Cara Memotret Produk Agar Terlihat Menarik

Cara Memotret Produk – Memotret sebuah produk memerlukan teknik fotografi yang bagus agar menghasilkan foto yang komersil. Banyak cara memotret produk yang bisa Anda pelajari. Dalam melakukan sesi pemotretan produk, Anda wajib mengetahui jenis dan fungsi produk sehingga Anda bisa menentukan konsep foto yang cocok dengan produk tersebut. Banyak orang yang mencari cara memotret foto produk yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan komersil sehingga harus mempunyai aspek komersialitas yang tinggi. Karena produk tersebut pastinya akan dijual dan salah satu media pemasarannya menggunakan foto. Kalau foto produk yang dihasilkan bagus, maka bisa menarik banyak konsumen untuk membeli produk tersebut. Nah disini DIYKamera ingin membagikan tips cara memotret produk dengan benar, agar foto yang dihasilkan bisa mengundang minat masyarakat untuk membeli produk tersebut.

Cara Memotret Produk

Cara Memotret Foto Produk

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan dalam cara memotret produk ini adalah pastikan cek kelengkapan kamera dan peralatan fotografi yang akan digunakan. Gunakan kamera tercanggih seperti kamera DSLR atau kamera mirorless. Jika konsep sudah jadi, maka Anda harus melakukan setting lokasi pemotretan agar foto produk yang dihasilkan bagus. Dalam cara memotret foto produk ini, cobalah menjadi spot yang bagus agar bisa mendapatkan sudut pandang foto yang menarik. Jika produk yang digunakan berupa barang yang bisa dipakai misalnya pakaian. Anda bisa menggunakan model untuk mendukung produk. Setting kamera yang pas agar dihasilkan foto yang detail dan bagus. namun jika produk yang difoto berupa barang  selain pakaian dan barang lain yang bisa dipakai, Anda bisa membuat studio mini untuk memudahkan cara memotret produk sehingga dihasilkan hasil foto produk yang bagus.

Cara Memotret Foto Produk

Berbicara mengenai studio mini, banyak fotografer spesialis produk dan advertising yang biasa menggunakan cara memotret produk menggunakan peralatan fotografi yang sederhana. Dengan menggunakan background yang sederhana serta lighting yang pas, Anda bisa mendapatkan foto produk sesuai dengan konsep. Dalam cara memotret foto produk ini mengutak-atik pengaturan kamera serta lighting menjadi suatu keharusan agar memperoleh foto yang diinginkan. Foto produk yang baik adalah foto yang bercerita mengenai spesifikasi serta fungsi produk tersebut. Fokuskan foto pada objek foto dan hindari menggunakan background atau properti yang terlalu dominan. Sebaiknya gunakan background polos satu warna agar lighting yang dihasilkan rata serta fokus foto akan tertuju pada produk. Bagaimana cukup jelas kan cara memotret produk yang DIYKamera sampaikan?

Cara Memotret Produk Dengan Bagus

Selain itu dalam cara memotret produk ini yang perlu diperhatikan adalah pengaturan kamera yang tepat. Untuk pengaturan kamera, setting kamera sebaik mungkin sehingga mampu menghasilkan foto yang terang tidak gelap. Setting kamera berkaitan dengan pengaturan ISO, aperture, serta shutter speed. Jika konsep foto yang akan Anda hasilkan lebih fokus pada produk, maka dalam cara memotret foto produk ini anda lebih baik menggunakan bukaan lensa yang besar agar ruang ketajaman menyempit pada produk tersebut. Pengaturan shutter speed pada kecepatan yang lumayan tinggi agar foto tidak over serta Anda bisa menyetting ISO pada mode Auto. Lighting tambahan digunakan agar foto yang dihasikan lebih hidup dan ada kesan 3 dimensi. Dengan mempelajari cara memotret produk yang benar makan akan memudahkan Anda mendapatkan foto sesuai dengan konsep yang Anda inginkan.

Salah satu ciri foto produk yang menarik adalah mengandung tema. Hal ini tentunya sangat bergantung dengan produk yang Anda potret. Tema hampir sama dengan konsep, dalam cara memotret produk ini Anda perlu menyiapkan properti, komposisi warna yang pas, background, dan lain-lain. Setelah itu Anda bisa bereksplorasi dengan pengambilan gambar dan spot mana yang bagus. Cara memotret foto produk tidak harus dilakukan didalam ruangan, Anda juga bisa melakukan pemotretan di luar ruangan. Manfaatkan objek yang ada disekitar lokasi foto untuk menambah kesan estetika  pada foto produk yang akan Anda potret. Jadi memotret produk ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Hal terpenting adalah tema dan konsep yang mendukung produk. Yang kedua adalah lokasi yang tepat untuk pemotretan, Anda bisa mengatur sendiri lokasi atau bisa juga menyewa. Lokasi bisa dilakuan didalam atau diluar ruangan. Gunakan kamera yang canggih yang bisa menghasilkan foto dengan resolusi besar, hal ini untuk tujuan kedepan foto apakan akan digunakan untuk iklan yang membutuhkan foto dengan kualitas bagus. setting kamera secara pas dan Anda bisa menggunakan bantuan lighting tambahan untuk mendukung pemotretan produk. Bereksplorasi dengan kreatifitas yang Anda miliki agar Anda bisa menghasilkan foto produk yang bagus dan memiliki nilai komersialitas yang tinggi. Nah itulah tips cara memotret produk yang bisa DIYKamera sampaikan, sampai jumpa!