Tips Foto Light Trail atau Jejak Lampu

Tips Foto Light Trail atau Jejak Lampu – Mungkin teman-teman pecinta fotografi pemula banyak yang belum mengetahui tips foto light trail atau jejak lampu. Perlu diketahui, foto light trail atau disebut juga dengan foto jejak lampu termasuk dalam jenis fotografi jalanan. Sebab fotografi ini banyak dilakukan di jalanan karena mengumpulkan rangkaian cahaya membentuk garis warna-warni. Pada umumnya, fotografer pemula akan mencari lokasi pada lokasi jalan yang padat. Namun, kadang kala banyak juga yang belum bisa melakukan teknik ini sehingga butuh kesabaran dan latihan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Untuk itu, tips foto light trail atau jejak lampu memang cukup penting untuk diketahui bagi kawan-kawan yang berniat untuk menciptakan foto light trail ini.

Tips Foto Light Trail Atau Jejak Lampu

Nah, pada kesempatan kali ini DIYKamera akan sedikit mengulas dan memberikan tips foto light trail atau jejak lampu agar menghasilkan gambar yang sempurna. Sebelum melakukan foto light trail alangkah baiknya kamu menyiapkan beberapa perlengkapan agar saat memotret tidak mengalami kesalahan. Sebab untuk mendapatkan hasil foto light trail juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit apabila kamu masih awam mengenai teknik ini. Nah, untuk lebih lengkapnya mari kita simak ulasan tips foto light trail atau jejak lampu di bawah ini.

Tips Foto Jejak Lampu

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Foto Light Trail

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam foto light trail sebelum mempraktekan tips foto light trail atau jejak lampu. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

  1. Perspektif

Perspektif menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam foto light trail karena hal ini sangat menentukan hasil yang menarik perhatian, karena angle bisa saja tidak menarik jika dilakukan dengan asal-asalan. Untuk tips foto light trail atau jejak lampu sebaiknya kamu mengambil gambar dari jalanan yang berkelok sehingga hasilnya tidak terkesan lurus dan membosankan. Ini adalah salah satu langkah yang bisa kamu lakukan jika menginginkan hasil yang berbeda, atau kamu bisa mengambil dari atas gedung sehingga hasilnya bisa terlihat lebih optimal.

  1. Lokasi

Lokasi juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam foto light trail. Pasalnya, hal ini hampir sama dengan perspektif karena lokasi sangat mempengaruhi perspektif kamu. Jadi, sebelum memutuskan untuk mengambil gambar sebaiknya untuk memperhatikan lokasi pengambilan gambar karena lokasi bisa menentukan hasil gambar yang menakjubkan.

  1. Waktu

Tips foto light trail atau jejak lampu yang harus diperhatikan selanjutnya adalah waktu. Bukan tanpa alasan waktu menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam foto light trail, karena foto light trail hanya bisa dilakukan saat waktu malam hari. Kamu tidak bisa mendapatkan gambar ketika siang, pagi atau sore hari karena inti dari foto light trail adalah cahaya. Maka dari itu, sebelum memotret kamu harus mensetting kamera kamu agar tidak noise ketika digunakan untuk memotret ketika malam hari.

  1. Komposisi

Komposisi menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam foto light trail karena bisa dikatakan hal ini merupakan perpaduan dari perspektif dan lokasi. Bahkan komposisi tidak hanya harus diperhatikan pada tips foto light trail atau jejak lampu melainkan juga untuk teknik foto lainnya. Sehingga kamu harus menentukan komposisi atau framing foto light trail.

Tips Memotret Light Trail

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam foto light trail di atas maka kamu sudah siap untuk mengambil gambar foto light trail. Prinsip-prinsip di atas akan membantu kamu untuk mendapatkan gambar yang menarik sehingga tidak terkesan monoton. Selanjutnya, DIYKamera akan menguraikan beberapa tips foto light trail atau jejak lampu secara lengkap.

Tips Foto Light Trail Atau Jejak Lampu

Salah satu tips foto light trail atau jejak lampu yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur shutter speed antara 10 hingga 20 detik karena bentangan waktu tersebut akan memberikan waktu kendaraan bisa masuk ke komposisi kamera. Gunakan aperture f/8. kembali lagi jika kamu menggunakan aperture tersebut menghasilkan overexposure maka kamu bisa mengecilkan aperturenya dan begitu sebaliknya. Untuk lebih jelasnya, mari simak uraian tips foto light trail atau jejak lampu di bawah ini:

  1. Histogram

Tips foto light trail atau jejak lampu yang perlu diperhatikan pertama adalah histogram. Biasanya untuk lokasi untuk memotret light trail akan dipenuhi cahaya dari beberapa sisi sehingga gambar bisa wah out atau terlalu terang. Permasalahan dari cahaya yang terlalu terang adalah bisa mengakibatkan distraction bagi gambar sehingga akan menghasilkan gambar overexposure. Cara mengatasainya adalah menggunakan Histogram jika ada area di dalam foto yang terlalu terang.

  1. Terapkan ISO rendah

ISO rendah menjadi salah satu tips foto light trail atau jejak lampu karena waktu pengambilan adalah malam hari sehingga diharapkan sekitar lokasi gelap dan hanya terfokus pada lampu kendaraan yang bergerak. Selain itu, jika menggunakan ISO rendah maka akan meminimalisir noise.

  1. Gunakan Format RAW

Format RAW juga menjadi salah satu hal dari tips foto light trail atau jejak lampu yang perlu diperhatikan. Pasalnya dengan menggunakan format RAW akan memungkinkan untuk pengeditan terutama untuk editing white balance. Sebab memotret kota di malam hari akan menemukan banyak cahaya.

  1. Manual Fokus

Yang tidak kalah penting pada tips foto light trail atau jejak lampu ini adalah pengaturan dengan manual fokus karena memotret trail light trail membutuhkan waktu. Biasanya untuk mendapatkan gambar untuk teknik trail light dengan mode manual focus akan mengalami kesulitan jika menggunakan tangan, maka kamu bisa memanfaatkan tripod dan remote sehingga kamu hanya menunggu timing yang pas dan tinggal mengambil gambar.

Tips Memotret Jejak Lampu

Nah, demikian beberapa tips foto light trail atau jejak lampu yang penting untuk diperhatikan untuk dapat menghasilkan gambar light trail yang sempurna dan menawan. Seperti yang sudah disampaikan di atas, selain tips tersebut ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemotretan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kawan-kawan dapat melakukan pengambilan gambar kight trail dengan baik. Semoga ulasan mengenai tips foto light trail atau jejak lampu ini dapat bermanfaat bagi kawan-kawan. Sampai jumpa!!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps