5 Tips Merawat Kamera Mirrorless Agar Tidak Mudah Rusak

DIYKAMERA.com Mempunyai barang elektronik tentu perlu memperhatikan cara merawatnya jika ingin keberadaannya awet dan kondisinya terjaga. Begitu juga dengan kamera mirrorless yang hampir semua pengoperasiannya secara elektronik.

Untuk menjaga agar kamera mirrorless tetap dalam kondisi prima dan tidak mudah rusak perlu diperhatikan beberapa tips merawat kamera mirrorless berikut ini. Semoga informasi berikut ini bermanfaat yaa.

Merawat Kamera Mirrorless

Tips Merawat Kamera Mirrorless Agar Tidak Mudah Rusak

Berikut ini DIYKAMERA berikan tips untuk merawat kamera mirrorless, silakan dibaca…

1. Perhatikan suhu tempat penyimpanan kamera

Ini merupakan hal sangat penting dalam penyimpanan kamera mirrorless agar tetap terjaga kondisinya. Suhu tempat penyimpanan kamera harus diatur sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam buku panduan. Biasanya standar suhu penyimpanan dapat berbeda-beda. Jaga juga dari paparan sinar matahari secara langsung.

Jika diperlukan pakailah dry box untuk menyimpan kamera. Bukan hanya kameranya saja, lensa, baterai, flash dan lainnya juga bisa disimpan dalam dry box. Dry box akan menjaga suhu dan kelembapan udara yang sesuai dengan kebutuhan. Penyimpanan dalam dry box juga sangat membantu dalam keamanan peralatan dari ancaman jatuh, pecah dan sebagainya.

2. Hindari kontak langsung dengan air

Perlu hati-hati saat mengoperasikan kamera mirrorless. Perhatiakan keadaan sekeliling, apakah disekitarnya ada kolam, air mancur, atau air menggenang. Kamu perlu sangat hati-hati, jagalah kamera agar tak terkena air. Saat kamu foto-foto dipantai juga perlu diperhatikan bahwa kandungan garam dalam air laut dapat mempercepat korosi berbagai part kamera.

3. Rutin bersihkan kamera mirrorless

Satu upaya yang perlu kamu usahakan adalah rutin membersihkan kamera dan lensa. Bersihkan lah dengan peralatan standar yang direkkomendasikan. Banyak kok, yang menjual satu set alat pembersih kamera. Isinya:

  1. Cairan pembersih khusus kamera.
  2. Blower untuk membersihkan partikel debu pada kamera.
  3. Kain microfiber untuk membersihkan body kamera secara keseluruhan.
  4. Kuas tipis untuk membersihkan sela-sela pada tombol navigasi kamera.
  5. Cotton bud untuk membersihkan bagian pada kamera yang sulit dijangkau.

4. Gunakan tas khusus kamera

Tips merawat kamera mirrorless berikutnya adalah menggunakan tas khusus kamera yang tebal saat kamu membawa pergi kamera mirrorless mu. Ini berguna untuk menjaga kamera dari guncangan dan benturan yang tak disengaja. Kamu juga tidak perlu terlalu was-was saat membawa kamera karena telah berada dalam tas yang aman.

5. Hati-hati pada perubahan arus listrik

Salah satu cara memindahkan file dari kamera ke PC, adalah dengan menghubungkan kamera secara langsung menggunakan kabel data. Namun, sebelum melakukan hal itu, pastikan kamu sudah mematikan kamera sebelum baterai dan memory card dilepas. Hal ini untuk mencegah apabila ada perubahan listrik yang tiba-tiba, sebab kamera sangat rentan.

Itu tadi 5 tips merawat kamera mirrorless agar tidak mudah rusak. Untuk tips-tips lainnya seputar kamera, fotografi, dan videografi cek artikel di bawah yaa.

 

Whatsapp Tombol Jasa Social Management