Tips Memotret Wajah

Tips Memotret Wajah – Memotret wajah menjadi salah satu hal yang menarik dilakukan di dunia fotografi. Untuk dapat menghasilkan potrait wajah yang menarik, ada beberapa tips memotret wajah yang perlu kawan perhatikan. Pasalnya dalam dunia fotografi, ada beberapa teknik dan trik agar hasil akhir bisa menghasilkan gambar yang optimal. Tidak hanya dari modelnya saja yang memerlukan penyesuaian ekspresi atau pose yang tepat, namun fotografer juga perlu menyiapkan beberapa tips memotret wajah khususnya pengaturan kamera yang digunakan.

Tips Memotret Wajah

Pada umumnya orang akan menggunakan pengaturan kamera portrait sebagai salah satu tips memotret wajah agar dapat menghasilkan gambar yang pas. Namun, fitur ini sepertinya kurang tepat jika digunakan untuk subjek yang mudah terisolasi di lingkungan (background yang ramai) seperti tengah kota. Maka dari itu, penggunaan kamera DSLR harus menggunakan teknik tertentu untuk mendapatkan hasil yang pas. Untuk itu, beberapa tips memotret wajah yang akan DIYKamera berikan kali ini mungkin akan cukup berguna bagi kawan-kawan.

Memotret Wajah

Tips Memotret Wajah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk dapat menghasilkan gambar portrait wajah yang indah, fotografer harus memperhatikan beberapa tips memotret wajah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Manfaatkan Kompensasi Exposure

Tips memotret wajah yang pertama adalah kompensasi exposure. Sistem metering pada kamera memiliki peran yang penting untuk pengambilan gambar. Karena gambar akan terlihat lebih baik jika cahaya bisa masuk ke kamera. Masalah pada metering biasanya adalah pembacaan metering yang digunakan. Pasalnya, untuk mendapatkan hasil yang pas maka kamu perlu menempatkan pada titik 0. Jika subjek (wajah) berada di tempat gelap sebaiknya atur exposure ke kanan (positif) dari 0 begitu pun sebaliknya. Pastikan dalam tips memotret wajah yang satu ini untuk mengatur pencahayaan secara tepat agar hasilnya tidak underexposure atau overexposure.

  1. Disarankan untuk mengatur Aperture

Ketika kamu memotret wajah atau portrait maka tips memotret wajah yang dapat kamu lakukan adalah set aperture lebar kamera yang pas yakni f/2.8 sampai f/5.6 untuk mengcapture gambar. Sehingga akan menghasilkan gambar dengan background subjek terlihat blur yang menjadikan gambar lebih terfokus pada wajah.

  1. Atur Shutter Speed

Mengatur shutter speed juga menjadi salah satu tips memotret wajah yang dapat kawan lakukan. Ketika kamu mengatur shutter speed maka yang menjadi masalah adalah faktor focal length lensa kamu akan membuat kamera goyang (gambar blur). Untuk aturan pada umumnya, pastikan shutter speed pada kamera kamu lebih tinggi, hal ini lebih efektif daripada focal length. Misalkan, focal lensa pada 200 mm maka gunakan 1/250 detik shutter speed atau lebih cepat lagi. Ini artinya kamu juga bisa menggunakan shutter speed ketika menggunakan lensa wide-angle dengan focal length 18 mm maka atur shutter speed 1/20 detik. Namun yang perlu dicatat, tips memotret wajah yang satu ini tidak bisa digunakan pada benda yang bergerak dan jangan lupa untuk mengatur kamera kamu menggunakan sistem anti goyang.

  1. Atur ISO

Mengatur ISO menjadi tips memotret wajah yang dapat digunakan ketika kamu ingin mendapatkan bidikan wajah ditempat yang ramai. Pasalnya, orang akan bergerak dengan cepat dan akan mengubah ekspresi wajahnya dengan cepat. Pada masalah ini, maka kamu akan mengalami beberapa kendala diantaranya hasil akan lebih blur. Maka kamu akan membutuhkan fast shutter speed. Sementara ketika kamu menggunakan mode Aperture Priority dan mempertahankan aperture yang lebar, untuk meningkatkan shutter speed kamu maka kamu hanya cukup meningkatkan ISO pada kamera (dari ISO100 ke ISO400). Jika berada di tempat pencahayaan yang rendah baik indoor maupun outdoor, tips memotret wajah yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan ke ISO 1.600, 3.200, atau lebih tinggi lagi. Namun pastikan jangan sampai gambar tersebut over exposure. Selain itu, kamu juga bisa mengatur ISO menjadi lebih rendah jika menginginkan tampilan wajah lebih halus dan bersih dari noise, misal ISO 100 atau 200. Tips memotret wajah yang satu ini memang terbilang cukup rumit namun tentu hal tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil gambar.

  1. Aktifkan Red-Eye Reduction

Kadangkala menggunakan flash memang akan membantu hasil gambar ketika berada di tempat yang gelap. Namun jika kamu mengabaikan fitur red-eye reduction maka hasil mata pada subjek akan terlihat menyala. Maka dari itu, tips memotret wajah yang selanjutnya adalah mengaktifkan anti red-eye untuk menghindari mata merah akibat flash yang terlalu kuat.

Memotret Wajah Dengan Karakteristik Khas

Dengan beberapa tips memotret wajah yang DIYKamera sampaikan di atas, kawan-kawan tentu kini bisa menghasilkan gambar foto wajah yang lebih menarik dan tentu saja seimbang. Di sisi lain, memotret wajah memang menjadi salah satu hal yang kerap kali dilakukan oleh fotografer pemula bahkan profesional. Nah, demikian beberapa ulasan lengkap yang telah DIYKamera berikan mengenai tips memotret wajah. Semoga bermanfaat.