Tips Foto Refleksi yang Bagus dan Menarik

Tips Foto Refleksi – Mengetahui tips foto refleksi sepertinya menjadi hal yang patut untuk sobat coba. Bukan tanpa sebab mengingat teknik fotografi yang satu ini terbilang merupakan teknik yang cukup menarik untuk kawan coba. Pasalnya, refleksi atau teknik foto pantulan di sini lebih terfokus pada bagaimana kita membidik sebuah obyek gambar untuk mendapatkan 3 dimensi sekaligus. Dengan kata lain, tips foto refleksi yang DIYKamera maksud di sini lebih kepada bagaimana kita mengambil foto refleksi melalui pantulan dari air maupun cermin. Sehingga, bayangan obyek foto menjadi tampak terlihat memiliki dimensi yang lebih luas. Di samping itu, teknik yang satu ini pun juga patut untuk dijadikan media latihan bagi sobat terkait dengan bagaimana menerapkan tips foto refleksi yang benar untuk mendapatkan hasil memuaskan.

Tips Foto Refleksi

Nah, kaitannya dengan tips foto refleksi, seperti yang sudah DIYKamera sebutkan di atas bahwa ada beberapa media refleksi foto yang umumnya berada di lingkungan kita. Sebut saja seperti air atau cermin. Nah, dari beberapa pantulan yang dihasilkan kedua benda tersebut maka foto 3 dimensi pun akan mudah kita dapatkan. Namun, dalam tips foto refleksi ini, tampaknya akan lebih bagus jika obyek foto kita adalah alam sehingga akan terkesan lebih natural. Di sisi lain, dalam menerapkan teknik yang satu ini, tentu kita harus cermat-cermat dalam memandang lingkungan sekitar dari obyek foto. Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana mendapatkan foto refleksi yang sempurna, berikut DIYKamera akan jelaskan beberapa tips foto refleksi yang bisa teman-teman coba sendiri di rumah. Yuk, kita simak bersama.

Tips Fotografi Refleksi

Tips Foto Refleksi

Bagi teman-teman yang ingin tahu tips foto refleksi yang benar, berikut beberapa langkah yang bisa sobat terapkan. Antara lain sebagai berikut :

  1. Atur Depth of Field, Fokus, dan Sudut Cahaya

Hal pertama yang harus kawan perhatikan dalam menerapkan tips foto refleksi yaitu dengan mengatur Depth of Field, focus kamera, dan sudut cahaya. Berhubungan dengan depth of field, cobalah gunakan angka f/ tinggi sekitar f/11 atau lebih untuk membantu menyeimbangkan objek sehingga mata melihatnya lebih dekat dengan refleksinya dan mendukung efek pantulan untuk muncul. Sedangkan, Fokus sangat bergantung pada jarak antara objek dengan pantulannya. Pertama, cobalah fokus pada objek, lalu pada refleksinya. Ini akan membuat hasil yang sedikit berbeda tergantung pada seberapa banyak perhatian yang sobat inginkan untuk refleksinya.

  1. Pastikan Obyek Foto Terefleksi

Salah satu hal yang patut untuk dilakukan dalam tips foto refleksi ini yaitu dengan memastikan bahwa obyek foto yang akan dibidik terefleksi dengan baik. Maksudnya, dari sisi pantulan dari obyek foto ke air atau cermin harus dalam keadaan tenang agar memberikan nuansa ketenangan. Dalam hal ini, sobat harus fokus pada lingkungan sekitar sebelum membidik atau mengambil gambar dari obyek foto. Apakah ada angin berhembus atau ada benda lain yang menggerakkan air atau tidak. Sementara jika di cermin, pastikan cermin dalam keadaan bersih dan obyek foto tampak jelas terpantul dari cermin tersebut.

  1. Berikan Garis pemisah yang Simetris

Maksudnya, garis pemisah yang simetris di sini lebih kepada bagaimana kita memanfaatkan sedikit gerakan. Misalnya, Dengan memanfaatkan genangan air yang terpotong sehingga objek yang terefleksi bisa lebih bervariasi atau memanfaatkan pergerakan air yang dapat membuat foto berkesan abstrak misalnya. Tentu, untuk mencoba tips foto refleksi yang satu ini perlu dilakukan latihan berulang untuk mendapatkan hasil foto yang memukau.

  1. Gunakan Teknik Slow Speed

Nah, menginjak pada tips foto refleksi terakhir, salah satu aspek yang perlu dilakukan yaitu pengandalan teknik slow speed. Dengan kata lain, sobat bisa menggunakan hutter speed lebih lambat dari biasanya, yaitu di atas dua detik yang berguna untuk memuluskan permukaan air. Lalu, gunakan angka f/ tinggi atau sekitar f/11 atau lebih, karena akan membantu menyeimbangkan objek sehingga mata melihatnya lebih dekat dengan refleksinya dan mendukung efek pantulan agar muncul.

Tips Foto Refleksi Air

Nah, dari beberapa tips foto refleksi di atas, beberapa langkah tersebut setidaknya bisa kawan terapkan dan coba sendiri. Memang, meski tampak sepele namun teknik fotografi refleksi yang satu ini terbilang cukup sulit. Apalagi, jika media refleksinya tak sesuai dengan yang kita inginkan. Maka, untuk menerapkan cara ini, kita harus berusaha menyesuaikan media refleksi alam dan obyek foto yang akan kita bidik. Semoga tips foto refleksi yang DIYKamera jelaskan di atas semakin menambah pengetahuan sobat mengenai teknik fotografi. Selamat mencoba sobat.