Mengenal Jenis – Jenis Lensa Kamera

Mengenal Jenis – Jenis Lensa Kamera – Umumnya, untuk menjadi seorang fotografer, tentu harus mengenal jenis-jenis lensa kamera. Bukan tanpa alasan mengingat lensa adalah salah satu dari dua komponen utama yang membentuk sebuah kamera, khususnya kamera DSLR. Yang pertama adalah body kamera sedangkan untuk yang ke dua adalah lensa kamera itu sendiri. Memang, Banyak dari kita seringkali kebingungan dalam memilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Selain memang beragam jenis lensa yang ada, juga karena harganya cukup mahal sehingga jangan sampai kita salah memilih. Nah, kali ini kita akan mengenal jenis-jenis lensa kamera.

Mengenal Jenis Jenis Lensa Kamera

Dalam kaitannya mengenal jenis-jenis lensa kamera, Pada umumnya lensa kamera DSLR terbagi menjadi dua jenis yaitu lensa zoom dan lensa prime yang disebut juga lensa fix. Masing-masing dari jenis lensa tersebut memiliki peruntukkan khusus dan sengaja didesain untuk keperluan tertentu. Tentu, sebagai seorang konsumen harus mengetahui kegunaan dari kedua jenis lensa di atas agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan fotografi kita. Terkait hal tersebut, tak perlu berlama-lama, yuk kita simak saja mengenal jenis-jenis lensa kamera pada segmen-segmen di bawah ini

Jenis Lensa Kamera Dslr Dan Hasilnya

Jenis-Jenis Lensa Kamera

  1. Lensa Zoom

Untuk mengenal jenis-jenis lensa kamera yang pertama yakni lensa zoom adalah lensa yang panjang fokal lensanya bisa diubah-ubah. salah satu lensa zoom yang paling terkenal mungkin sudah sobat miliki yaitu lensa kit. Kelebihan utama dari lensa zoom adalah fleksibilitas yang sobat bisa dapatkan dalam satu lensa. Dengan kata lain, para fotografer tak perlu gonta-ganti lensa lagi untuk bisa mendapatkan jarak fokal lensa yang diinginkan.

  1. Lensa Fix

Lensa fix sendiri merupakan lensa tetap. Di mana, jarak fokal lensa ini tak bisa diubah-ubah. Keuntungan utama dari lensa fix adalah kualitasnya secara rata-rata lebih baik daripada lensa zoom di rentang harga yang sama.

  1. Lensa Tele

Nah, dalam mengenal jenis-jenis lensa kamera, ada juga jenis lensa tele. Di mana, jenis lensa ini merupakan bagian dari lensa zoom yang memiliki focal length yang lebih panjang dari ukuran standar dan didesain khusus untuk memotret objek jarak jauh. Biasanya lensa ini digunakan untuk memotret di alam liar (wildlife photography) seperti memotret hewan dari kejauhan atau kegiatan olahraga.

  1. Lensa Wide

Sementara itu, jenis lensa wide sendiri merupakan salah satu jenis lensa zoom yang mana memiliki focal length yang pendek tetapi memiliki jangkauan yang jauh lebih lebar dari lensa tele. Oleh sebab itu lensa ini lebih dikhususkan untuk memotret pemandangan (landscape) agar bisa menjangkau banyak subjek.

Jenis Lensa Kamera Mirrorless

Di samping dua jenis umum terkait dengan mengenal jenis-jenis lensa kamera di atas, lensa DSLR juga dibagi lagi secara spesifik menjadi beberapa kategori berdasarkan sudut pandang (Angle of View) dan focal length dari lensa tersebut. Kategori lensa selalu disertakan dalam keterangan produk lensa yang dijual, sehingga ini akan mempermudah para pengguna memilih lensa yang tepat, sesuai dengan kebutuhan fotografi. Nah, sampai di sini dulu ulasan mengenai mengenal jenis-jenis lensa kamera. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa kawan.