Cara Setting Kamera DSLR untuk Outdoor yang Benar

Setting Kamera DSLR untuk Outdoor – Sebagai seorang fotografer, tentu wajib hukumnya mengetahui cara setting kamera DSLR untuk outdoor. Pasalnya, aktivitas fotografi akhir-akhir ini memang populer di kalangan anak muda, jadi wajar saja jika banyak spot foto yang menjadi sasaran anak muda sebagai latar pengambilan foto. Nah, salah satu fotografi yang bagus adalah fotografi outdoor. Teknik ini banyak orang lakukan karena gambar yang dihasilkan terlihat natural. Namun demikian, jika tidak mengetahui cara setting yang benar, tentu hasil foto akan kurang maksimal. Nah, lantas bagaimana sih cara setting kamera DSLR untuk outdoor yang benar?

Setting Kamera DSLR Untuk Outdoor

Tidak usah bingung gundah gulana, pasalnya cara setting kamera DSLR untuk outdoor sebenarnya tidak susah jika kawan mau mempelajarinya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini DIYKamera akan berusaha membedahnya secara mendalam. Langsung saja, di bawah ini DIYKamera akan merinci mengenai cara setting kamera DSLR untuk outdoor secara mendalam.

Setting Kamera Untuk Outdoor

Cara Setting Kamera DSLR untuk Outdoor

Berikut beberapa cara setting kamera yang perlu kamu ketahui:

Kenali Pencahayaan Sekitar

Pencahayaan menjadi unsur penting dari setting kamera DSLR untuk outdoor. Pada dasarnya pencahayaan untuk outdoor mengandalkan sinar matahari. Maka dari itu, untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus ketika waktu pagi atau sore hari. Kenali golden time yang biasanya sangat bagus untuk mengambil gambar, pada umumnya jika pagi hari pada waktu 5 sampai pukul 7 pagi begitu pula saat sore yakni 4 sampai 6 pagi. Hal ini ditentukan waktu terbit atau ketika matahari tenggelam, maka dari itu mengenali waktu pencahayaan pada matahari.

Setting White Balance

Setelah mengetahui pencahayaan maka sebaiknya setting kamera DSLR untuk outdoor yang harus diatur adalah white balance. Setting ini biasanya digunakan untuk mengatur pencahayaan sehingga tidak under atau over exposure.

Hidupkan Highlight Warning Kamera

Ini salah satu cara untuk menghindari gambar over exposure atau kelebihan cahaya sehingga terlihat terlalu cerah. Biasanya highlight warning terdpaaty pada layar LCD kamera atau kamu juga bisa memeriksa histogram yang ada pada LCD kamera.

Setting ISO

ISO menjadi salah satu setting kamera DSLR untuk outdoor yang paling ampuh untuk mengatur pencahayaan yang pas agar gambar terlihat pas. Jika ingin memotret di tempat yang terbuka (outdoor) sebaiknya menggunakan ISO rendah sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu tinggi.

Gunakan Aperture Rendah

Aperture ini bertujuan untuk mengubah cahaya yang diperoleh sensor. Sebaiknya gunakan aperture sekisar f/11 dan f/16, bukaan lensa yang kecil tersebut akan membuat cahaya yang masuk ke dalam kamera menjadi berkurang. Selain itu, apabila menggunakan aperture kecil cenderung menghasilkan gambar lebih fokus.

Sebaiknya Periksa Setting Mode Exposure

Pada kamera DSLR setting kamera DSLR untuk outdoor yang harus dilakukan adalah mengatur exposure yang digunakan. Sebaiknya lakukan persiapan dengan beberapa mode exposure seperti Manual, Aperture Priority, Shutter Priority, Mode Program dan beberapa fitur bawaan yang ada pada kamera tersebut.

Gunakan Flash sebagai Fill In

Mungkin terasa aneh jika siang hari menggunakan flash kamera. Namun penggunaan flash untuk menerangi bagian objek yang gelap karena membelakangi sumber cahaya justru akan menghasilkan gambar yang menarik. Manfaatkan fitur flash compensation dalam setting kamera DSLR untuk outdoor agar kamu bisa mengatur intensitas flash yang dikeluarkan.

Perhatikan ukuran dan format foto

Dalam memotret memang sangat penting untuk mengatur ukuran atau format foto yang pas karena pada dasarnya objek yang digunakan juga berbeda. Seperti halnya dengan ketika kamu memotret serangga atau hewan di alam terbuka maka ukuran yang digunakan juga berbeda ketika digunakan untuk memotret foto keluarga atau momen penting lainnya.

Setting Kamera DSLR Untuk Foto Model Outdoor

Pada dasarnya, setting kamera DSLR untuk outdoor yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Mengetahui waktu pencahayaan tentu akan mempengaruhi hasil gambar yang diperoleh. Selain itu, jika ingin mengambil gambar terbuka sebaiknya hindari lokasi yang bisa menghasilkan gambar backlight kecuali karena menginginkan tampilan semacam ini. Semoga ulasan mengenai setting kamera DSLR untuk outdoor tersebut dapat bermanfaat dan sampai jumpa.