Cara Membuat Lighting Sederhana dan Murah

Cara Membuat Lighting SederhanaLighting atau pencahayaan menjadi hal yang cukup penting di dunia fotografi. Bagi fotografer pemula, cara membuat lighting sederhana sepertinya dapat dijadikan sebuah solusi untuk dapat mendapatkan foto layaknya fotografer profesional. Pasalnya, seperti yang kita ketahui bersama, untuk mendapatkan lighting yang sempurna layaknya fotografer profesional memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena mahalnya peralatan. Namun, sebagai fotografi pemula kamu dapat menggunakan cara membuat lighting sederhana dan tidak perlu membeli peralatan lighting mahal layaknya pencahayaan di sebuah studio foto.

Cara Membuat Lighting Sederhana

Meski pencahayaan merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan hasil foto yang sempurna, namun dengan cara membuat lighting sederhana, biaya peralatan lighting yang mahal dapat disiasati sedemikian rupa. Meskipun murah meriah, lighting sederhana juga tetap menjamin kamu untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna. Untuk itu, kali ini DIYKamera akan memberikan beberapa cara membuat lighting sederhana tanpa perlu merogoh kocek yang dalam.

Cara Membuat Lighting Fotografi Sederhana

Bahan-Bahan Membuat Lighting Sederhana

Sebelum memulai cara membuat lighting sederhana ada beberapa bahan-bahan membuat lighting sederhana yang harus kamu siapkan antara lain yaitu:

  1. Bahan-bahan membuat lighting sederhana yang perlu kamu persiapkan adalah lampu spiral yang disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya lampu spiral kapasitas 40 Watt
  2. Kabel yang sudah lengkap dengan colokannya, panjang kabel minimum 5m
  3. Selain itu, bahan-bahan membuat lighting sederhana lain yang juga perlu dipersiapkan adalah pipa besi dibagi menjadi dua bagian, yang satu lebih besar dan satunya lagi lebih kecil.
  4. Payung lampu taman berukuran paling besar yang terbuat dari Seng
  5. Baut dan mur 10 biji juga menjadi bahan-bahan membuat lighting sederhana yang perlu dipersiapkan.

Setelah mempersiapkan bahan-bahan membuat lighting sederhana kamu dapat pergi ke tukang las untuk membuatkan stand lampu. Biaya yang dikeluarkan untuk cara membuat lighting sederhana tersebut berkisar antara Rp. 150 ribu hingga Rp. 200 ribu rupiah, tergantung tukang las pada tempat masing-masing. Untuk saringan cahayanya, kamu dapat menggunakan kertas buku gambar atau kresek putih yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Langkah sederhana lainnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menggunakan lampu neon. Lampu neon ini cukup hemat energi dan pencahayaannya cukup terang sehingga hasil lighting dari lampu neon ini lumayan bagus.

Cara Membuat Lighting Sederhana

Cara membuat lighting sederhana dengan lampu neon adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan
  • Gunakanlah loyang adonan roti yang berbentuk persegi panjang yang bertujuan untuk menempatkan fiting lampu. Dengan warna silver pada loyang tersebut, maka dapat menimbulkan bias cahaya.
  • Cara membuat lighting sederhana yang kedua adalah gunakanlah nampan kecil untuk menanamkan kabel-kabel dan juga tempat saklar.
  • Pilihlah jenis fitting lampu yang sesuai dengan ukuran loyang yang kamu gunakan.
  • Pilihlah saklar enam kaki. Sebenarnya tidak harus saklar enam kaki karena kamu dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhanmu. Jika menggunakan saklar enam kaki maka dapat membuat variasi ketika saklar kanan 5 lampu bisa menyala dan saklar kiri 3 lampu menyala.
  • Cara membuat lighting sederhana yang selanjutnya adalah gunakanlah besi pelat kecil yang berfungsi sebagai tempat penyangga ke tripod atau lightstand. Kamu dapat mencari pelat besi yang harganya murah.
  • Gunakan pula kabel, colokan listrik, lubang kabel, dan baut kecil seperlunya.
  1. Buat tempat fitting lampu
  • Cara membuat lighting sederhana dalam langkah ini pertama-tama lubangi terlebih dahulu loyang roti menggunakan mata bor yang besar. Ukuran lubangnya sesuaikan dengan fitting lampu.
  • Setelah loyang dilubangi, pasanglah fitting lampu pada loyang tersebut.
  • Selanjutnya lubangilah nampan plastik di bagian tengahnya dengan menggunakan cutter, pisau, atau benda tajam lainnya.
  • Setelah dilubangi, cara membuat lighting sederhana selanjutnya adalah pasang nampan plastik di belakang loyang roti dengan menggunakan baut-baut kecil dan pasangilah lubang kabel dan saklarnya.
  1. Rakit listrik

Ketika semuanya sudah terpasang, cara membuat lighting sederhana yang selanjutnya dapat dilakukan adalah kamu dapat merakit kelistrikan. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman dasar kelistrikan agar tidak terjadi konsleting. Setelah semuanya terpasang, jangan lupa untuk mengetes terlebih dahulu agar tidak konslet dan tidak nge-ground. Jika semua sudah beres, lanjut ke tahap berikutnya.

  1. Memasang Penyangga Tripod / Lightstand

Setelah semuanya dirasa aman, cara membuat lighting sederhana yang terakhir adalah memasang pelat besi yang akan digunakan untuk kebutuhan tilt up dan tilt down lampu. Selain itu juga berfungsi juga untuk menyangga lampu ketika digunakan untuk memasang tripod atau lightstand. Setelah selesai, kemudian pasang bohlam dan lighting sederhana pun siap untuk digunakan.

Cara Membuat Lighting Film Sederhana

Dengan cara membuat lighting sederhana tersebut, kawan-kawan dapat memiliki lighting ala fotografer profesional tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Kawan hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana dan tentunya kemauan untuk merakitnya saja. Meskipun murah, namun jika kawan-kawan melakukan cara membuat lighting sederhana dengan benar, hasil dari lighting tersebut tidak kalah dari lighting profesional. Nah, selamat mencoba kawan!!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps