Mengembalikan Foto Terhapus Dari Memory Card

Mengembalikan Foto Terhapus Dari Memory Card – Bagaimana ya cara untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card? Tentu, pertanyaan tersebut sering terlontar dan tak jarang menjadi salah satu masalah yang cukup menyulitkan, bahkan tak sedikit juga yang frustrasi. Bagaimana tidak? Ketika kawan sudah berhasil mengambil foto yang bagus namun tiba-tiba menghilang begitu saja dari memory card, tentu saja hal tersebut sangat menyebalkan bukan? Sehingga, wajar jika banyak yang mencari cara untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card. Nah, apakah kawan tahu penyebab foto terhapus dari memory card?

Mengembalikan Foto Terhapus Dari Memory Card

Sebelum kita jauh mengulas langkah-langkah cara untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card, perlu untuk kawan ketahui penyebab foto terhapus dari memory card. Pasalnya, selain tak sengaja terhapus, bisa jadi ada file corrupt, terjadinya kerusakan media penyimpanan, dan bisa jadi ada virus dalam memory card tersebut. Tentu saja, semua hal itu bisa saja muncul sebagai sebuah resiko yang berlaku buat teman-teman yang menyimpan foto-foto di penyimpanan eksternal melalui micro SD atau memory card. Setelah tahu beberapa penyebabnya, kini DIYKamera akan memberikan solusi untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card yang bisa kawan coba sendiri. Mari, kita simak langkah-langkahnya!

Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Mengembalikan Foto Terhapus Dari Memory Card

Berikut di bawah ini beberapa cara atau langkah terbaik yang bisa kawan lakukan untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card di mana dalam hal ini kita akan menggunakan bantuan aplikasi bernama EaseUS Data Recovery Wizard Free. Antara lain sebagai berikut :

  1. Langkah pertama untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card yakni kawan-kawan harus mempersiapkan laptop atau PC dan micro SD/memory card yang datanya akan dikembalikan.
  2. Jika semuanya sudah siap, download aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free. Teman-teman bisa mencarinya di Google. Jika sudah didownload, segera install aplikasi tersebut ke laptop atau PC yang kawan miliki.
  3. Berikutnya, tancapkan saja kartu SD atau memory card yang sudah dipersiapkan tadi. Tunggu sampai PC atau laptop membaca kartu SD tersebut.
  4. Selanjutnya, buka aplikasi EaseUS Recovery Wizard Free. Nantinya, teman-teman akan melihat pilihan lokasi drive. Pilih drive drive dari memory card lalu tekan saja pilihan Scan.
  5. Sampai tahapan cara dalam mengembalikan foto terhapus dari memory card ini, kawan-kawan harus bersabar. Tunggu beberapa saat mengingat aplikasi ini sedang mencari file yang hilang di dalam kartu SD. Lama proses scan tergantung dari banyaknya file yang tersimpan dalam kartu SD tersebut, semakin banyak maka akan memakan waktu yang cukup lama, jadi harus bersabar.
  6. Nah, apabila nantinya proses scanning selesai maka aplikasi tersebut akan menampilkan hasil Quick San dan Deep Scan. Dalam hal ini, artinya bahwa apabila data sudah ditemukan di kolom Quick Scan maka teman-teman pun tak perlu melihat hasil Deep Scan. Perlu untuk diketahui bahwa pilihan Deep Scan ini dimaksudkan jika memang data yang kawan cari tidak ada di kolom Quick Scan.
  7. Selain itu, sampai pada langkah ini nantinya foto milik kawan yang hilang dan berhasil ditemukan akan ditandai dengan icon yang bertuliskan D (Deleted). Sehingga, kawan hanya perlu mencentang pada folder maupun file yang hilang tersebut untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card tersebut.
  8. Melalui aplikasi ini, teman-teman juga bisa melihat preview dari file hilang yang ditemukan tersebut, cukup double klik saja dan preview nya bakal muncul. Bahkan, bisa juga pilih mode view di panel bawah, dan menampilkan preview mode.
  9. Selanjutnya, mengembalikan foto yang terhapus dari memory card bisa dilanjut dengan melihat previewnya. Cek, apakah semua foto yang hilang ada di dalam satu folder yang ditemukan dalam Quick Scan atau tidak. Jika tak ditemukan, maka kini saatnya kawan perlu melihat panel Deep Scan. Ketika memasuki panel Deep Scan dan ditemukan lagi file atau foto yang terhapus, maka centang saja beberapa foto yang hilang tersebut kemudian tekan Recovery.
  10. Setelah proses recovery selesai, kawan-kawan bisa langsung cek dan jika cara mengembalikan foto terhapus dari memory card tersebut berhasil, maka kawan akan menemukan data dan file yang hilang telah kembali.

Mengembalikan Foto Terhapus Di Micro SD

Nah, itulah tadi beberapa langkah yang perlu kawan lakukan untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card dengan menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, tampaknya proses pengembalian foto yang telah terhapus dari kartu SD menjadi lebih mudah dan tentunya aman. Selain itu, kini kawan-kawan tak perlu khawatir, jika hasil jepretan yang telah kawan dapatkan tiba-tiba menghilang. Karena dengan cara di atas kawan-kawan tidak hanya dapat mengatasinya namun juga mengetahui penyebabnya. Semoga, tips mengenai cara yang benar dalam mengembalikan foto terhapus dari memory card di atas bisa membantu kawan-kawan semua. Sampai jumpa.