Memahami Mode Eksposur Auto, P, S, A, M Pada Kamera

Memahami Mode Eksposur Auto, P, S, A, M Pada Kamera – Siapa sangka, ternyata seorang yang berniat serius menggeluti dunia fotografi, harus memahami mode eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera. Bukan tanpa alasan mengingat hampir pada setiap kamera digital, DSLR, atau Mirrorless maupun kamera saku (yang agak canggih), selalu tersedia roda di bagian atas kamera di mana kita bisa memilih mode operasi kamera. Selain itu, nantinya juga akan ditawarkan beberapa pilihan seperti ini: Auto, P, S (Tv), A (Av), M dan Scene. Dengan kata lain, untuk membentuk sebuah eksposur maka perlu menerapkan 3 pengaturan elemen di atas. Lalu, sebenarnya apa sih hal yang perlu diketahui dalam memahami mode eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera itu?

Memahami Mode Eksposur Auto, P, S, A, M Pada Kamera

Sebelumnya, memahami mode Eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera merupakan salah satu elemen yang umumnya ada pada kamera DSLR. Selain itu, bersandingan dengan beberapa elemen tersebut, ada juga mode pemotretan khusus, seperti Potrait, Landscape, Close Up, Sports, Fire-Works, Panorama. Sekilas memang tampak begitu rumit namun siapa sangka ternyata jika kita bisa mengenal beberapa mode eksposur tersebut, tentunya kita akan mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan yang kita harapkan. Nah, di bawah ini kita akan mengulas tentang memahami mode eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera. Yuk, kita simak bersama.

Menu Kamera DSLR Canon

Jenis-Jenis Mode Eksposure Pada Kamera

  1. Mode Auto

Untuk memahami mode eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera, tentunya bisa kita mulai dari mode auto. Dimana, Dalam mode ini, kamera akan berusaha menganalisis objek yang kita foto lalu menentukan semua setelan kamera. Selain itu, Dalam mode auto, kamera akan menentukan ukuran ISO, Shutter Speed, Aperture menggunakan alur kerja komputer yang ditentukan oleh pembuat kamera berdasarkan kondisi cahaya saat kita memencet shutter separuh (melakukan metering).

  1. Mode P

Selanjutnya, saat berada di Mode Program (P) kamera akan secara otomatis menentukan besar setelan shutter speed dan aperture. Meskipun begitu, kita bisa mengubah kombinasi aperture atau shutter speed. Cara untuk mengubah setelan yang sudah dipilih kamera adalah dengan memutar roda kendali kamera.

  1. Mode S

Berikutnya, memahami mode eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera juga perlu memahami mode S. Dimana, secara manual mengatur nilai shutter speed dan kamera secara otomatis akan memilih nilai aperture berdasarkan jumlah cahaya yang masuk melalui lensa.

  1. Mode A

Sementara itu di sisi lain, ada juga mode A. Mode yang satu ini merupakan setelah aperture secara manual dan kamera akan menentukan besar shutter speed sesuai jumlah cahaya yang masuk lensa. Dengan menggunakan mode ini, kita memiliki kontrol penuh atas depth of field (ruang tajam), karena kita bisa menurunkan atau menaikkan bukaan lensa dan membiarkan kamera yang menghitung shutter speed.

  1. Mode M

Nah, dalam memahami mode eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera, yang terakhir yaitu mode M atau manual. Sebagaimana dengan namanya, nantinya kita akan menentukan besar aperture dan shutter speed kamera secara manual sepenuhnya. Kamera hanya akan melakukan pengukuran cahaya dan memberi rekomendasi lewat skala metering, namun tidak akan melakukan apa-apa selain itu.

Menu Kamera DSLR Canon 700d

Dari ulasan terkait dengan memahami mode eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera tentu beberapa penjelasan di atas sudah memberikan setidaknya ringkasan yang cukup jelas. Sehingga, sobat tak perlu bingung lagi. Demikian memahami mode eksposur Auto, P, S, A, M pada kamera. Sekian dan terimakasih.