Tips Memulai Belajar Fotografi dengan Kamera DSLR

Tips Memulai Belajar Fotografi dengan Kamera DSLR – Bagi fotografer pemula, pastinya bertanya-tanya tentang tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR. Tentu saja bagi DIYKamera pertanyaan tersebut wajar terlontar bagi setiap para calon fotografer yang masih pemula. Namun, jangan khawatir sebab pembelajaran mengenai teknik fotografi yang benar dengan menggunakan kamera DSLR sebenarnya cukup mudah diterapkan. Sehingga, tak ada alasan lain untuk tak belajar dalam menggeluti di dunia fotografi. Lalu, apa saja sih tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR itu?

Tips Memulai Belajar Fotografi Dengan Kamera DSLR

Memang, tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR yang tepat dan benar merupakan dasar yang penting ketika belajar Fotografi. Akan tetapi, bagi pemula biasanya masih bingung bagaimana mengoperasikan kamera DSLR yang mungkin baru dibelinya. Tentu saja, hal tersebut merupakan suatu hal yang lumrah. Namun, tak berarti sobat berhenti sampai di situ saja. Kawan-kawan yang masih awam dan ingin mengenal jauh tentang dunia fotografi, harus tahu dasar teknik fotografi. Nah, maka dari itu kali ini DIYKamera akan menjelaskan tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR yang akan disajikan pada segmen-segmen di bawah ini!

Teknik Dasar Fotografi

Tips Memulai Belajar Fotografi dengan Kamera DSLR

Berikut di bawah ini tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR yang patut untuk kawan coba. Antara lain sebagai berikut :

  1. Langkah pertama bagi pemula dalam menerapkan tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR yaitu dengan mengenal kamera yang baru saja sobat beli. Untuk mengenal lebih jauh tentang kamera, kawan-kawan bisa melihat buku manual yang umumnya sepaket saat membeli kamera. Selain itu, sobat juga bisa berkonsultasi dengan beberapa fotografer kenalan yang cukup profesional.
  2. Aktifkan dan andalkan selalu mode manual fokus sebagai salah satu tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR. Memang, secara umum Mode auto pada kamera DSLR seringkali menjadi pilihan favorit karena mudah dan cepat hanya saja hal ini tidak memberikan kepuasan kreatifitas.
  3. Di samping itu, atur ISO Aperture, dan Shutter Speed sesuai dengan selera. Langkah ini sedikit sulit untuk pemula maka kawan-kawan mungkin bisa mempelajarinya melalui buku panduan produk bawaan saat membeli kamera.
  4. Di sisi lain, salah satu tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR yaitu selalu konsisten menggunakan lensa kit atau lensa standar bawaan kamera. Pasalnya, dengan lensa standar ini maka teman-teman justru akan lebih banyak bagaimana mengembangkan kreativitas fotografi tanpa bantuan lensa lain yang notabene memiliki kemampuan lebih dibanding lensa standar. Tentu saja, langkah ini merupakan salah satu aspek penting sebagai tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR, khususnya bagi pemula.
  5. Di samping itu, untuk mengembangkan kemampuan fotografi maka selalu untuk berlatih memotret obyek apapun dan sesering mungkin. Upaya ini dimaksudkan agar kita lebih terlatih dalam mengoperasikan kamera yang kita gunakan. Bahkan, jika langkah ini dilakukan secara konsisten maka secara tak langsung kita akan terbiasa dengan kamera kita sendiri.
  6. Nah, salah satu tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR yaitu selalu belajar teori dan teknik dasar. Sobat bisa mencarinya di internet atau bertanya kepada orang yang sudah ahli dalam urusan fotografi untuk menajamkan insting sobat dalam soal bidik membidik foto.

Belajar Kamera Dslr Canon

Jika melihat beberapa tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR di atas, tampaknya hal yang cukup sulit yaitu terletak pada pengaturan ISO, Aperture, dan Shutter Speed. Pasalnya, kawan-kawan harus paham setting ketiga pengaturan tersebut untuk mendapatkan hasil bidikan yang lebih maksimal. Namun, setidaknya dengan penjelasan mengenai tips memulai belajar fotografi dengan kamera DSLR di atas bisa menjadi salah satu patokan kawan dalam proses belajar fotografi.