Golden Hours Dalam Fotografi

Golden Hours Dalam Fotografi – Jika kamu adalah orang yang gemar fotografi terutama fotografi landscape atau portrait maka sangat penting untuk memperhatikan golden hours dalam fotografi. Dan dalam dunia fotografi, golden hour juga sering disebut dengan magic hour. Golden hours merupakan waktu pencahayaan terbaik dalam dunia fotografi. Tentu saja, dengan pencahayaan yang bagus gambar yang dapat dihasilkan pun akan terlihat lebih maksimal. Meskipun golden hours dalam fotografi ini memang tidak berlaku ketika kawan-kawan melakukan pemotretan di dalam studio. Namun, hal ini tetap penting untuk diketahui jika kawan-kawan ingin melakukan pemotretan di luar ruangan atau tempat terbuka. Sebagai orang yang sudah profesional dalam hal fotografi pastinya sudah ahli dalam menentukan golden hour, namun akan menjadi hal yang sulit jika kamu adalah fotografer pemula untuk itulah kali ini DIYKamera akan memberikan ulasan mengenai golden hours dalam fotografi secara lebih lengkap.

Golden Hours Dalam Fotografi

Biasanya, golden hours dalam fotografi terjadi pada waktu setelah dan sebelum matahari tenggelam atau terbit. Biasanya cahaya akan maksimal dan menghasilkan gambar yang bagus ketika pukul 5-7 pagi atau 4-6 sore. Disebut golden hours karena pada saat itu cahaya matahari menerpa subjek foto dari sudut miring sehingga memberi dimensi dan tekstur yang kaya dan memiliki warna yang terkesan hangat. Untuk mendapatkan golden hours dalam fotografi memang membutuhkan teknik, namun teknik ini bisa kamu kuasai dengan rajin berlatih. Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan golden hours maka kamu bisa menggunakan beberapa alat seperti situs The Golden Hour, Twillight Calculator dan app Golden Hour untuk IOS atau Android. Nah, untuk mengetahuinya lebih lengkap mari kita simak lebih lengkap mengenai golden hours dalam fotografi di bawah ini!!

Blue Hours Adalah

Golden Hours Dalam Fotografi

Seperti yang DIYKamer sampaikan di atas, golden hours dalam fotografi merupakan waktu yang sangat tepat untuk menghasilkan foto paling bagus. Terkadang, ketika dihadapkan pada waktu golden hour, objek yang kita lihat dengan mata telanjang masih terlihat jelas sehingga tampak lebih indah. Namun hal tersebut akan berbeda jika dilihat melalui kamera. Untuk itulah ada beberapa teknik untuk dapat menghasilkan gambar menarik ketika sedang dalam golden hours dalam fotografi. Pada umumnya, hasil gambar ketika golden hour justru berbeda ketika dilihat langsung atau di ambil dari kamera, biasanya hasil gambar akan lebih gelap jika diambil dengan kamera. Untuk mendapatkan hasil gambar yang menarik maka perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Atur Aperture

Ketika golden hours dalam fotografi, matahari akan bergerak lebih cepat sehingga kamu membutuhkan cara yang lebih cepat agar tidak kehilangan momen golden hour. Maka dari itu, gunakan mode aperture priority agar tidak menghasilkan gambar yang terlalu terang atau terlalu gelap. Sebab, kita terkadang tidak memiliki persiapan dalam mengatur kamera sehingga hasil gambar yang didapatkan over exposure atau under exposure. Sebaiknya atur aperture sekitar f/16.

  1. Gunakan Manual Mode

Dengan menggunakan manual mode maka kamu akan mendapatkan titik fokus sesuai dengan harapan kamu. Terkadang ketika terjadi golden hours dalam fotografi kita sering menjumpai, banyak orang menggunakan auto fokus yang mana gambar tidak terfokus ke objek justru fokus yang lain.

  1. Atur ISO Rendah

Pada saat golden hours dalam fotografi biasanya level pencahayaan juga akan menjadi lebih rendah. Sehingga gambar bisa akan terlihat lebih gelap daripada dilihat menggunakan mata telanjang, maka untuk mengatasi gambar tidak terlalu gelap gunakan ISO yang lebih cepat. Kamu bisa menggunakan ISO 100 atau lebih rendah, kembali lagi ini tergantung dengan suasana yang kamu inginkan.

  1. Gunakan Lensa 24 mm

Untuk mendapatkan fokus gambar yang menarik, misalkan sunset maka kamu bisa menggunakan lesan berukuran 18-24 mm. Perlu diketahui sunset merupakan objek paling umum yang sering didapatkan dari golden hours dalam fotografi.

Golden Hour Adalah

Yang pealing penting ketika ingin memotret pada waktu golden hours dalam fotografi agar mendapatkan hasil gambar yang bagus dan menarik adalah dengan memperkirakan jarak dan waktu serta pengaturan kamera yang tepat. Maka dari itu, ketika kamu sudah memasuki waktu golden hour sebaiknya sesegera mungkin atur kamera agar saat waktu golden hours dalam fotografi bisa mendapatkan waktu yang pas sehingga gambar pun akan terlihat lebih maksimal. Golden hour tidak hanya dilakukan untuk fotografi saja melainkan juga videografi, mungkin kita sering melihat beragam film yang memanfaatkan golden hour sebagai latar saat adegan pada film tersebut. Demikian informasi yang dapat DIYKamera sampaikan mengenai golden hours dalam fotografi. Semoga bermanfaat dan salam DIYKamera!!