Fungsi Exposure Compensation

Fungsi Exposure Compensation – Menjadi seorang fotografer profesional, pastinya harus tahu apa itu fungsi Exposure Compensation. Perlu untuk diketahui bahwa fitur ini merupakan salah satu menu yang dihadirkan pada kamera sebagai media untuk menyesuaikan gelap terangnya foto ketika dibidik. Jika melihat definisi tersebut, tentunya ukuran cahaya yang dipantulkan dari sebuah obyek foto tersebut menjadi fokus yang akan diatur. Dengan kata lain, fitur Exposure Compensation sendiri akan lebih mengutamakan pengaturan pada titik gelap terang suatu foto. Lalu, sebenarnya apa saja sih fungsi Exposure Compensation itu?

Fungsi Exposure Compensation

Sebelum jauh mengenal fungsi Exposure Compensation, sekali lagi DIYKamera tegaskan bahwa fitur ini merupakan salah satu menu yang memiliki fungsi dalam soal penyesuaian kecerahan foto yang diukur kamera untuk menyesuaikan dengan preferensi fotografer. Bukan tanpa alasan mengingat bagaimanapun bagus sebuah kamera, tapi tidak bisa sempurna, dan kecerahan terukur yang dihasilkannya tidak serta-merta sama seperti yang terlihat. Dengan kata lain, fitur ini memiliki cara tersendiri dalam mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk ke lensa terlepas dari hasil pengukuran lightmeter. Nah, berikut ini fungsi Exposure Compensation yang patut sobat pahami.

Fungsi Exposure Compensation Pada Kamera

Fungsi Exposure Compensation

Beberapa hal ini di bawah ini adalah fungsi Exposure Compensation yang patut untuk kawan ketahui dan kenali. Antara lain sebagai berikut :

  1. Mengatasi Kesalahan Metering Kamera Digital

Salah satu fungsi Exposure Compensation yaitu untuk mengatasi kesalahan metering kamera digital. alah satu kekurangan yang umumnya dijumpai di semua kamera digital (termasuk kamera smartphone) adalah sistem metering yang tidak akurat saat harus memotret objek yang didominasi warna putih atau hitam. Maka dari itu, fitur ini hadir untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Kecerahan Cahaya Lebih Terukur

Fungsi Exposure compensation adalah fungsi yang secara umum digunakan dalam DSLR. Fungsi ini dapat digunakan dalam fotografi cahaya latar, ketika memotret seseorang yang mengenakan pakaian warna putih atau hitam, serta di banyak situasi lainnya untuk mendapatkan kecerahan cahaya yang lebih rapi dan terukur.

  1. Menyeimbangkan Warna dari Obyek Foto

Selain itu, fungsi Exposure Compensation sendiri bisa digunakan sebagai fitur untuk mengembalikan foto yang under ataupun over tadi sehingga warna putih akan kembali putih dan hitam kembali tampak hitam. Dengan begitu, kejelasan warna asli atau warna dasar dari obyek foto pun menjadi lebih jelas dan terang.

  1. Memperkuat Kesan Foto yang Dibidik

Di samping itu, fungsi Exposure Compensation sendiri lebih kepada bagaimana foto tersebut lebih terkesan kuat. Dengan kata lain, kesan yang ingin ditampilkan dari foto tersebut bisa diatur melalui pengaturan ketajaman warna atau pencahayaan menggunakan fitur ini.

  1. Memberikan Efek Lebih Cerah

Tak hanya itu saja, bahkan fungsi Exposure Compensation sendiri pun juga sangat bermanfaat untuk memberikan kesan obyek foto menjadi lebih cerah. Sehingga, bisa dikatakan bahwa fitur ini terbilang cukup bermanfaat buat para fotografer yang menginginkan hasil foto yang lebih terang dan cerah.

Cara Mengatur Exposure

Apabila kita menelisik fungsi Exposure Compensation di atas, tentu saja bisa kita ketahui bahwasanya menu ini sangat bermanfaat dan memiliki kegunaan yang sangat kompleks. Sehingga, bisa dikatakan nantinya para fotografer bisa mengolah bidikan foto sesuai dengan selera. Bahkan, dengan adanya fitur ini maka dipastikan hasil foto menjadi lebih tampak terkesan jernih dan tajam. Demikian ulasan mengenai fungsi Exposure Compensation. Sekian dan sampai jumpa.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps