Pekerjaan Apa yang Bisa Diambil dari Dunia Fotografi? Yuk Cek

Fotografi sejatinya adalah hobi yang asyik untuk digeluti. Salah satu seni di era moderen ini mampu mengabadikan segala momen yang ada di dunia, bahkan luar angkasa dengan sekali jepret.

Namun dibalik asyiknya dunia fotografi, ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Ya! Dengan hanya bermodal kamera dan peralatan pendukungnya sebenarnya anda bisa menghasilkan pekerjaan.

Pekerjaan Di Dunia Fotografi

Tentu ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan fotografer profesional, namun kali ini DIYKamera bekerjasama dengan Loker Jogja (lokerjogja.ID) yang merupakan platform yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan di Yogyakarta yang ciamik ingin berbagai informasi kece ini bagi siapapun yang ingin menghasilkan uang lewat dunia fotografi. Oh ya! Bagi yang ingin mencari pekerjaan juga bisa mengunjungi situs loker Jogja tersebut. Barangkali ada loker yang menyangkut dunia fotografi 😊

Profesi Fotografer

Jadi sebenarnya apa saja sih yang bisa dilakukan fotografer untuk menghasilkan uang dengan kameranya?

Nah menurut DIYKamera sebenarnya cukup beragam ya cara mendapatkan uang dari dunia fotografi. Coba kita bahas satu per satu:

  1. Menjadi Freelance Fotografer untuk Wedding dan Pre Wedding

Tahu ga sih sahabat DIYKamera, menikah adalah salah satu kewajiban yang ingin dicapai oleh hampir seluruh umat manusia. Nah dijaman yang serba digital ini, tanpa dokumentasi acara pernikahan tentunya acara pernikahan yang dilangsungkan oleh kedua pasangan serta keluarganya itu menjadi sia-sia. Ya, di era sekarang ini dokumentasi sangat penting untuk acara pernikahan, sehingga pekerjaan freelance untuk memotret manten pastinya menjamur permintaannya.

Bahkan sebenarnya jika anda sudah lama menggeluti dunia freelance fotografer untuk acara pernikahan maupun pre wedding, maka lambat laun anda akan memiliki studio sendiri dimana anda sudah mempunyai beberapa kru yang siap membantu anda 😀

  1. Menjadi Freelance Fotografer Spesialis Foto Produk

Saat ini perkembangan UKM di Indonesia cukup baik, hal ini menuntut banyak produk dalam negeri yang dikeluarkan oleh tangan-tangan kreatif. Nah untuk memasarkan produknya, tentunya dibutuhkan seorang yang ahli di bidang fotografi untuk memotret produk-produknya agar laris di pasaran. Nah ini kesempatan besar buat anda yang hoby dunia fotografi.

  1. Menjadi Fotografer Freelance untuk Foto Model, Dokumentasi, dan Wisuda

Nah pekerjaan freelance lainnya di dunia fotografi bisa diambil dengan memotret model, dokumentasi suatu acara, maupun wisuda yang sebenarnya merupakan acara sakral. Tanpa seorang fotografer profesional, maka tentunya segala bentuk acara yang perlu dokumentasi akan kurang bermakna karena tidak ada dokumentasi yang kece.

  1. Sebagai Jurnalis di Berbagai Media

Kita tahu bahwa Indonesia mempunyai banyak media yang tersebar baik itu media nasional maupun lokasi, serta online maupun offline. Nah ini sebenarnya kesempatan besar buat para penyuka fotografi, karena biasanya media membutuhkan fotografer profesional untuk menjadi jurnalis. Contohnya saja media National Geographic yang selalu menyajikan foto-foto keren kepada para pembacanya, nah dibaliknya pasti ada seorang jurnalis yang ahli dibidang potret memotret.

  1. Bekerja di Studio Fotografi

Saat ini studio fotografi sudah menjamur di berbagai kota di Indonesia. Kesempatan emas ini sebenarnya bisa kamu ambil dengan bekerja di studio fotografi. Selain kamu akan mendapatkan penghasilan, kamu tentunya juga akan mendapatkan pengalaman dan channel yang pastinya sangat dibutuhkan jika kamu ingin menaikkan karirmu selanjutnya.

  1. Membuat Usaha Sendiri di Bidang Fotografi

Jika kamu mempunyai passion untuk berwirausaha dan mendalami dunia fotografi, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menjadi enterpreneur di bidang fotografi. Seperti kamu bisa membuat studio sendiri dan merekrut orang-orang untuk menjalankan bisnis fotografimu.

Bagaimana cukup banyak bukan pekerjaan yang sebenarnya bisa menjadi ladang uang di dunia fotografi? DIYKamera yakin sebenarnya masih cukup banyak pekerjaan yang bisa didapatkan dari bidang fotografi. Namun disini DIYKamera hanya memberikan gambaran umum saja bagaimana sih saat ini pekembangan profesi di dunia fotografi, agar dapat menjadi inspirasimu untuk mengembangkan karir di dunia fotografi.

Yuk terus memotret dan asah skill anda di dunia fotografi, barangkali anda akan memiliki penghasilan cukup banyak dari dunia jepret menjepret, hehe.