Filter Close Up Untuk Foto Makro

Filter Close Up Untuk Foto Makro – Seorang fotografer, tentunya harus mengenal sebuah istilah yang bernama filter close up untuk foto makro. Di mana, filter tersebut memiliki nama lain Diopter Lens yang berfungsi untuk mengurangi minimum focusing distance pada lensa kamera yang digunakan sehingga kawan bisa memotret dari jarak yang sangat dekat dengan obyek foto. Di mana, filter ini nantinya justru akan memberikan hasil yang lebih optimal ketika digunakan pada lensa kamera dengan focal length panjang atau setidaknya berukuran 85 mm ke atas. Dengan begitu maka mengetahui dan mengenal apa itu filter close up untuk foto makro sangat penting untuk dipahami agar hasil fotonya menjadi lebih berkualitas dan tampak lebih fokus pada obyek.

Filter Close Up Untuk Foto Makro

Di sisi lain, dalam penjelasan yang lebih mudah, filter close up untuk foto makro ini sebenarnya sebuah kaca pembesar berkualitas tinggi yang dipasang di depan lensa, seperti halnya pada filter lain. Sehingga, sebagai media penyaring maka kehadiran filter close up ini sangat penting, apalagi ketika digunakan untuk foto makro. Di samping itu, filter ini diketahui memiliki 2 jenis, antara lain Single Element dan Double Element di mana keduanya sama-sama akan bekerja dengan memperpendek jarak sweet spot kamera yang digunakan. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu filter close up untuk foto makro, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Close Up Lens Filter

Filter Close Up untuk Foto Makro

Berikut beberapa hal yang perlu untuk kawan ketahui tentang filter close up untuk foto makro, antara lain sebagai berikut :

  1. Cara Kerja dan Jenis Filter Close Up untuk Foto Makro

Perlu diketahui bahwa cara kerja dan jenis filter close up untuk foto makro ini memiliki gambaran yang berkonsep bahwa makin besar angka diopternya maka dipastikan semakin besar pula efek perbesarannya. Di mana, besarnya angka diopter sangat memungkinkan kawan untuk makin mendekati obyek foto hanya saja dengan konsekuensi kualitas optiknya mengalami penurunan.

Untuk mempermudah penjelasan, DIYKamera akan memberikan contoh cara kerja filter close up untuk foto makro. Di mana, dalam hal ini dengan menggunakan kamera lensa tele maka dipastikan bahwa nantinya kawan akan bisa memfoto objek dengan fokus dan jarak standar 1,5 meter. Namun, di sisi lain dengan menambahkan close-up filter yang terpasang pada bagian depan lensa maka kawan-kawan pasti bisa mengurangi jarak fokusnya menjadi 0,75 m. Kira-kira begitu gambaran cara kerja filter close up untuk foto makro.

Sedangkan untuk jenisnya sendiri, filter close up untuk foto makro ini ada dua jenis, yakni Single Element dan Double Element. Untuk jenis Single Element, terdiri dari 1 elemen close up lensa yang dibangun dengan elemen optik tunggal. Selain itu, jenis yang satu ini pun diketahui juga akan berpengaruh pada kualitas gambar yang kurang tajam pada tepi fotonya dan juga terjadi penyimpangan berwarna. Sementara itu, untuk jenis filter close up untuk foto makro Double Element ini dibuat dengan 2 elemen optik. Di mana, dengan adanya elemen ke-2 maka akan ada koreksi penyimpangan dari elemen 1 sehingga menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik di seluruh frame dan penyimpangan warnanya sangat minim.

  1. Kelebihan Filter Close Up untuk Foto Makro

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa kelebihan filter close up untuk foto makro ini. Nah, untuk kelebihannya sendiri, filter ini akan mengurangi atau bahkan menghilangkan infinity focusing pada lensa kamera serta sanggup mengurangi pula jarak paling dekat maksimum lensa kamera. Sehingga, apabila dipasang pada lensa zoom tentu dipastikan bakal membuat focal length zoom bakal tetap fokus pada satu titik obyek kamera. Selain itu, kelebihan filter close up untuk foto makro ini terletak pada hasilnya yang sanggup memberikan magnifikasi lebih besar jika dibandingkan dengan lensa zoom di Extension Tube. Tak sampai di situ saja, harga close up filter lensa yang murah dari Extension Tubes juga menjadi salah satu kelebihan filter close up untuk foto makro.

Close Up Filter Sampel Picture

Nah, sampai di sini, setelah kita tahu filter close up untuk foto makro, baik dari cara kerjanya, jenisnya, sampai pada kelebihannya, tentu kawan sudah memiliki gambaran sendiri terkait filter yang satu ini. Di samping itu, dengan kita memahami istilah filter close up tersebut maka pemotretan untuk foto makro pun akan menjadi lebih berkualitas. Demikian ulasan mengenai filter close up untuk foto makro yang telah DIYKamera jelaskan di atas. Sekian dan sampai jumpa.