Kegunaan Extension Tube Dalam Fotografi

Kegunaan Extension Tube – Bagi para fotografer profesional, tentu sudah tidak asing lagi dengan kegunaan extension tube. Namun, mungkin banyak dari teman-teman pemula yang masih bingung apa itu extension tube dan juga kegunaannya. Lalu, apa sih sebenarnya kegunaan dari extension tube itu sendiri dalam fotografi? Extension tube sering digunakan oleh fotografer untuk memotret subjek berukuran kecil secara close-up seperti bunga, serangga, dan benda-benda kecil yang lain. Jenis fotografi ini lebih populer dengan sebutan fotografi makro. Kegunaan extension tube dalam jenis fotografi yang satu ini sangat lah vital, pasalnya dengan ekstension tube tersebut lah kita dapat menghasilkan gambar makro yang bagus. Selain itu, jenis fotografi ini menjadi pilihan banyak orang sebab kita bisa mengeksplorasi lebih banyak benda-benda kecil menarik di sekitar dan mengabadikannya dalam sebuah foto dengan tampilan yang lebih menakjubkan. Lantas apalagi ya kegunaan extension tube ini?

Kegunaan Extension Tube

Tak hanya untuk hal di atas, kegunaan extension tube juga dapat berfungsi untuk berbagai keperluan. Ketika kita memfokuskan sebuah lensa, maka semakin jauh lensa dari sensor gambar maka akan semakin dekat fokusnya. Meski begitu, jarak antara lensa dan sensor biasanya terbatas sehingga memang ada ketentuan tentang seberapa dekat kita harus mengarahkan fokus kamera ke subjek yang akan difoto. Kegunaan extension tube ini salah satunya adalah untuk menambah jarak lensa ke sensor gambar yang akan diambil. Dengan memanfaatkan extension tube fokus yang didapat akan lebih dekat dari biasanya. Sebagai hasilnya subjek yang akan difoto terlihat lebih besar. Meski sudah tak asing dengan alat yang satu ini, tentu di antara kita masih banyak yang belum benar-benar tahu tentang kegunaan extension tube. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas tentang hal tersebut.

Kegunaan Extension Tube Canon

Kegunaan Extension Tube

Langsung saja untuk mengetahui kegunaan extension tube secara lebih lengkap, mari kita sama-sama simak detailnya di bawah ini:

  1. Kegunaan extension tube sebenarnya sudah tercermin dari namanya. Extend berarti memperpanjang sedangkan tube berarti tabung. Jadi, extension tube merupakan sebuah tabung yang difungsikan untuk memperpanjang jarak antara kamera dan lensa. Tabung ini akan menjauhkan kamera dari lensa dan sebaliknya mendekatkan lensa dengan subjek. Sebagai hasilnya, lensa bisa menangkap fokus dengan jarak yang lebih dekat dengan subjek untuk mendapatkan efek pembesaran. Extension tube ini hanya berupa ring yang tidak memiliki elemen optik sebagai isinya sehingga kualitas foto yang dihasilkan secara optik memang tidak berpengaruh. Yang berbeda hanya jarak fokusnya saja.
  2. Kegunaan extension tube yang berikutnya adalah mengubah lensa kamera biasa menjadi lensa makro. Extension tube menawarkan fitur magnification atau pembesaran yang menjadi ciri khas dari lensa makro serta tidak bisa ditemukan pada jenis lensa yang lain. Extension tube ini hadir dalam berbagai pilihan focal length. Misalnya, jika kita bisa mendapatkan efek pembesaran 0,5x dengan menggunakan extension tube 25mm pada lensa 50mm. Lensa 50 mm sendiri biasanya memiliki rasio pembesaran 0,15x sehingga perpaduan antara keduanya bisa menghasilkan efek pembesaran hingga 0,65x. Jumlah ini sudah hampir menyerupai lensa makro sesungguhnya yang kebanyakan memiliki rasio pembesaran 1x. Yang perlu diperhatikan adalah kegunaan extension tube dalam hal ini akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan lensa dengan focal length pendek hingga menengah.

Kegunaan Extension Tube Nikon

Nah, sekarang kawan-kawan pecinta fotografi sudah mengetahui kegunaan extension tube. Meskipun, extension tube ini merupakan salah satu aksesoris pelengkap dalam fotografi sehingga tidak ada keharusan untuk menambahkan alat ini pada kamera. Namun, jika kawan-kawan ingin menekuni fotografi makro tentu extension tube menjadi salah satu alat utama yang wajib dimiliki. Pasalnya, jika jarak fokus minimum lensa kamera yang digunakan tidak mendukung maka sedekat apapun kawan-kawan menempelkan lensa kamera ke subyek yang akan difoto, maka fokus yang baik tetap tidak akan didapatkan. Dengan ulasan singkat di atas tentu kamu kini sudah paham tentang apa saja manfaat dari penggunaan extension tube. Nah, sampai di sini dulu ya pembahasan tentang kegunaan extension tube pada kesempatan kali ini. Salam DIYKamera!!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps