Cara Menggunakan Manual Fokus dengan Benar

Cara Menggunakan Manual Fokus – Bukan hal yang salah jika kita belajar mengetahui cara menggunakan manual fokus pada kamera DSLR, meski saat ini sudah ada teknologi autofokus. Bukan tanpa alasan mengingat manual fokus dalam aktivitas fotografi memang diperlukan, apalagi saat kita tengah berburu obyek foto yang justru titik fokus dari mode autofokus malah terbidik tak jelas. Oleh karena alasan itulah maka cara menggunakan manual fokus menjadi salah satu pilihan alternatif penolong terbaik. Di samping itu, jika kita telisik lebih dalam lagi, tampaknya dengan memanfaatkan manual fokus ini pun juga bisa dijadikan sebagai langkah sobat untuk mengasah kemampuan fotografi sehingga tak hanya bergantung pada fitur autofokus saja. Tentu saja, mengingat penting untuk dipahami maka kali ini DIYKamera pun akan berbagi tutorial mengenai cara menggunakan manual fokus.

Cara Menggunakan Manual Fokus

Sebelum kita jauh mengulas bagaimana cara menggunakan manual fokus, perlu diketahui kapan waktu yang tepat mengoperasikan sistem manual fokus pada kamera DSLR. Pada umumnya, menurut beberapa pengalaman dari para fotografer profesional, biasanya mereka memanfaatkan mode manual fokus ini di saat menemui kendala pada waktu mengunci titik fokus di mana subyek foto hanya berjarak 20 cm di depan lensa. Selain itu, pengetahuan mengenai cara menggunakan manual fokus ini juga sangat bermanfaat saat memotret dalam kondisi yang minim pencahayaan mengingat mode Auto Fokus sendiri sangatlah bergantung pada cahaya yang cukup. Maka dari itu, ketika kondisi itulah waktu yang tepat memanfaatkan mode manual fokus. Nah, untuk langkah-langkah pengoperasiannya, berikut cara menggunakan manual fokus yang bisa kawan coba sendiri.

Cara Mengatur Fokus Kamera Dslr

Cara Menggunakan Manual Fokus

Berikut di bawah ini DIYKamera bagikan tips mengenai bagaimana cara menggunakan manual fokus yang tepat. Antara lain sebagai berikut :

  1. Langkah pertama dalam menerapkan cara menggunakan manual fokus, tentunya teman-teman harus menyetel posisi fokus lensa ke posisi M. Di mana, posisi tersebut merupakan mode Manual Fokus.
  2. Nah, setelah mode manual dipilih maka hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu memutar ring fokusing. Biasanya, pada lensa kamera DSLR ada dua ring, yaitu salah satunya untuk mengubah zoom sedangkan putaran ring yang lain digunakan untuk menentukan fokusing ring. Untuk mendapatkan bidikan fokus yang tepat, cara menggunakan manual fokus yang harus dilakukan selanjutnya yakni putarlah ring fokusing ke kanan atau ke kiri sabil mata mengintip pada view finder untuk mendapatkan titik fokus yang pas.
  3. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan skala jarak. Langkah ini juga cukup penting mengingat lensa memiliki skala jarak untuk membantu fotografer dalam membidik titik fokus. Bahkan, tak jarang juga dalam cara menggunakan manual fokus ini ketika sobat memotret pada kondisi yang gelap skala jarak ini akan sangat membantu kita dalam memprediksi atau memperkirakan di sebelah mana fokusing ring harus diputar.
  4. Guna mengecek ketajaman hasil bidikan maka teman-teman bisa mengecek di layar LCD. Umumnya, pada saat memotret wajah, sobat harus memeriksa ketajaman di area mata. Zoom daerah mata jika subyek atau yang menjadi model manusia dan ulangi memotret kalau hasilnya belum tajam. Hal ini merupakan cara menggunakan manual fokus yang cukup efektif.

Cara Mengatur Manual Fokus Kamera Dslr

Setelah kita pahami beberapa langkah dalam cara menggunakan manual fokus di atas, tentu saja kawan hanya tinggal mempraktekannya. Pasalnya, belajar manual fokus sangat berbanding lurus dengan jam terbang. Di mana, makin sering dilatih maka dipastikan akan makin cepat pula sobat bisa melakukannya dan hasil bidikan foto yang juga makin akurat. Bahkan, tak sedikit juga para fotografer veteran yang kadang bisa mengunci fokus dengan manual fokus hanya dalam kurun waktu kurang dari satu detik. Tentu, hal tersebut pun bisa sobat lakukan pula jika beberapa langkah dasar penerapan cara menggunakan manual fokus di atas dilakukan dengan benar dan dilatih terus. Selamat mencoba.