Cara Memotret Pemandangan dengan Indah dan Tajam

Cara Memotret Pemandangan – Memotret pemandangan merupakan salah satu objek yang paling menarik untuk diambil gambarnya. Maka dari itu banyak masyarakat yang ingin mengetahui cara memotret pemandangan dengan indah. Untuk mengambil foto pemandangan, banyak media yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah menggunakan kamera DSLR. Dengan menggunakan kamera jenis ini akan dapat menghasilkan foto pemandangan yang indah karena pada kamera DSLR mempunyai fitur yang lengkap. Anda pun bisa menghasilkan foto pemandangan sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Dengan mempelajari cara memotret pemandangan maka Anda bisa menghasilkan foto pemandangan yang bagus. banyak jenis foto pemandangan yang ada, diantaranya adalah foto pemandangan pantai, gunung, laut, hutan, dan lain-lain.

Cara Memotret Pemandangan

Cara Memotret Pemandangan

Kadang foto yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang dilihat oleh mata Anda sehingga diperlukan cara memotret pemandangan dengan tepat, terutama dalam pengaturan kameranya. Foto pemandangan akan lebih bagus jika Anda menggunakan lensa wide. Pada pengaturan kamera Anda bisa menggunakan bukaan kecil dengan shutter speed yang lambat. Pemakaian shutter speed yang lambat dimaksudkan untuk dapat menghasilkan foto dengan kontras yang bagus. kecepatan shutter speed sangat bergantung pada kondisi pemotretan.  Dalam cara memotret pemandangan ini, cobalah memotret pemandangan dengan pengaturan awal lalu cek hasilnya. Jika foto yang dihasilkan kurang maksimal, Anda bisa mengatur ulang kamera Anda sampai mendapatkan foto yang Anda inginkan. Adapun cara memotret pemandangan yang lain adalah dengan cara mencari spot memotret yang bagus. Eksplorasi dulu lokasi pemotretan untuk bisa mendapatkan spot yang bisa menghasilkan foto dengan momen yan indah. Sudut pengambilan foto juga sangat menentukan hasil foto, cobalah sagala macam jenis angle sampai Anda mendapat foto pemandangan yang maksimal.

Cara Memotret Pemandangan Dengan Bagus

Namun cara memotret pemandangan dengan indah tidak cukup sampai disitu, karena sebuah foto pemandangan yang bagus terdiri dari unsur foreground, middleground, dan juga background. Perpaduan ketiga unsur ini bisa menghasilkan foto pemandangan yang unik, komposisi ketiga unsur bisa Anda atur sendiri sesuai dengan kreativitas Anda. Pada saat memotret pemandangan, setting kamera dengan menggunakan bukaan lensa yang kecil agar kedalaman foto merata. Shutter speed otomatis akan berada pada kecepatan yang terendah. Agar foto tidak goyang, salah satu cara memotret pemandangan dengan menggunakan tripod. Foto pemandangan alam akan jauh lebih indah jika Anda memotretnya pada pagi atau sore hari. sedangkan jika Anda memotret foto pemandangan kota, Anda bisa mencobanya pada malam hari untuk mendapatkan kesan kota yang ramai dan tak pernah mati. Foto pemandangan milky way pun bisa Anda coba, tentu saja pengaturan kamera harus benar agar foto yang dihasilkan tidak gelap dan mampu menangkap pemandangan langit yang indah. Bagaimana cukup jelas kan cara memotret pemandangan yang DIYKamera sampaikan?

Cara Memotret Foto Pemandangan

Selain itu juga dalam cara memotret pemandangan ini agar foto pemandangan yang dihasilkan memiliki warna dan kontras yang bagus, Anda bisa menggunakan filter polarisasi. Efek dari menggunakan filter ini sangat luar biasa dengan efek warna pada foto yang sangat matang. Banyak cara memotret pemandangan yang bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan filter ini, foto pemandangan yang dihasilkan akan jauh lebih bagus. jika Anda memotret pemandangan pantai dengan menggunakan filter ini maka akan dihasilkan foto langit yang biru sangat kontras dengan warna awan yang putih. Pada dasarnya dalam cara memotret pemandangan ini menggunakan filter selama memotret akan memperbesar bukaan. Sehingga alangkah baiknya jika Anda menggunakan tripod selama memotret.

Kesimpulan dari beberapa cara memotret pemandangan adalah Anda harus memperhitungkan waktu yang tepat untuk mendapatkan foto pemandangan yang indah. Cari spot foto yang menarik dengan cara mengekplorasi lokasi sekitar. Gunakan sudut pengambilan foto yang unik. Memotret dengan komposisi terbaik antara foreground, middleground, dan juga background. Setting kamera pada bukaan yang kecil dan shutter speed yang lambat. Selain itu dalam cara memotret pemandangan ini gunakanlah filter polarisasi untuk menghasilkan foto dengan kontras yang maksimal. Gunakan tripod selama pemotretan agar foto yang dihasilkan tetap fokus dan tidak goyang. Diantara banyak cara memotret foto yang bagus Anda harus memiliki teknik fotografi yang bagus serta feeling yang kuat. Kreativitas yang Anda miliki juga bisa mempengaruhi hasil foto. Terus berlatih dan perbanyak referensi agar pengetahuan dan teknik fotografi Anda semakin meningkat. Cukup sekian info cara memotret pemandangan yang bisa DIYKamera sampaikan. Yuk kembangkan terus kreativitas memotret anda!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
08562929106
Alamat
Jln. Utama Dukuh No. 477A, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps