Cara Memotret Konser yang Menarik

Cara Memotret Konser – Jika teman-teman jeli dan mengetahui cara memotret konser yang benar, konser musik merupakan salah satu objek fotografi yang sangat menarik lho. Dengan berbekal tips memotret konser yang benar, tak heran jika para fotografer profesional bisa memotret setiap momen spesial di atas panggung dan hasilnya terlihat benar-benar nyata. Memotret konser termasuk ke dalam jenis fotografi panggung atau yang lebih populer dengan istilah stage photography. Foto panggung sendiri secara umum dikategorikan ke dalam dua kegiatan, yakni foto dokumentasi dan foto liputan.

Cara Memotret Konser

Dalam fotografi panggung, khususnya ketika berkaitan dengan cara memotret foto konser membutuhkan persiapan yang ekstra sebab kondisinya berbeda ketika kita akan memotret sebuah objek dalam keadaan biasa. Keadaan yang berbeda dan cukup unik mengharuskan fotografer untuk memahami betul tentang teknik memotret panggung dalam setiap pengambilan gambarnya. Seperti diketahui bahwa konser yang memang tak bisa dilepaskan dari panggung itu sendiri biasanya telah dilengkapi dengan berbagai macam pencahayaan sehingga fotografer pun harus lihai mengatur pencahayaan. Selain itu, fotografer harus bisa memilih angle memotret yang tepat untuk bisa menghasilkan bidikan foto yang menakjubkan. Selain menyiapkan peralatan fotografi yang dibutuhkan, tentu mengetahui cara memotret konser yang benar merupakan hal yang wajib diketahui, langsung saja ikuti ulasan di bawah ini yuk!

Cara Memotret Konser Musik

Cara Memotret Konser

Setelah melakukan persiapan seperti mengetahui lokasi konser dan menyiapkan peralatan, berikut ini adalah beberapa cara memotret konser yang bisa dipraktikkan:

  1. Memakai Auto White Balance

Konser merupakan kondisi yang tepat jika teman-teman ingin memakai setting white balance. Untuk memudahkan dalam memotret momen konser yang biasanya identik dengan cahaya warna-warni dan lampu yang berganti-ganti, maka pakailah jenis setting auto white balance. Seting white balance daylight pun sebenarnya juga bisa digunakan namun akan memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk hasil foto konser yang lebih optimal, gunakanlah format RAW dan atur kembali warna foto di komputer sesuai dengan kebutuhan artistik yang diperlukan.

  1. Mengatur ISO

Cara memotret foto konser yang selanjutnya adalah dengan mengatur ISO. Seperti diketahui bahwa konser biasanya digelar pada malam hari sehingga memiliki pencahayaan yang minim. Dengan mengatur ISO terlebih dahulu, maka kecepatan rana pada kamera bisa diatur supaya lebih cepat dan mantap ketika dipakai untuk membidik objek.

  1. Pilih Lensa Tercepat dan Bukaan Terlebar

Untuk memudahkan pengambilan gambar pada kondisi panggung yang biasanya minim cahaya, maka pilihlah untuk memakai lensa yang memiliki bukaan lebar dan besar. Memakai lensa yang dengan bukaan lebar juga bisa meminimalisasikan ISO untuk menghindari noise. Perpaduan penggunaan lensa cepat dan ISO tinggi memungkinkan kawan-kawan untuk memotret momen-momen bagus dan memiliki kualitas foto panggung yang tajam.

  1. Gunakan Exposure Compensation

Cahaya di panggung konser biasanya tidak tersebar merata sehingga metering pada kamera akan sulit memperoleh exposure yang tepat. Untuk mengatasi kondisi tersebut, tips cara memotret konser yang harus dilakukan adalah kawan-kawan sebaiknya memakai tombol kompensasi + atau – yang ada di kamera. Kompensasi minus bisa digunakan saat panggung memiliki latar belakang yang lebih gelap dibandingkan dengan bagian depan. Sedangkan, kompensasi plus bisa dipakai bisa kondisi menunjukkan sebaliknya.

  1. Perhatikan Komposisi

Cara memotret konser yang penting untuk diperhatikan adalah terkait dengan komposisi. Komposisi yang kurang tepat biasanya akan mengurangi kualitas foto meskipun saat memotret exposurenya sudah bagus. Untuk mendapatkan komposisi yang pas, datanglah yang lebih awal dan carilah posisi-posisi terbaik yang nantinya akan dipakai untuk memotret konser.

Cara Memotret Foto Konser

Nah, dengan beberapa cara memotret konser yang DIYKamera jelaskan di atas tentu sekarang kawan-kawan sudah memiliki gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana menghasilkan foto konser yang baik. Selain cara-cara tersebut, kawan-kawan pun bisa mencoba tips-tips fotografi panggung lain dari para fotografer yang profesional agar bisa menghasilkan foto konser yang terlihat nyata. Bukan tidak mungkin, jika hasil gambar dari jepretan kawan tersebut bagus dapat dilirik oleh para musisi besar. Baiklah, sepertinya sampai di sini dulu ya pembahasan kita tentang cara memotret konser. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps