Mode Metering Kamera DSLR

Mode Metering Kamera DSLR – Tampaknya, memahami fungsi dari mode metering kamera DSLR sangat penting, khususnya bagi teman-teman yang masih pemula. Perlu diketahui bahwa metering merupakan inti dari bagian kamera yang fungsinya melakukan pengukuran pencahayaan dari sebuah subyek yang menjadi titik fokus. Memang, jika melihat dari sisi teorinya, mode metering kamera DSLR ini terbilang cukup sulit dipahami. Hanya saja, poin yang bisa dipetik yakni dari fungsinya sebagai pengukur cahaya yang dihasilkan dari foto itu sendiri. Sehingga, bisa dikatakan bahwa teknik pada mode ini sebagai pengatur nuansa cahaya yang disesuaikan dengan kondisi ruangan. Tentu, sampai di sini kawan-kawan pastinya semakin penasaran ingin mengenal lebih jauh tentang mode metering kamera DSLR ini.

Mode Metering Kamera DSLR

Seperti yang sudah disebutkan di atas, hal ini bisa diartikan merupakan alat ukur pada kamera yang membantu kita mengetahui atau bisa juga disebut mengukur berapa besarnya nilai exposure ketika kita membidik objek. Dalam artian yang lebih detail bahwa mode metering kamera DSLR di sini yakni pengukuran atas intensitas warna yang dihasilkan subyek yang dititik fokuskan untuk menghasilkan kombinasi pencahayaan maupun warna yang seimbang dan lebih smooth. Selain itu, mode ini memang sering digunakan untuk memotret subyek pada saat kondisi cuaca yang mendung atau ruangan gelap namun dengan hasil foto yang lebih cerah sehingga mengesankan karakter tersendiri yang lebih kuat. Cukup menarik bukan? Untuk mengetahui secara lebih jelas, yuk kita simak bersama ulasan mengenai mode metering kamera DSLR yang wajib sobat ketahui dan pahami!

Memahami Mode Metering Kamera DSLR

Mode Metering Kamera DSLR

Dilihat dari pengertiannya, tampaknya kawan-kawan sudah paham fungsinya dan kini waktunya kita untuk mengulas beberapa mode metering kamera DSLR yang harus diketahui. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Matrix

Matrix atau disebut juga dengan Evaluate Metering ini merupakan mode metering kamera DSLR yang cara kerjanya membagi seluruh obyek foto yang ada pada view finder menjadi beberapa zona. Selanjutnya, dalam hal ini tiap-tiap zona tersebut nantinya akan diukur gelap maupun terangnya. Apabila semua informasi sudah terkumpul maka kamera akan mencoba menentukan nilai eksposur yang pas dan ideal. Perlu diketahui bahwa pada umumnya, mode matrix/evaluative biasanya digunakan pada hampir semua situasi pemotretan normal, paling akurat dalam kondisi sehari-hari.

  1. Center Wighted Metering

Selain itu, mode metering kamera DSLR yang perlu diketahui yakni Centered Wighted Metering. Di mana, mode ini umumnya digunakan sebagai media pengukur bayangan atau refleksi cahaya yang berada di sekitar titik tengah frame dan mengabaikan beberapa sudut-sudut frame. Sehingga, dipastikan bahwa nantinya kamera hanya akan mengukur nilai eksposur di wajah (titik tengah viewfinder) dan mengabaikan nilai di area lain (sinar matahari yang jauh lebih terang).

  1. Spot atau Partial Metering

Nah, salah satu mode metering kamera DSLR yang bisa digunakan yakni Spot/Partial Metering. Fitur atau mode yang satu ini berfungsi untuk mengukur cahaya yang berada di sekitar aera titik fokus dan mengabaikan cahaya di area lain. Secara hitungan angka, cahaya yang dihitung sekitar 3% saja dari seluruh obyek foto yang diukur. Sedangkan partial metering sendiri akan mengukur area yang sedikit lebih besar, sekitar 10% dari keseluruhan foto dan juga mengabaikan area lainnya.

Metering Mode Kamera DSLR

Sampai di sini, sepertinya beberapa ulasan mengenai mode metering kamera DSLR di atas sudah cukup untuk membantu sobat dalam mendapatkan foto yang berkualitas. Selain hal di atas, hal lain yang juga penting untuk diketahui adalah cara mengubah mode metering. Di mana, Untuk kamera jenis dan seri yang berbeda, cara mengubah mode metering tentunya berbeda pula. Di antaranya, pada jenis kamera SLR Digital kelas pro dan semi-pro, umumnya sudah dilengkapi dengan tombol yang sudah terdedikasi dan terintegrasi untuk mengganti mode metering. Sementara itu, untuk jenis kamera DSLR kelas pemula sendiri biasanya mode ini berada di dalam sub-menu. Itulah tadi penjelasan mengenai mode metering kamera DSLR yang telah dijelaskan di atas. Semoga bisa membantu.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps