Fungsi dan Cara Memakai Filter CPL Untuk Pemula

Fungsi dan Cara Memakai Filter CPL – Pemakaian filter adalah salah satu yang menjadi perhatian dalam fotografi, tak terkecuali filter CPL. Sehingga, memahami fungsi dan cara memakai filter CPL penting sekali. Pasalnya, mereka yang telah mahir dalam fotografi biasanya menggunakan filter ini terutama untuk membuat foto landscape menjadi lebih menarik dan dramatis. Filter CPL juga menjadi andalan mereka yang suka membidik foto bernuansa alam seperti permukaan air maupun langit berawan. Penggunaan filter CPL sendiri sangat mempengaruhi jepretan foto yang dihasilkan sehingga tak heran jika para fotografer pemula ingin belajar fungsi dan cara memakai filter CPL ini.

Fungsi Dan Cara Memakai Filter CPL

Filter Circular Polarizer atau yang lebih populer dengan sebutan CPL merupakan salah satu jenis filter yang berguna untuk meningkatkan kontras warna (vividness) dalam sebuah foto pemandangan atau landscape. Meski filter ini bisa membuat hasil foto menjadi lebih bagus, namun fotografer pemula yang belum mengetahui fungsi dan cara memakai filter CPL sering kali menghasilkan foto yang terlihat tak memiliki perbedaan sama sekali meski telah memakai filter tersebut. Kunci sukses untuk bisa menghasilkan foto yang bagus dengan CPL adalah sobat harus mengetahui kapan saat yang tepat untuk memakai ataupun tidak memakainya. Nah, bagi kamu yang masih belum terlalu familiar dengan filter ini, berikut DIYKamera akan sampaikan ulasan tentang fungsi dan cara memakai filter CPL.

Fungsi Filter CPL

Kira-kira seperti apa fungsi dan cara memakai filter CPL, yuk langsung simak saja pembahasannya berikut ini:

Fungsi Filter CPL

  1. Fungsi filter CPL yang pertama adalah untuk membuat warna lebih saturated dan kontras. Dengan filter ini sobat bisa mengatur proses saturasi saat proses editing agar pantulan cahaya tidak mengganggu hasil akhir pemotretan. Selain itu, refleksi bayangan dari objek yang diambil juga bisa dihilangkan sehingga foto yang dihasilkan akan tampak lebih detail dan jelas. Aplikasi dari fungsi dan cara memakai filter CPL bisa dilihat dalam foto langit berawan yang dibuat lebih dramatis maupun foto dedaunan yang terlihat lebih hijau.
  2. Selain membuat warna lebih saturated dan kontras, fungsi filter CPL lainnya adalah menghilangkan sebagian atau seluruh pantulan dari benda non-metalik, seperti air dan kaca. Sehingga filter ini biasanya akan digunakan untuk memotret danau dengan air yang sangat jernih namun ingin memperlihatkan sedikit bagian dasarnya. Foto seperti ini akan sulit dihasilkan karena permukaan danau biasanya akan menampilkan bayangan langit. Nah, filter CPL inilah yang akan membantu menghilangkan atau mengurangi pantulan bayangan langit tersebut. Dengan demikian fungsi filter CPL ini memang sangat penting dalam dunia fotografi.

Cara Memakai Filter CPL

  1. Fungsi dan cara memakai filter CPL sebenarnya sangat mudah karena sobat hanya perlu memasangkan filter ini di bagian depan lensa dan memutarnya secara perlahan-lahan. Setelah dipasang efeknya akan langsung bisa dilihat pada viewfinder. Jadi, pilihlah setting yang paling maksimal kemudian baru tekan tombol shutter kamera.
  2. Karena pemakaian filter ini adalah dengan memutarnya di depan lensa, maka untuk jenis lensa yang ekonomis, sobat bisa menyiasati dengan melakukan autofocus terlebih dahulu sebelum memutar filter tersebut. Pasalnya, lensa depan dari lensa ekonomis akan ikut berputar ketika autofocus sedang dijalankan.
  3. Fungsi dan cara memakai filter CPL yang selanjutnya adalah dengan menggunakannya ketika matahari sedang bersinar di sebelah kanan atau kiri sebab efek optimal bisa dihasilkan pada sudut 90 derajat dari arah matahari. Sedangkan, untuk menghilangkan hasil refleksi yang maksimal bisa dilakukan pada sudut 45 derajat dari permukaan.

Cara Memakai Filter CPL

Bagaimana? Fungsi dan cara memakai filter CPL cukup mudah dipahami bukan? Filter CPL merupakan aksesori tambahan yang tidak harus digunakan pada setiap kesempatan. Sehingga ada juga fotografer yang tidak terlalu suka memakai filter yang satu ini. Namun, bagi sobat yang ingin lebih mahir lagi dalam urusan memotret tentu sedikit ulasan di atas setidaknya memberi gambaran yang lebih jelas tentang apa yang bisa dilakukan oleh filter ini pada hasil jepretan foto. Demikianlah pembahasan tentang fungsi dan cara memakai filter CPL kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps