghasilkan tampilan yang indah seperti foto permukaan air yang terlihat seperti kapas maupun deretan susunan lampu yang tampak seperti garis cahaya. Pernah melihat kembang api yang di dalam foto terlihat membentuk huruf tertentu? Nah, itulah contoh penggunaan mode bulb ketika sedang memotret dengan kamera digital. Bulb sendiri merupakan salah satu teknik fotografi yang menampilkan hasil foto dari cahaya. Dengan teknik mode bulb kamera digital ini nantinya kita bisa menciptakan sebuah garis atau gambar yang terbuat dari cahaya yang dipakai tersebut.Mode Bulb Kamera Digital

Membidik foto dengan menggunakan mode bulb kamera digital memang memiliki tantangan tersendiri sebab kita harus memastikan jika kamera yang digunakan tidak bergetar sedikitpun. Sehingga kawan-kawan harus benar-benar memperhatikan posisi kamera maupun memakai alat bantu. Pasalnya, getaran tangan ketika memotret dengan memakai teknik ini bisa membuat hasilnya kurang maksimal karena foto akan terlihat blur. Selain itu, waktu pengambilan foto merupakan hal penting lain yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan mode bulb sebab ketersediaan cahaya akan mempengaruhi seberapa jelas cahaya yang terlihat dalam foto. Nah, bagi kawan-kawan yang tertarik untuk belajar memotret dengan menggunakan mode bulb kamera digital, DIYKamera akan memberikan ulasan selengkapnya.

Bulb Mode Digital Camera

Tips Menggunakan Mode Bulb Kamera Digital

Berikut ini sejumlah tips yang harus kamu ketahui jika ingin memaksimalkan penggunaan mode bulb kamera digital:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan ketika kawan akan menggunakan mode bulb kamera digital adalah mempersiapkan kamera yang akan dipakai untuk memotret. Kamu bisa memakai berbagai jenis kamera DSLR asal speed dari kamera tersebut bisa diatur.
  2. Persiapan saat akan memakai mode bulb yang selanjutnya adalah tripod sebab alat yang satu ini bisa mengurangi munculnya getaran yang membuat hasil gambar menjadi blur atau kabur.
  3. Kemudian, ketika menggunakan mode bulb, aturlah shutter speed alias kecepatan rana pada kamera sehingga pengambilan cahaya akan terus berjalan saat tombol pengambilan gambar masih ditekan.
  4. Diafragma kamera juga perlu untuk diatur hingga ke bukaan F9 atau bisa lebih tinggi untuk menyediakan cahaya yang lebih maksimal.
  5. Saat memakai mode bulb kamera digital, tangan kita sering bergetar dan hal ini bisa disiasati dengan fitur timer. Fungsi dari fitur ini adalah memberikan jeda saat gambar diambil. Jadi, ketika proses memotret dimulai, kamera akan berada dalam keadaan diam.
  6. Merencanakan gambar yang akan dibuat juga penting ketika akan memakai teknik fotografi yang satu ini. Jika ingin membuat foto dengan lampu, pilihlah waktu yang tepat untuk pengambilan. Sedangkan jika ingin menciptakan gambar sendiri, persiapkan terlebih dahulu konsep gambar yang akan dibuat.
  7. Kreativitas menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk mendapatkan gambar yang bagus dalam mode bulb kamera digital. Bermainlah dengan berbagai macam sumber cahaya untuk menghasilkan foto yang lebih bervariasi. Kamu bisa mencoba memotret mode bulb dengan menggunakan lampu kendaraan, lilin, kembang api, bahkan senter sekalipun.

Mode Bulb Pada Canon 200d

Bagaimana sudah paham dengan tips memotret dengan menggunakan mode bulb kamera digital yang telah DIYKamera paparkan di atas? Dengan mempraktikan tips tersebut, kini kawan-kawan bisa menghasilkan foto yang indah dengan memanfaatkan berbagai macam sumber cahaya yang ada di sekitar. Semoga beberapa tips pemakaian mode bulb kamera digital di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar fotografi!