Cara Membuat Foto Jejak Lampu dari Dalam Mobil

Cara Membuat Foto Jejak Lampu dari Dalam Mobil – Sudah tahukah kawan-kawan dengan cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil? Foto light trails atau jejak lampu merupakan salah satu hasil fotografi yang unik dan populer bagi pecinta fotografi. Kamu pun dapat membuat foto tersebut dari dalam mobil dengan menggunakan teknik tertentu sehingga obyek utama berupa lampu di pinggir-pinggir jalan terlihat mengekor panjang mengikuti bentuk jalan. Lantas bagaimana ya cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil tersebut?

Cara Membuat Foto Jejak Lampu Dari Dalam Mobil

Bagi Kamu yang ingin membuat foto jejak lampu dari dalam mobil, kali ini DIYKamera akan menguraikan mengenai cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil tersebut secara lengkap. Namun, tentu sebelum mempraktekannya Kamu perlu mempersaiapkan alat-alat yang Kamu butuhkan, antara lain kamera dengan kontrol shutter speed manual, tripod, kabel shutter release, suction cup untuk stabilitas, serta peralatan stationary seperti tali, lakban, selotip, dan lain-lain. Baiklah, langsung saja mari kita simak cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil di bawah ini.

Cara Membuat Foto Jejak Lampu Dari Mobil

Cara Membuat Foto Jejak Lampu dari Dalam Mobil

Setelah alat yang Kamu butuhkan sudah siap semuanya, langkah selanjutnya dari cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil ini adalah menyetting kamera. Berikut langkah-langkah yang harus Kamu lakukan:

  1. Pilihlah aperture awal sekitar f/8, selebihnya dapat Kamu pilih sesuai dengan pengalaman Kamu. Dalam hal ini, apabila Kamu memilih aperture besar f/4, maka sensor akan merekam lebih banyak intensitas lampu sehingga lebih terang. Sebaliknya, jika Kamu menggunakan aperture kecil f/13, maka jejak lampu akan lebih redup tetapi jejaknya jelas terpisah. Oleh karenanya, sebagai awalan gunakan f/8 lalu selanjutnya Kamu dapat memilih aperture sesuai dengan selera Kamu.
  2. Selanjutnya dalam cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil ini adalah gunakan lensa yang memiliki panjang focal yang lebar. Kamu juga dapat menggunakan lensa fisheye.
  3. Gunakanlah ISO serendah mungkin.
  4. Untuk mengatur shutter speed, Kamu harus menyesuaikannya dengan kecepatan mobil dan profil jejak lampu, serta kondisi lampu jalanan di sekeliling Kamu. Jika Kamu menggunakan exposure yang panjang, berarti lampunya juga semakin panjang. Untuk menerangi bagian dalam mobil, Kamu dapat mencoba menyalakan lampu mobil. Akan lebih baik jika dalam cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil ini lampu cukup temaram. Shutter speed yang dibutuhkan antara 5 hingga 30 detik.

Setelah mengatur setting kamera, sebagai persiapan sebelum memotret, pada cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil ini Kamu harus membersihkan kaca mobil sebersih mungkin agar hasil foto terlihat jernih dan menawan tanpa ada kotoran yang dapat mengganggu hasil foto Kamu. Selanjutnya, tali lah tripod di jok baris kedua dengan memanfaatkan sabuk pengaman, lakban, dan tali. Setelah tripod sudah terpasang kokoh, taruhlah kamera di kepala tripod. Kamu dapat memposisikan kamera ke arah kaca depan sehingga pengemudi akan terlihat di hasil akhir foto. Cobalah tes memotret cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil dengan posisi tersebut atau sesuaikan dengan selera Kamu. Setelah Kamu mendapatkan posisi yang tepat, kencangkan tali tripod tersebut agar nantinya ketika memotret tidak terjadi shake.

Cara Membuat Light Trail

Jangan lupa pastikan kabel realese shutter mudah dijangkang tangan Kamu. Perhatikan dan pilihlah jalanan yang cukup banyak lampunya di sepanjang jalan untuk mempraktekan cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil ini, baik bersumber dari lampu penerangan jalan, lampu rumah atau bangunan, lampu traffic light, lampu hias kota dan sebagainya. Untuk mendapatkan hasil foto sempurna, alangkah lebih baik jika Kamu memotret pada waktu tengah malam untuk menghindari macet agar jalanan terlihat lapang dan jejak lampu dapat lebih mendominasi foto. Ketika Kamu akan membidik, kecepatan mobil dapat mempengaruhi hasil foto Kamu. Semakin lambat kecepatan mobil, maka semakin lembut jejak lampu yang dihasilkan. Sebagai awalan dari cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil, sebaiknya kecepatan mobil pelan saja, lalu setelahnya Kamu dapat mencoba memotret dengan kecepatan mobil lebih kencang. Dari situ, Kamu dapat membedakan manakah hasil fotomu yang lebih baik. Cobalah beberapa kali agar fotomu semakin sempurna. Pada saat mempraktekan cara membuat foto jejak lampu dari dalam mobil, Kamu pun dapat pula mencoba setting  8 detik, f/9, ISO 200, dengan focal length 11 mm atau 10 detik, f/8, ISO 200, 11 mm. Bisa juga menggunakan 20 detik, f/11, 8 mm, ISO 200. Nah, selamat mencoba ya kawan!!