Cara Membersihkan Kamera Analog dengan Benar

Cara Membersihkan Kamera Analog – Tentu, sebagai seorang fotografer tak salah jika mengetahui cara membersihkan kamera analog. Meski saat ini banyak produk kamera digital terbaru yang menawarkan beragam kemudahan, faktanya saat ini masih banyak fotografer yang tetap setia menggunakan kamera analog. Namun, berhubung kamera analog kebanyakan termasuk barang tua, kita pun harus pandai untuk merawatnya. Oleh sebab itu, dalam merawatnya pun kita harus paham bagaimana tips untuk membersihkannya. Tentu, teman-teman semakin penasaran ingin tahu kan, kira-kira bagaimana sih cara membersihkan kamera analog itu dengan benar?

Cara Membersihkan Kamera Analog

Seperti yang sudah dikatakan di atas, memang cara membersihkan kamera analog ini sedikit berbeda dengan kamera digital. Hanya saja, proses secara keseluruhan hampir sama. Bukan tanpa alasan mengingat pada dasarnya merawat kamera analog tidaklah sesulit yang dibayangkan, karena sebenarnya kamera analog memiliki bodi yang kuat yang berbahan dasar besi dan kulit/aluminium. Namun walau begitu, kita tetap harus rajin membersihkannya agar terhindar dari karat ataupun noda yang membandel, dengan membersihkannya menggunakan blower dan kain lembut. Nah, untuk mengetahui secara lebih jelas, berikut DIYKamera akan jelaskan secara rinci terkait dengan bagaimana cara membersihkan kamera analog dengan benar.
Cara Membersihkan Lensa Kamera Analog

Cara Membersihkan Kamera Analog

Di bawah ini urutan mengenai cara membersihkan kamera analog dengan benar. Yaitu sebagai berikut :

  1. Cara membersihkan kamera analog yang pertama yaitu dengan melepaskan bagian-bagian kamera analog terlebih dahulu, seperti lepaskan lensa dari bodi kamera, cabut filter dari lensanya, cabut rumah baterai, lepaskan strap atau talinya, lepas flash dan lain sebagainya.
  2. Nah, setelah setiap bagian dari kamera dilepas, usaplah semua bagian eksterior dari bodi kamera analog menggunakan kain berbahan halus. Dalam hal ini DIYKamera menyarankan menggunakan kain microfiber, untuk menghindari terjadinya goresan pada bodi kamera tersebut.
  3. Sementara itu, untuk menerapkan cara membersihkan kamera analog di tempat-tempat yang sulit dijangkau, teman-teman dapat menggunakan cotton bud untuk membersihkannya.
  4. Khusus untuk beberapa bagian yang terdapat jamur, gunakan cairan pembersih karat seperti WD-40. Tuangkan cairan tersebut pada kapas halus dan usapkanlah ke bagian yang berkarat tersebut dan tekanlah secara perlahan.
  5. Selain itu, cara membersihkan kamera analog juga bisa menggunakan cairan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa, monitor atau kaset DVD pada bagian-bagian mounting dan sekitar kaca. Teteskan secukupnya cairan pembersih tersebut pada cotton bud, kemudian usapkanlah di area tersebut secara perlahan.
  6. Tak hanya itu saja, pada proses cara membersihkan kamera analog selanjutnya, hal yang perlu dilakukan yaitu Pada bagian kaca dan viewfinder, gunakanlah blower untuk menghilangkan debu-debu tipis dan pakailah kapas yang halus seperti kapas kecantikan. Teteskanlah cairan pembersih pada kapas halus itu dan usap di bagian kaca dan viewfinder itu secara perlahan-lahan. Untuk membersihkan area tersebut, dapat juga menggunakan kain yang halus.

Cara Membersihkan Kamera Klasik

Tampaknya, cara membersihkan kamera analog itu terbilang cukup mudah dan tak terlalu berbeda jauh dengan proses pembersihan pada kamera digital. Sehingga, bisa dikatakan bahwa beberapa langkah di atas bisa kawan lakukan atau coba terapkan sendiri di rumah dengan mudah. Namun, satu hal yang pasti bahwa dalam proses pelaksanaan atau penerapannya, sobat harus benar-benar menggunakan kain microfiber yang lembut untuk mencegah terjadinya goresan ketika mengelap. Nah, sampai di sini cara membersihkan kamera analog di atas semoga bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa.