Tips Membuat Foto Grup

Tips Membuat Foto Grup – Salah satu tips yang perlu kamu ketahui dalam dunia fotografi adalah tips membuat foto grup. Bukan tanpa alasan, mengingat fotografi memiliki banyak teknik sehingga kamu harus benar-benar mengenali sasaran yang ingin kamu bidik. Foto grup sendiri biasanya memang dilakukan di dalam studio foto yang telah menyiapkan berbagai perlengkapan pendukung. Di mana, dengan berbagai perlengkapan pendukung tersebut akan semakin menambah menarik dari foto tersebut. Lantas apa saja tips membuat foto grup yang perlu diperhatikan?

Tips Membuat Foto Grup

Meskipun kerap dilakukan di dalam studio, tips membuat foto grup sebenarnya juga bisa dilakukan diluar ruangan. Namun, untuk luar ruangan maka kamu harus pintar-pintar menentukan tempat dan angle yang pas karena kendala yang dihadapi tidak sama ketika di dalam ruangan. Mungkin kalau di dalam ruangan kita akan lebih mudah untuk menentukan lighting, background dan semacamnya namun berbeda dengan luar ruangan. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tips membuat foto grup, mari kita simak ulasan lengkapnya.

Contoh Foto Grup

Cara Membuat Foto Grup

Berikut beberapa teknik membuat foto grup di studio maupun di luar ruangan yang perlu kamu ketahui:

  1. Siapkan Perlengkapan Foto

Langkah pertama dari tips membuat foto grup ini yang sangat penting adalah mempersiapkan perlengkapan. Hal ini karena perlengkapan foto yang lengkap juga akan menentukan hasil. Perlengkapan foto yang perlu kamu persiapkan selain kamera diantaranya adalah tripod, flash, lensa serta mempersiapkan lokasi yang akan menjadi background foto. Sebelum melakukan pemotretan sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu agar exposure pas sehingga gambar tetap menarik. Uji coba ini sangat penting terlebih jika dilakukan di outdoor.

  1. Arahkan Orang-orang Agar Menjadi Satu Frame

Bagi fotografer studio foto mungkin hal ini cukup mudah dilakukan namun ternyata cara membuat foto grup yang satu ini cukup sulit dilakukan oleh fotografer pemula. Untuk pemula maka kamu harus belajar untuk menjadi seorang pemimpin. Kamu dituntut untuk menjadikan beberapa jumlah orang satu frame dengan pose/gaya yang pas sehingga hasil gambar pun akan lebih menarik. Untuk mengatur orang yang banyak, sebaiknya kamu memotret dari atas kursi dan lantangkan suara kamu sehingga mereka mendengar apa yang kamu perintahkan.

  1. Perhatikan Komposisi Foto

Sebelum mengumpulkan orang untuk difoto, sebaiknya tips membuat foto grup yang harus dilakukan adalah kamu menentukan tempat yang pas agar hasilnya tidak terlalu penuh dan ramai. Aturlah orang sesuai dengan tinggi badan, untuk orang yang memiliki badan yang tinggi sebaiknya diletakkan di belakang begitu pula sebaliknya. Atau orang yang tinggi di bagian paling luar kemudian dilanjutkan dengan tingginya paling rendah. Atur orang-orang tersebut berdekatan atau dibuat setengah miring ke depan agar tidak ada celah ketika difoto.

  1. Cari Batuan Orang

Untuk memotret grup atau orang banyak kamu bisa meminta bantuan ke orang lain sebagai salah cara membuat foto grup, orang yang dirasa sangat mudah untuk mengatur grup tersebut. Misalkan untuk acara pernikahan, maka kamu bisa meminta bantuan kepada MC agar bisa memanggil orang agar segera berkumpul.

  1. Atur Lighting

Nah, ini yang cukup penting ketika pengambilan gambar bahkan dilakukan untuk setiap teknik fotografi. Untuk indoor, mungkin kita bisa mengatur lighting dengan satu aturan saja karena tidak dipengaruhi faktor lain. Tips membuat foto grup di dalam ruangan yang perlu kamu butuhkan adalah flash eksternal dan arahkan kepalanya ke atas langit-langit. Sedangkan untuk outdoor, kamu perlu mengatur cahaya dengan benar-benar karena pengaruh matahari sangat penting. Kalau tidak disesuaikan maka hasil bisa over exposure atau under exposure.

  1. Atur Jarak Kamera dengan Subjek

Sebaiknya, dalam tips membuat foto grup ini atur kamera lebih dekat dengan subjek. Apabila lokasi pemotretan sudah cukup baik, maka kamu bisa menggunakan fokal lensa minimal 30-50 mm yang bertujuan untuk mengurangi distorsi atau perubahan bentuk ketika pengambilan gambar.

Teknik Foto Grup

Demikian beberapa cara membuat foto grup yang dapat kamu praktekan ketika akan mengambil gambar bersama orang-orang terdekat. Seperti yang sudah disampaikan di atas, beberapa tips tersebut dapat kamu gunakan baik di dalam studio maupun di luar ruangan. Yang jelas, jika kamu menerapkan tips membuat foto grup di atas dengan baik tentu gambar yang dihasilkan pun tidak akan mengecewakan.