Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye

Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye – Komposisi dalam dunia fotografi memiliki peran yang penting karena bisa menentukan hasil akhir dari bidikan gambar. Salah satu tips komposisi yang perlu diketahui para fotografer pemula adalah tips menggunakan komposisi frog eye. Apa sih yang dimaksud dengan komposisi frog eyes? Komposisi frog eyes merupakan sudut pandang pengambilan gambar dari posisi bagian bawah subjek. Bahkan fotografer bisa mengambil gambar hingga menyentuh tanah. Biasanya komposisi frog eyes ini dilakukan untuk pengambilan gambar saat perang, flora ataupun fauna. Namun seiring perkembangan jaman, komposisi bisa dilakukan untuk beragam subjek yang diinginkan. Lalu bagaimana sih tips menggunakan komposisi frog eye itu?

Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye

Tips menggunakan komposisi frog eye ini sendiri bisa dilakukan agar gambar terlihat lebih tinggi atau megah. Sehingga kebanyakan orang akan mengambil gambar yang memiliki subjek gambar yang menjulang tinggi. Meskipun demikian, dasar komposisi ini biasanya banyak dilakukan untuk hewan, anak kecil atau subjek yang rendah. Untuk pengambilan gambar dengan komposisi ini akan lebih bagus jika menggunakan teknik levitasi yang berguna untuk memisahkan subjek dengan garis horison. Nah, untuk mengetahui tips menggunakan komposisi frog eye secara lebih rinci, mari kita simak ulasan berikut ini.

Frog Eye Photography

Tips Menggunakan Komposisi Frog Eye

Nah, untuk mempraktekkan teknik fotografi dengan komposisi ini maka perhatikan tips komposisi forg eyes di bawah ini:

  1. Tips menggunakan komposisi frog eye yang pertama yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya hindari penggunaan flash kamera. Hal ini berlaku jika digunakan untuk subjek makhluk hidup seperti hewan, serangga, anak kecil atau yang lainnya. Penggunaan flash kamera bisa menimbulkan red-eye syndrome sehingga hasil gambar bisa menunjukkan mata yang menyorot tajam berwarna merah.
  2. Sebaiknya perhatikan cuaca ketika akan pengambilan gambar. Sebaiknya bidik gambar ketika cuaca sedang cerah atau ketika waktu siang hari sehingga subjek akan tampak lebih jelas tanpa harus mengatur pencahayaan. Namun, pengaturan lighting juga tidak kalah penting agar menghasilkan exposure yang pas ketika pengambilan gambar.
  3. Tips menggunakan komposisi frog eye yang tidak kalah penting adalah kesabaran, terlebih bidikan subjek kamu adalah hewan. Sebab, hewan atau serangga pada umumnya melakukan gerakan yang tidak kita duga sehingga kita haru menunggu angle yang pas agar gaya hewan sesuai dengan yang kita inginkan.
  4. Penggunaan life view ketika pengambilan gambar sangat efektif untuk hasil dengan komposisi frog eyes sehingga posisi point interestnya lebih mudah untuk diposisikan.
  5. Jika kamu lelah harus melihat lensa saat pengambilan gambar terutama untuk subjek hewan, maka tips menggunakan komposisi frog eye yang dapat kamu gunakan fitur LCD pada kamera kamu. Dengan demikian, kamu akan lebih relaks dan nyaman saat akan membidik gambar.
  6. Gunakan kamera yang bisa diatur sudutnya sehingga akan lebih memudahkan kamu dalam pengambilan gambar.
  7. Jika kamu mengambil gambar dengan smartphone, maka kamu harus mengaturnya terlebih dahulu. Dalam tips menggunakan komposisi frog eye yang terakhir ini, pastikan layar kamera teratur secara otomatis sehingga kamu tidak perlu menunggu sekian detik untuk mendapatkan fokus.

Pengertian Frog Eye View

Yang perlu dipahami sebelumnya adalah untuk dapat mempraktekkan tips menggunakan komposisi frog eye di atas, kamu bisa menggunakan kamera dengan lensa tele atau lensa wide. Penggunaan lensa ini tentu akan berpengaruh dengan hasil akhir, maka dari itu pastikan efek gambar yang kamu inginkan terlebih dahulu. Apabila kamu menginginkan subjek tetap proporsional, maka kamu bisa menggunakan lensa wide. Sedangkan untuk lensa wide, kamu bisa mendapatkan gambar dengan efek subjek terlihat lebih besar. Dan yang tidak kalah ketika pengambilan gambar ketika menggunakan frog eyes adalah memperhatikan subjek, apakah sudah mendapatkan angle yang seimbang atau belum. Nah, semoga tips menggunakan komposisi frog eye tersebut dapat berguna dan selamat mencoba!!