Jenis-Jenis Filter Lensa Kamera yang Wajib Diketahui Fotografer Pemula

Jenis-Jenis Filter Lensa Kamera – Dalam dunia fotografi, ada beberapa jenis-jenis filter lensa kamera. Tentu saja, ragam jenis filter tersebut memiliki kelebihan dan kegunaan tersendiri sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, mengetahui atau memahami jenis-jenis filter lensa tampaknya menjadi satu hal yang sangat penting dan wajib dikenal oleh para fotografer, terutama bagi yang masih pemula. Selain itu, kegunaan filter sendiri yang berfungsi untuk membuat gambar lebih jernih pun menjadi satu hal kuat yang harus digunakan saat mengambil foto. Oleh sebab itu, tak salah jika sobat semua mengenal lebih jauh beberapa jenis-jenis filter lensa kamera.

Jenis Jenis Filter Lensa Kamera

Berhubungan dengan topik jenis-jenis filter lensa kamera, sebenarnya ada satu hal yang perlu untuk sobat pahami dulu. Buat yang baru pemula, perlu dipahami bahwa filter lensa sendiri merupakan kaca transparan yang umumnya terpasang di bagian depan filter. Filter lensa berguna untuk melindungi fisik lensa , mengubah karakteristik cahaya yang melewati lensa atau memberi efek khusus pada hasil foto. Oke, tak perlu berlama-lama ya sob. Langsung saja yuk kita ke titik topik dimana kali ini DIYKamera akan menjelaskan jenis-jenis filter lensa kamera yang akan disajikan pada segmen-segmen di bawah ini. Mari, kita simak bersama.

Filter Kamera Dslr Yang Bagus

Jenis-Jenis Filter Lensa Kamera

Berikut jenis-jenis filter lensa kamera yang patut untuk kawan kenal dan pahami. Antara lain sebagai berikut :

  1. Filter UV/Ultraviolet

Dari berbagai macam jenis-jenis filter lensa kamera, filter UV menjadi salah satu filter lensa yang penggunaannya sebagai media untuk menyaring sinar UV. Selain itu, umumnya filter ini juga digunakan untuk melindungi lensa dari lensa atau benturan.

  1. Filter CPL/ Circular Polarizing Filters

Filter ini wajib dimiliki oleh seorang fotografer. Filter ini memiliki fungsi untuk merefleksi pada permukaan benda seperti kaca (bukan cermin) dan air. Selain itu, filter ini juga dapat meningkatkan kepekatan warna terutama warna biru pada langit

  1. Filter ND/ Neutral Density

Selain itu, jenis-jenis filter lensa kamera yang patut untuk dikenal yaitu Filter ND atau Neutral Density. Fungsinya untuk menghambat cahaya yang terlalu kuat. Tanpa filter ini, seorang fotografer tidak dapat menciptakan efek “kapas” pada pemotretan air yang bergerak di siang hari yang terang benderang, misalnya air terjun atau ombak di antara bebatuan.

  1. Graduated ND Filter

Tak hanya itu, Graduated ND Filter pun juga merupakan filter gradasi. Dimana, fungsinya untuk menyeimbangkan eksposur langit dan permukaan bumi, di mana eksposur di langit terlalu terang sedangkan di bumi terlalu gelap. Cara penggunaannya ialah bagian gelap pada filter di posisi atas guna menghambat cahaya di bagian langit.

  1. Filter Soft

Nah, untuk jenis-jenis filter lensa kamera yang terakhir, ada jenis Filter Soft. Kegunaannya sendiri sebagai media untuk memberikan efek hasil bidikan yang lebih soft.

Jenis Filter Nd

Dari beberapa jenis-jenis filter lensa kamera yang diusung tersebut, tentu saja kini kawan-kawan bisa lebih memahami apa saja jenis filter lensa pada kamera. Sehingga, dengan begitu maka akan membuat aktifitas fotografi sobat menjadi lebih profesional. Bukan tanpa alasan mengingat kegunaan filter lensa pada kamera yang memiliki fungsi cukup penting. Oleh sebab itu, dari beberapa jenis lensa tersebut, tentu saja kawan-kawan bisa memilih dan menggunakan salah satunya sesuai kebutuhan. Itulah tadi jenis-jenis filter lensa kamera yang telah DIYKamera ulas. Semoga bisa memberikan manfaat buat teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa.